Resep dan Cara Membuat Kue Black Forest Kukus yang Lembut, Enak dan Istimewa

Siapa yang tak kenal dengan sajian kue yang satu ini?

Black forest adalah salah satu sajian kue yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Nah, bagi anda yang ingin menyajikan hidangan ini dirumah, maka mari kita simak resepnya dibawah ini.

black forest kukus

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Black Forest Kukus yang Lembut, Enak dan Istimewa

4.7 353

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

20 Potong

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Black Forest Kukus yang Lembut, Enak dan Istimewa

Bahan-Bahan Membuat Kue:

  • 8 kuning telur
  • 3 putih telur
  • 125 gram gula pasir
  • 15 gram susu bubuk
  • 1/2 sendok teh cokelat pasta
  • 40 gram cokelat bubuk
  • 75 gram tepung terigu
  • 75 gram margarin
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 50 ml susu cair
  • 50 gram dark cooking chocolate

Bahan Isian Untuk Kue:

  • 30 ml susu cair
  • 100 gram dark cooking cokelat, potong-potong
  • 15 gram mentega tawar

Hiasan Untuk Kue:

  • 150 gram serutan coklat
  • 150 gram butter cream

Cara Membuat Kue Black Forest Kukus yang Lembut, Enak dan Istimewa

Cara Membuat Adonan Kue:

  1. Untuk yang pertama, silahkan lakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan beberapa peralatan yang akan anda butuhkan untuk membuat adonan kue kali ini. Beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah mixer, kukusan, baskom dan lotang dnegan ukuran 20x20x4 cm. Setelah peralatan ini dipersiapkan, maka akan lebih mudah untuk anda bisa membuat sajian kue yang mudah.
  2. Sebelum membuat adonan kue, silahkan cairkan terlebih dahulu mentega dengan menempatkannya pada wajan. Gunakan api yang sedang dan biarkan sampai mentega meleleh secara merata. Setelah itu, angkat dan diamkan sementara sampai bahan ini menjadi lebih dingin.
  3. Selanjutnya, lanjutkan dengan mengayak beberapa bahan seperti halnya susu bubuk, cokelat bubuk, tepug terigu dan baking powder. Ayak bahan ini dengan menggunakan saringan dan tempatkan dalam wadah yang lain.
  4. Setelah itu, panaskan susu cair dalam panci dan aduk-aduk sampai susu mendidih secara merata. Lalu, tambahkan dengan dark cooking chocolate serta tambahkan margarin yang sudah dilelehkan dan aduk-aduk sampai dua bahan ini bersatu secara merata. Angkat dan sisihkan sementara.
  5. Sambil menunggu dua bahan yang anda panaskan menjadi lebih hangat, maka siapkan terlebih dahulu loyang. Olesi loyang dengan menggunakan margarin secara merata. Hal ini dimaksudkan agar loyang tidak lengket yang membuat kue yang telah matang akan sulit untuk dikeluarkan.
  6. Untuk membuat adonan, siapkan baskom dan kocok telur bersama dengan gula pasir sampai mengembang selama kurang lebih 15 menit dengan menggunakan mixer secara merata pada kecepatan paling tinggi.
  7. Dengan perlahan, masukkan campuran tepung yang sudah diayak dan aduk-aduk kembali sampai semua bahan tercampur secara merata.
  8. Masukkan susu cair dan cokelat pasta sedikit demi sedikit dan aduk-aduk dengan perlahan sampai merata.
  9. Lalu, tuangkan adonan kedalam loyang yang telah diolesi dengan mentega dan ratakan bagian atasnya dengan menggunakan pisau.
  10. Kukus adonan dalam panci selama kurang lebih 25 menit dengan api sedang sampai kue matang secara merata.

Cara Membuat Isian dan Menghiasi Kue:

  1. Untuk membuat isian bisa dilakukan dengan memanaskan susu cair dan tambahkan dengan mentega tawar serta potongan dark chocolate. Aduk-aduk bahan ini sampai tercampur secara merata dan larut. Angkat dan biarkan sampai hangat.
  2. Setelah tu, belah kue menjadi 2 bagian dan olesi salah satu kue dengan bahan isian tersebut. Tutup kue dengan lapisan kue yang lain dan biarkan dingin atau masukkan dalam lemari es.
  3. Terakhir, tutupi semua permukaan kue dengan butter cream dan hiasi dengan serutan coklat sesuai dengan selera anda.

Kini kue siap untuk dihidangkan.

Jangan lupa bagikan resep ini dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons