Resep dan Cara Membuat Kangkung Asam Jawa yang Enak dan Lezat

    Kangkung merupakan sayuran hijau yang kaya akan kandungan yang bermanfaat untuk tubuh kita.

    Sayuran hijau ini bisa kita olah menjadi berbagai macam olahan masakan, mulai dengan disayur atau ditumis. Dimana sayur dan tumis kangkung pun memiliki jenis atau varian yang berbeda dan salah satunya bisa anda buat untuk dijadikan sebagai menu santap di rumah.

    Dari banyaknya olahan kangkung, ada salah satu olahan kangkung yang wajib anda coba hal tersebut disebabkan karena olahan kangkung ini memiliki cita rasa yang sangat enak dan lezat dengan rasa sari asam yang melengkapinya. Ya olahan kangkung yang dimaksud yakni kangkung asam Jawa.
    Resep kangkung asam Jawa bisa dibuat dengan mudah di rumah karena cara membuatnya praktis dan cukup sederhana. Nah, bagi anda yang ingin mengetahui seperti apa resep dan cara membuat kangkung asam Jawa, maka anda bisa simak langsung ulasan di bawah ini.

    Kangkung asam jawa

    Nama Resep

    Resep dan Cara Membuat Kangkung Asam Jawa yang Enak dan Lezat

    4.8 189

    Waktu Memasak

    Persiapan:

    Memasak:

    Total:

    Jumlah Porsi

    2 Porsi

    Bahan dan Bumbu Untuk Membuat Kangkung Asam Jawa yang Enak dan Lezat

    Bahan Utama Kangkung Asam Jawa

    • 300 gram kangkung
    • 3 buah cabai merah

    Bumbu Kangkung Asam Jawa

    • 5 butir bawang merah
    • 2 siung bawang putih
    • 2 sendok makan air asam Jawa
    • Garam dan Gula pasir secukupnya
    • Penyedap rasa secukupnya

    Cara Membuat Kangkung Asam Jawa yang Enak dan Lezat

    Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Kangkung Asam Jawa

    1. Pertama-tama ambil kangkung yang telah anda siapkan. Lalu siangi kangkung tersebut. Kemduian, cuci sampai bersih. Setelah dicuci tiriskan.
    2. Langkah selanjutnya yaitu, iris tipis bawang merah dan bawang putih yang telah anda siapkan.
    3. Lalu iris tipis cabai merah dengan arah menyerong. Anda bisa menambhkan cabai merah sesuai dengan selera anda.

    Cara Membuat/Memasak Kangkung Asam Jawa

    1. Jikan bahan dan bumbu telah siap seperti di atas, anda boleh melanjutkan pada tahap berikutnya. Pada tahap memasak langkah yang harus dilakukan pertama-tama yaitu simpan wajan di atas kompor dengan api sedang. Lalu tambahkan minyak goreng secukupnya. Tunggu minyak oreng tersebut sampai panas, jika telah panas masukan bawang merah, bawang putih dan cabai merah. Tumis bumbu-bumbu tersebut sampai layu dan matang merata.
    2. Jika telah seperti itu, masukan kangkung yag telah anda siangi dan cuci bersih tadi. Lalu aduk merata sampai kangkung layu.
    3. Kemudian tambahkan air asam jawa. Aduk kembali sampai merata.
    4. Setelah itu, tambahkan pula bumbu-bumbu seperti garam, gula pasir dan penyedap rasa. Aduk merata sampai bumbu menjadi larut.
    5. Masak sampai kangkung matang. Jika telah matang angkat dan sajikan pada wadah saji yang akan anda gunakan.

    Kangkung asam Jawa telah selesai dibuat dan anda bisa langsung menyantapnya. Anda bisa menikmati kangkung asam Jawa ini dengan sepiring nasi putih hangat. Dan sesudah makan anda bisa menutupnya dengan segelas teh jeruk dingin.

    Itulah resep dan cara membuat kangkung asam Jawa yang enak dan lezat. Resep mudah dan praktis ini bisa menjadi refrensi bagi anda jika bingung ketika memilih menu makan untuk keluarga di rumah. Selamat mencoba dan bagikan resep ini kepada teman atau orang di sekeliling anda dengan cara klik tombol share. Yuk berikan pula pendapat atau komentar anda pada kolom komentar yang ada di bawah ini.

    Loading...