Resep dan Cara Membuat Kare Kepiting Jawa Timur Masakan Seafood Bumbu Lezat namun Sederhana

Menu kepiting mungkin memang banyak disukai orang, namun terkadang orang malas mengolahnya karena tidak tahu bagaimana caranya.

Sebagian besar lebih memilih untuk membeli menu-menu kepiting ketimbang membuatnya sendiri di rumah. Dengan cukup mudah dan banyaknya restoran serta rumah-makan seafood yang menyajikan sajian berbahan dasar kepiting, lebih bisa membuat anda memilih untuk membelinya, padahal jika anda mencoba untuk membuatnya sendiri justru anda bisa mencoba mengkreasikan selera anda terhadap masakan yang anda buat tersebut, sembari meningkatkan kemampuan anda dalam memasak. Bagi anda yang ingin mencoba membuat sendiri menu kepiting di rumah mungkin menu kare kepiting Jawa Timur bisa menjadi salahsatu menu pilihan untuk kemudian anda olah.

Kenikmatan kepiting serta bumbu kare khas Jawa Timur yang terdapat dalam masakan ini pasti mampu membuat selera makan anda tergugah, selain itu cocok juga bagi anda yang sedang mencoba mengembangkan kemampuan mengolah masakan atau memasak anda.

21

Bagaimana? Apakah anda tertarik ingin mencoba membuat dan mengaplikasikan menu kare kepiting ini di dapur rumah anda sendiri sembari mengembangkan keterampilan memasak yang anda miliki? Simak resep serta langkah-langkah pembuatan dari resep kare kepiting Jawa Timur di bawah ini sebagai petunjuk pembuatan. Selamat Mencoba berkreasi, dan semoga masakan yang anda buat berhasil dan disukai.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kare Kepiting Jawa Timur Masakan Seafood Bumbu Lezat namun Sederhana
4.8 105

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kare Kepiting Jawa Timur Masakan Seafood Bumbu Lezat namun Sederhana

Bahan Utama

  • 3 ekor kepiting berukuran sedang yang masih segar. Bersihkan dan potong 4 bagian
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, ambil putihnya dan memarkan
  • 700 ml santan kelapa
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Air asam jawa secukupnya
  • Minyak secukupnya

Bumbu Halus

  • 7 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri, sangrai
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 1 ruas kunyit, bakar
  • ½ ruas jahe
  • 1 ruas lengkuas

Cara dan Langkah Untuk Membuat Kare Kepiting Jawa Timur Masakan Seafood Bumbu Lezat namun Sederhana

Cara Mengolah Kepiting

  1. Siapkan blender atau ulekan, kemudian anda haluskan semua bahan bumbu hingga benar-benar halus.
  2. Siapkan wajan dan panaskan minyak dengan menggunakan api sedang. Lanjutkan dengan menumis bumbu halus beserta dengan daun salam dan juga serai sampai wangi harum tercium dari masakan anda.
  3. Tuangkan santan secara perlahan dalam masakan anda. Tambahkan beberapa bahan lainya seperti garam dan gula pasir lalu masak hingga mendidih.
  4. Masukan kepiting dalam masakan anda, kemudian launjutkan memasak sampai matang dan kuah menjadi kental.
  5. Beberapa saat menjelang masakan diangkat, jangan lupa untuk menambahkanair asam jawa. Kemudian anda aduk hingga merata.
  6. Angkat masakan anda dan sajikan di atas mangkuk saji. Sajikan selagi masih hangat.

Demikianlah resep dari kare kepiting jawa timur yang bercitarasa sangat nikmat. Menu ini dirasa sangat pas untuk disajikan di kala anda berkumpul bersama keluarga sebagai sajian pelengkap dan teman nasi, yang bisa menggugah selera makan anda hingga bertambah besar.

Jangan lupa untuk terus berbagi bersama dengan teman dan sahabat anda melalui media sosial dengan cara menekan tombol share di bagian bawah artikel. Berikan pula komentar mengenai artikel ini dengan cara memasukan komentar dalam kolom yang sudah disediakan.

Loading...

Ilham

Ilham

Author at Selerasa
Lulusan terbaik Sekolah Tinggi Bahasa Asing ini memiliki segudang pengalaman dalam dunia tulis menulis. Selain itu, pengalaman job training di bidang Food and Beverage Service semakin menambah keahlian penulis dalam bidang kuliner. Pengalaman di dunia sastra dan tata boga menjadikannya salah satu kontributor terbaik di selerasa.com.
Ilham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *