Resep dan Cara Membuat Kue Barongko Nangka yang Enak, Legit dan Manis

Kue barongko merupakan salah satu kue khas Sulawesi Selatan.

Pada jaman dahulu, kue barongko biasanya dinikmati hanya oleh kalangan bangsawan saja. Raja Bugis pada saat itu menikmati kue yang satu ini sebagai makanan penutup atau dessert.

Namun, untuk saat ini kue barongko biasanya disajikan pada acara adat tertentu, seperti pernikahan, khitanan, dan lain sebagainya. Namun, tidak jarang juga jika kue ini disajikan sebagai kudapan di tengah keluarga.

Kue barongko sebenarnya memiliki jenis atau kreasi lainnya. Dimana kita bisa membuat kue barongko yang ditambahkan dengan potongan nangka. Kue yang satu ini akan lebih nikmat dan menggoda dari kue barongko lainnya. Rasanya begitu enak, manis dan teksturnya legit.

Anda bisa membuat kue barongko nangka di rumah dengan mudah, pasalnya cara membuat kue ini cukup sederhana dan bahannya praktis. Nah, berikut ini resep dan cara membuat kue barongko nangka yang enak, legit dan manis yang bisa anda simak.

RESEP KUE BARONGKKO NANGKA

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Barongko Nangka yang Enak, Legit dan Manis

4.7 135

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

13 Buah

Bahan Bahan Untuk Membuat Kue Barongko Nangka yang Enak, Legit dan Manis

Bahan Utama Kue Barongko Nangka

  • 10 buah pisang kepok yang sudah matang
  • 250 gram gula pasir
  • 500 ml santan yang diambil dari 1 butir kelapa
  • 5 butir telur
  • 100 gram nangka
  • 50 ml susu kental manis

Bahan Untuk Membungkus

Daun pisang secukupnya

Cara Membuat Kue Barongko Nangka yang Enak, Legit dan Manis

Cara Membuat Adonan Kue Barongko Nangka

  1. Anda bisa melanjutkan pada proses mengolah apabila semua bahan-bahan yang disebutkan seperti di atas sudah anda siapkan. Lalu, kupas pisang kepok dan buang biji atau bagian hitamnya.
  2. Siapkan blender, lalu masukan pisang yang sudah dikupas bersama dengan santan ke dalam blender tersebut. Blender pisang sampai benar-benar halus. Jika sudah halus, anda bisa langsung mematikan blender dan menyisihkannya terlebih dahulu.
  3. Setelah itu, siapkan wadah. Lalu masukan telur ke dalam wadah tersebut. Kocok telur bersama dengan gula sampai telur mengembang dan gula larut.
  4. Jika sudah seperti itu, masukan adonan pisang yang sudah diblender ke dalam tempat atau wadah tertentu. Lalu masukan telur dan gula yang sudah dikocok ke dalam wadah yang sama. Aduk-aduk adonan sampai merata dan menyatu.
  5. Tambahkan pula susu kental manis yang sudah disiapkan. Lalu aduk kembali sampai merata.

Cara Membungkus Adonan

  1. Jika adonan sudah anda buat, anda bisa langsung mengambil daun pisang yang sudah anda siapkan. Lalu potong daun pisang dengan ukuran secukupnya saja.
  2. Setelah itu, ambil satu lembar daun pisang. Lalu simpan adonan secukupnya pada daun pisang dan simpan potongan nangka yang sudah anda siapkan. Bungkus adonan dengan menggunakan daun pisang. Rekatkan dengan menggunakan stepler atau lidi pada ujung-ujungnya agar tidak terlepas.
  3. Siapkan alat untuk mengukus. Lalu kukus semua adonan yang sudah anda bungkus tadi sampai benar-benar matang. Jika sudah matang, anda bisa langsung mengangkatnya.

Kue yang satu ini bisa anda santap dalam keadaan hangat bersama dengan minuman hangat pula. Namun, akan lebih nikmat jika anda menyantapnya dalam keadaan dingin.

Itulah resep dan cara membuat kue barongko nangka. Mudah bukan?

Jangan lupa untuk share resep ini kepada teman-teman anda, tambahkan juga komentar atau pendapat anda pada kolom yang sudah kami sediakan di bawah ini.

Loading...

Santi Handayani

Santi Handayani

Author at Selerasa
Berawal dari kebiasaan hobi kegiatan memasak, penulis mencoba untuk membagikan berbagai resep masakan di media sosial. Hingga kini, penulis aktif membagikan berbagai resep masakan, cemilan disertai cooking tutorial yang telah dimuat di beberapa website.
Santi Handayani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *