Resep dan Cara Membuat Karedok Kacang Panjang Ala Sunda yang Khas dan Enak

Keradok, ya menu yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi didengar di telinga.

Karedok merupakan salah satu menu sederhana khas nusantara. Karedok itu sendiri merupakan menu khas yang berasal dari Jawa Barat khususnya daerah Sunda.

Karedok biasanya terbuat dari sayuran mentah dengan tambahan bumbu khas yang melengkapinya. Salah satu sayuran mentah yang sering dijadikan karedok yaitu kacang panjang. Di daerah sunda itu sendiri karedok kacang panjang sangat populer dan memiliki banyak penggemar, hal tersebut disebabkan karena karedok kacang panjang diyakini memiliki cita rasa yang sangat enak dan segar terlebih lagi jika disantap di siang hari dalam keadaan panas. Renyahnya kacang panjang serta rasa gurih yang berasal dari terasi akan membuat setiap orang tergiur apalagi jika karedok kacang panjang yang dibuat memiliki cita rasa yang pedas.

Nah, jika anda bosan dengan menu sayur yang itu-itu saja maka sebagai menu alternatif tidak ada salahnya jika anda membuat karedok kacang panjang ini di rumah. Cara membuatnya sangat sederhana sekali serta bahan dan bumbu yang dibutuhkannya pun tidak sulit di cari.
Bagi anda yang ingin membuat karedok kacang panjang ini di rumah, anda bisa langsung saja simak resep dan cara membuat karedok kacang panjang ala sunda di bawah ini.

Resep karedok kacang panjang

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Karedok Kacang Panjang Ala Sunda yang Khas dan Enak
4.8 220

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan dan Bumbu Untuk Membuat Karedok Kacang Panjang Ala Sunda yang Khas dan Enak

Bahan Utama Karedok Kacang Panjang Ala Sunda

  • 200 gram kacang panjang
  • Cabai rawit sesuai selera

Bumbu Karedok Kacang Panjang Ala Sunda

  • Gula merah secukupnya
  • 1/2 sendok teh terasi atau sesuai selera
  • 1/2 siung bawang putih atau sesuai selera
  • 1 cm kencur atau sesuai selera
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Karedok Kacang Panjang Ala Sunda yang Khas dan Enak

Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Karedok Kacang Panjang Ala Sunda

  1. Langkah pertama yaitu, cuci kacang panjang yang telah anda siapkan sampai bersih.
  2. Lalu, potong kacang panjang tersebut dengan panjang 1 cm.
  3. Goreng atau bakar terasi, jika terasi yang anda siapkan adalah terasi mentah.

Cara Membuat karedok Kacang Panjang Ala Sunda

  1. Jika bahan dan bumbu telah siap, anda bisa langsung mengolahnya. Petama-tama siapkan cobek dan ulekan.
  2. Lalu masukan bumbu seperti gula merah, terasi, garam, bawang putih, kencur dan cabai rawit. Ulek atau haluskan bumbu-bumbu tersebut.
  3. Jika bumbu telah halus, masukan kacang panjang yag telah dipotong. Lalu ulek kasar kacang panjang. Jika sudah aduk-aduk sampai tercampur dengan bumbu. Setelah itu, anda bisa langsung menyajikannya.

Karedok kacang panjang ala sunda telah selesai dibuat. Santap karedok kacang panjang ini bersama dengan nasi putih hangat beserta lauk pelengkap lainnya seperti ikan asin, tahu, tempe, kerupuk dan lain sebagainya sesuai dengan selera.

Itulah resep dan cara membuat karedok kacang panjang ala sunda. Sangat sederhana bukan? Semoga dengan adanya karedook kacang panjang ini di meja makan acara makan anda menjadi lebih istimewa. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk membagikan resep ini kepada teman yang ada di sekitar anda dengan cara mengklik tombol share yang tersedia. Berikan pula komentar anda pada kolom di bawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons