Resep dan Cara Membuat Ikan Tongkol Suwir Bumbu Balado Pedas yang Enak Namun Sederhana

Sajian ikan suwir bumbu balado yang pedas dan nikmat adalah salah satu hidangan utama yang enak.

Hidangan ini dibuat dengan menggoreng dan mensuwir atau memotong ikan tongkol menjadi bagian kecil dan dipadukan bersama dengan bumbu rempah balado yang nikmat.

Nah, bagi anda yang penasaran ingin membuat hidangan ini dirumah, maka kita simak resep membuat ikan tongkol suwir bumbu balado pedas berikut ini.

ikan tongkol suwir balado

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Tongkol Suwir Bumbu Balado Pedas yang Enak Namun Sederhana

4.6 97

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Tongkol Suwir Bumbu Balado Pedas yang Enak Namun Sederhana

Bahan dan Bumbu  Ikan Tongkol:

  • 1 ekor (650 gram) ikan tongkol
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 buah jeruk nipis
  • garam secukupnya
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 100 ml air
  • minyak goreng seperlunya

Bahan dan Bumbu Ikan yang Dihaluskan:

  • 6 butir bawang merah
  • 10 buah cabe rawit merah
  • 3 siung bawang putih
  • 10 buah cabe merah besar

Cara Membuat Ikan Tongkol Suwir Bumbu Balado Pedas yang Enak Namun Sederhana

Cara Membersihkan Ikan Tongkol Sebelum Diolah:

  1. Awali langkah pertama dengan membersihkan ikan tongkol yang sudah anda beli dengan dibersihkan menggunakan air bersih yang mengalir. Pastikan jika bagian permukaan ikan tongkol terbebas dari lendir yang menempel. Untuk itu, anda bisa sedikit menggosoknya sewaktu membersihkan ikan.
  2. Jika bagian permukaan ikan sudah dibersihkan secara merata, silahkan lanjutkan dengan membersikan kepala ikan, yakni dengan membuang bagian insang ikan. Jika anda masih belum mengerti dan asing untuk membersihkan insang ikan. Anda bisa melakukannya dengan cara, buka bagian kepala ikan dan keluarkan insang ikan dengan menggunakan tangan hingga insang bersih dari kepala ikan.
  3. Jika sudah selesai membersihkan bagian insang ikan. Selanjutnya, kita akan membersihkan bagian perut ikan. Caranya, silahkan ambil pisau dapur yang cukup tajam dan gunakan untuk menyayat bagian perut ikan agar anda bisa lebih mudah mengambil bagian jeroan ikan secara merata.
  4. Jika semua bagian ikan sudah dibersihkan, selanjutnya kita potong-potong ikan dan mengambil bagian dagingnya saja. Sementara bagian ekor dan kepala ikan serta tulang ikan tidak akan kita gunakan.
  5. Apabila ikan sudah dipisahkan antara bagia yang akan kita gunakan dan bagain yang tidak kita gunakan. Selanjutnya, silahkan lumuri ikan dengan garam dan air jeruk selama kurang lebih 15 menit sambil didiamkan.

Cara Membuat Ikan Tongkol Suwir Bumbu Balado Pedas:

  1. Jika ikan sudah didiamkan pada waktu yang dianjurkan, silahkan goreng ikan dalam minyak panas yang sudah disiapkan dalam wajan. Namun, jangan menggoreng ikan terlalu kering atau nantinya ikan akan sulit disuwir-suwir dan dipotong.
  2. Setelah ikan matang, silahkan angkat dan sisihkan dalam wadah. Lalu suwir-suwir ikan menjadi potongan kecil dan masukkan kembali dalam wadah.
  3. Panaskan minyak dalam wajan yang baru dan tumi bumbu yang telah dihaluskan bersama dengan daun jeruk hingga tercium bau harum yang sedap.
  4. Lalu tuangkan air bersama dengan kaldu bubuk, gula dan garam, kemudian aduk-aduk hingga tumisan bumbu mengental dan meletup-letup.
  5. Setelah itu, baru masukkan ikan tongkol yang telah di suwir-suwir kedalam bumbu dan aduk-aduk hingga bumbu tercampur.
  6. Masak ikan hingga mengering dan bumbu meresap kedalamnya.

Setelah matang, silahkan angkat ikan dan matikan ap, lalu santap ika bersama dengan sepiring nasi hangat. Hidangan ini akan tentu saja membuat selera makan anda seolah tergugah untuk mencicipi lebih banyak. Demikian resep membuat ikan tongkol suwir bumbu balado pedas yang enak dan lezat.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini dan berikan pula komentar anda dikolom dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons