Resep dan Cara Membuat Ketupat Lebaran Tanpa Gagal

Ketupat sangat identik dengan momen perayaan hari besar keagamaan seperti Idul Fitri. Ketupat itu sendiri terbuat dari beras yang dibungkus dalam janur yang sudah dianyam membentuk kotak. Saat sudah dekat dengan lebaran, biasanya banyak pedagang selongsong ketupat di pinggir jalan maupun di pasar. Sehingga untuk membuat ketupat anda tidak perlu repot-repot membuat selongsong ketupat sendiri di rumah.

Ketupat Idul Fitri rasanya akan sangat lengkap jika disantap bersama dengan sayur pelengkap dan aneka menu lainnya. Setelah bersilaturahmi rasa lapar akan terpuaskan saat anda menyantap sajian khas Idul Fitri ini.

Cara membuat ketupat itu sendiri sebenarnya cukup mudah dan praktis. Hanya saja membutuhkan waktu lama dalam perebusannya agar benar-benar matang sempurna. Bahan-bahan yang dibutuhkannya juga simple, anda hanya perlu menyiapkan beras bersama dengan garam dan selongsong ketupat.

Meskipun begitu, masih saja banyak orang yang merasa kesulitan saat membuat ketupat lebaran. Bahkan ada beberapa orang yang kerap kali mengalami kegagalan atau ketupat yang dibuatnya tidak enak, lembek dan terlalu keras. Sebenarnya ada beberapa tips membuat ketupat agar tidak gagal sehingga ketupat akan semakin lezat saat disantap. Nah, berikut ini kami hadirkan resep dan cara membuat ketupat lebaran anti gagal. ( Baca juga : Resep Nasi Uduk Beras Merah )

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ketupat Lebaran Tanpa Gagal

4,9 review 980

Waktu Memasak

Persiapan : 30 menit

Memasak : 3 jam

Total : 3 jam 30 menit

Jumlah Porsi

9 buah

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Ketupat Lebaran Tanpa Gagal

  • 500 gram beras
  • Garam secukupnya atau sekitar 3/4 sendok teh
  • 9 buah selongsong ketupat

Cara Membuat Ketupat Lebaran Tanpa Gagal

Cara Menyiapkan Bahan-Bahan

  1. Langkah pertama kali yang  harus anda lakukan yaitu mencuci beras yang sudah anda siapkan sampai benar-benar bersih. Cuci beras hingga air cucian beras berwarna bening. Jika sudah, silahkan tiriskan terlebih dahulu.
  2. Kemudian ambil selongsong ketupat yang sudah anda sediakan. Lalu tarik setiap anyaman untuk mengencangkannya. Hal ini dilakukan agar ketupat berwarna putih mulus tanpa ada garis-garis cokelat.
  3. Buka bagian ujung selongsong ketupat dan geser  ke arah bawah sampai terbuka.
  4. Setelah itu, masukan beras yang sudah anda cuci dan campurkan dengan  garam tadi hingga 60 persen dari volume selongsong ketupat. Lalu kerat bagian tengah anyaman terakhir. Selipkan ujung daun janur sampai kedua ujung daun janur dapat bertemu.
  5. Selanjutnya gabungkan ketupat, lalu ikat daun janurnya.

Cara Membuat Ketupat Lebaran

  1. Siapkan panci berukuran besar yang akan digunakan untuk merebus ketupat. Kemudian isi panci tersebut dengan menggunakan air. Rebus air hingga mendidih.
  2. Jika air sudah mendidih,  silakan masukan ketupat yang sudah anda buat tadi. Rebus ketupat hingga matang  atau selama kurang lebih 3 jam.
  3. Setelah matang, silahkan angkat dan tiriskan.

Ketupat beras sudah selesai dibuat. Setelah hangat, anda bisa langsung menyantapnya. Silahkan potong ketupat menjadi dua bagian dengan menggunakan pisau, kemudian potong dadu dengan ukuran sesuai selera. Sajikan ketupat bersama dengan sayur tahu atau sayur daging juga pelengkap lainnya seperti sambal atau kerupuk. ( Artikel lainnya : Nasi Goreng Rumahan )

Demikian resep dan cara membuat ketupat lebaran. Mudah dan sederhana bukan? Selamat mencoba dan jangan lupa untuk share resep ini kepada teman-teman anda dengan cara klik tombol share yang  sudah kami sediakan. Terimakasih dan selamat mencoba di rumah.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons