Resep dan Cara Membuat Jagung Orak-Arik Telur yang Enak, Lezat dan Spesial

Hidangan jagung orak-arik telur cocok sekali disantap bersama dengan roti panggang yang renyah.

Hidangan ini selain nikmat, juga cukup mudah dibuat dirumah. Simak resep membuat jagung orak-arik telur yang enak berikut ini.

tumis jagung orak arik

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Jagung Orak-Arik Telur yang Enak, Lezat dan Spesial

4.8 143

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Jagung Orak-Arik Telur yang Enak, Lezat dan Spesial

Bahan Utama Orak-Arik Jagung Telur:

  • 2 buah jagung manis
  • 4 butir telur
  • 1/8 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 50 ml susu cair
  • 30 gram keju cheddar, diparut halus

Bahan Tumisan:

  • 30 gram daging giling
  • 2 siung bawang putih, dicincang halus
  • 1/2 sendok makan margarin untuk menumis
  • 1 sendok teh daun seledri cincang, diperas

Bahan Pelengkap:

  • 4 lembar roti panggang

Cara Membuat Jagung Orak-Arik Telur yang Enak, Lezat dan Spesial

Tips Mempersiapkan Jagung Manis Utuh Sebelum Dimasak:

  1. Untuk cara yang pertama bisa dilakukan dengan terlebih dahulu membersihkan dan mempersiapkan jagung manis sebagai bahan utama. Hal ini penting sekali karena jagung manis yang utuh tidak bisa langsung kita masak dan olah menjadi sebuah hidangan yang lezat. Untuk itu, silahkan bersihkan terlebih dahulu jagung. Akan tetapi sebelumnya, sebaiknya siapkan terlebih dahulu pisau dan gunakan tatakan untuk memudahkan anda memotong dan membersihkan jagung.
  2. Bagian pertama pada jagung manis yang akan dibersihkan adalah bagian cangkang atau kulit jagung. Untuk membersihkan bagian ini, anda bisa melakukannya dengan membuka dengan perlahan kulit jagung kebagian luar dan lakukan hal yang sama pada cangkang jagung yang masih tersisa.
  3. Lalu, tarik kebagian bawah dan lepaskan bersama dengan bonggol jagung. Jika anda cukup kuat, anda bisa mematahkan bonggol jagung dengan menggunakan tangan, akan tetapi jika anda merasa kesulitan silahkan gunakan pisau.
  4. Selanjutnya, bagian yang harus dibersihkan adalah rambut yang bersarang pada bagian atas jagung. Bersihkan bagian ini dengan menariknya secara perlahan dan bersihkan rambut jagung secara merata.
  5. Nah, jika jagung sudah dibersihkan dari bagian cangkangnya. Sekarang silahkan pipil jagung dengan menggunakan tangan. Untuk memudahkan anda memipil jagung, silahkan potong terlebih dahulu jagung menjadi dua bagian dan mulailah memipil dengan merata.
  6. Selesai memipil jagung, bersihkan jagung dengan air bersih sambil sedikit diremas-remas saat anda mencucinya. Agar kotoran bisa dihilangkan secara merata.

Cara Membuat Jagung Orak-arik Telur:

  1. Kocok terlebih dahulu telur hingga lepas bersama dengan susu cair, garam, merica bubuk dan juga kecu. Aduk-aduk secara merata hingga tercampur.
  2. Panaskan margarin dalam wajan dna tumis bawnag putih hingga tercium bau harum yang enak.
  3. Setelah itu, masukkan daging giling, aduk-aduk dengan spatula hingga daging cincang menjadi berubah warnanya.
  4. Tambahkan jagung manis yang telah dipipil bersama dengan seledri yang telah dicincang. Aduk-aduk merata dan sisihkan kesebelah pinggir dalam wajan.
  5. Masukkan kocokan telur kedalam wajan dan orak-arik dengan menggunakan spatula dengan agak cepar. Aduk-aduk sampai telur berbutir kasar. Masak sampai matang dna campurkan dengan tumisan bumbu. Jangan lupa tambahkan bumbu-bumbu sampai rasanya pas sesuai dengan selera anda.

Setelah matang, silahkan angkat sajian ini dan nikmati bersama dengan bahan pelengkap yakni toasted bread atai roti panggang yang sudah anda persiapkan.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons