Resep dan Cara Membuat Kolak Talas yang Manis, Lezat dan Simple

    Kolak adalah salah satu menu takjil populer saat bulan Ramadhan atau bulan puasa. Di bulan Ramadhan pedagang aneka kolak begitu banyak karena banyaknya permintaan konsumen akan menu yang satu ini. Banyak aneka kolak yang diburu saat bulan Ramadhan, mulai dari kolak pisang, kolak ubi, kolak biji salak dan aneka kolak yang lainnya.

    Namun, untuk anda yang bosan dengan menu kolak yang itu-itu saja, tidak adalah salahnya anda mengganti bahan kolak dengan talas. Sajian kolak talas ini memiliki cita rasa yang tidak kalah lezat dari kolak yang lainnya. Bahkan talas bisa anda kolaborasikan dengan pisang dalam sajian kolak untuk membuatnya lebih spesial. Kehadiran kolak talas di meja makan saat buka puasa di jamin akan sangat menggugah selera. Rasanya yang manis dan lezat akan membuat anda dan keluarga ketagihan.

    Kolak talas ini sangat mudah dibuat di rumah, bahan-bahan yang dibutuhkannya pun cukup praktis, tidak jauh berbeda dengan bahan kolak pada umumnya. Nah, untuk anda yang ingin mencoba kolak talas ini di rumah, anda bisa langsung saja simak resep dan cara membuat kolak talas yang manis, lezat dan simple  di bawah ini. ( Baca juga : Resep dan Cara Membuat Kolak Pisang Pacar Cina yang Manis dan Mantap Untuk Buka Puasa )

    Resep-Kolak-Talas.jpg

    Nama Resep

    Resep dan Cara Membuat Kolak Talas yang Manis, Lezat dan Simple

    Review

    4,9 review 978

    Waktu Memasak

    Persiapan : 20 menit

    Memasak : 20 menit

    Total : 40 menit

    Jumlah Porsi

    7 porsi

    Bahan Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Kolak Talas yang Manis, Lezat dan Simple

    Bahan Utama Kolak Talas

    • 300 gram talas
    • 1 sendok makan maizena
    • 1/2 sendok teh garam
    • 1.000 ml air
    • 250 gram gula pasir
    • 1.000 ml santan yang diambil dari 1 butir kelapa
    • 300 gram pisang tanduk
    • 3 lembar daun pandan

    Cara Membuat Kolak Talas yang Manis, Lezat dan Simple

    Cara Menyiapkan Bahan-Bahan Kolak Talas

    1. Pertama kali langkah yang harus anda lakukan yaitu mengolah talas. Silahkan ambil talas yang sudah anda siapkan, kemudian kupas. Bersihkan talas dengan menggunakan garam. Lalu potong dengan ukuran 3x3x2 cm.
    2. Kupas pisang tanduk, lalu potong bulat dengan ketebalan 1 cm.
    3. Larutkan 1 sendok makan tepung maizena dengan 1 sendok makan air.

    Cara Membuat Kolak Talas

    1. Siapkan panci berukuran kecil untuk membuat kolak. Lalu masukan air dan rebus hingga mendidih. Masukan bahan-bahan yang lainnya seperti daun pandan yang sebelumnya sudah dibersihkan bersama dengan gula pasir. Aduk merata hingga gula pasir larut. Rebus kembali hingga air mendidih.
    2. Tambahkan talas dan pisang yang sudah dipotong-potong ke dalam rebusan air dan gula. Aduk merata dan masak hingga talas dan pisang empuk, serta gula meresap sempurna dalam talas.
    3. Tambahkan santan yang sudah anda siapkan. Masak sambil terus diaduk agar santan tidak pecah hingga mendidih. Tambahkan garam, aduk kembali sampai merata.
    4. Kemudian tuangkan larutan maizena dan aduk hingga merata. Lalu masak kembali hingga kuah meletup-letup dan talas serta pisang matang sempurna.

    Sajikan kolak talas dalam keadaan hangat agar lebih nikmat. Kolak talas adalah menu yang tepat untuk takjil buka puasa nanti. Santap dalam keadaan hangat agar lebih lezat dan berselera. ( Artikel lainnya : Resep dan Cara Membuat Es Blewah yang Segar dan Nikmat Untuk Buka Puasa )

    Demikian resep dan cara membuat kolak talas. Mudah dan sederhana bukan? Selamat mencoba dan jangan lupa untuk share resep ini kepada teman-teman anda.

    Loading...