Resep dan Cara Membuat Ikan Tongkol Bumbu Rica-Rica yang Enak, Sedap dan Mudah

Bosan dengan hidangan yang itu-itu saja? Ingin menyajikan hidangan yang baru dan istimewa?

Nah, kali ini kami akan berbagi resep olahan ikan tongkol yang dimasak dengan bumbu dan rempah yang lezat sehingga akan menghasilkan sajian yang nikmat. Adalah ikan tongkol bumbu rica-rica yang resepnya akan dibagikan pada kesempatan kali ini. Seperti apa sih cara membuat ikan tongkol bumbu rica-rica yang enak? Mari kita simak resep berikut ini.

ikan tongkol rica rica

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Tongkol Bumbu Rica-Rica yang Enak, Sedap dan Mudah

4.9 154

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Tongkol Bumbu Rica-Rica yang Enak, Sedap dan Mudah

Bahan dan Bumbu Ikan:

  • 1 ekor ikan tongkol (800 gram)
  • 4 lbr daun jeruk
  • 10 butir bawang merah, iris kasar
  • 4 sdm minyak goreng
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • 1.2 sdt garam

Bumbu Rica-Rica yang Dihaluskan:

  • 13 buah cabai keriting merah
  • 10 butir bawang merah
  • 5 siung bawang puith
  • Secukupnya garam

Bahan Pelengkap Ikan:

  • Taburan bawang goreng
  • Nasi hangat
  • Lalapan

Cara Membuat Ikan Tongkol Bumbu Rica-Rica yang Enak, Sedap dan Mudah

Cara Membersihkan Ikan Tongkol:

  1. Hal pertama bisa dilakukan dengan membersihkan ikan tongkol terlebih dahulu. Hal ini penting sekali dilakukan, apalagi mengingat ada beberapa bagian pada ikan tongkol yang harus kita buang dan bersihkan sebab bagian ini tidak akan dikonsumsi. Nah, bagian pada ikan tongkol yang akan kita buang adalah bagian perut ikan. Caranya, ambil pisau dan gunakan untuk membelah perut ikan. Setelah perut ikan berhasil terbuka dan terbelah, silahkan gunakan tangan untuk mengeluarkan jeroan ikan. Pastikan jika anda mengeluarkan jeroan ini dengan perlahan dan hingga bersih. Pasalnya, jika anda tak hati-hati, maka dikhawatirkan bagian empedu pada ikan akan pecah dan membuat ikan akan terasa pahit. Untuk itu, berhati-hatilah dan lakukan dengan perlahan.
  2. Nah, jika bagian perut ikan sudah dibersihkan secara merata. Selanjutnya, kita bersihkan bagian kepala ikan, yakni kita akan buang bagian insang ikan. Caranya, buka bagian kepala ikan dan keluarkan insang dengan menggunakan tangan hingga bersih secara merata.
  3. Jika semua bagian ikan sudah dibersihkan, silahkan potong-potong ikan dengan bentuk bulat sesuai dengan ukuran yang anda inginkan.
  4. Lalu lumuri ikan dengan garam dan air jeruk nipis dan diamkan selama kurang lebih seperempat jam agar bumbu ini meresap pada ikan, sehingga bau amis pada ikan bisa diredam dan diminialisir.

Cara Membuat Ikan Tongkol Bumbu Rica-Rica:

  1. Selagi menunggu ikan didiamkan dengan bumbu lumuran. Silahkan tumis bawang merah, daun jeruk dan bumbu yang telah dihaluskan hingga tercium bau harum yang lezat dan beraroma nikmat.
  2. Setelah bumbu mengeluarkan aroma yang sedap, tuangkan air panas kedalamnya kira-kira sebanyak satu gelas dan aduk hingga mendidih.
  3. Baru setelah itu, masukkan ikan tongkol yang sudah dilumuri dengan bumbu dan aduk-aduk hingga bumbu dan ikan tercampur merata. Masak hingga kuah menyusut.
  4. Setelah itu, tuangkan kembali satu gelas air panas dan gunakan api kecil sambil tutup wajan dengan penutup. Sambil sesekali di cek agar ikan tidak gosong.

Setelah ikan matang, silahkan angkat ikan dari kompr dan sajikan ikan dalam piring saji. Kini ikan siap untuk dihidangkan bersama dengan nasi hangat yang pulen. Jangan lupa untuk menghidangkan sajian ini dengan lalapan dan taburan bawang goreng agar lebih nikmat.

Jangan lupa bagikan resep ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Loading...

One Response

  1. Ignatius Sarwono 28 Mei 2019

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons