Resep dan Cara Membuat Ikan Tongkol Bumbu Asam Segar yang Mudah dan Praktis

Sajian ikan tongkol bumbu asam segar adalah salah satu sajian utama yang lezat.

Apalagi, sensasi asam segar dari bumbu ikan membuatnya cocok sekali disantap ketika makan siang. Selain lezat, hidangan ini juga rupanya cukup mudah dipraktikan dirumah. Sebab, bahan dan bumbu yang dipergunakan didalamnya termasuk kedalam bahan-bahan yang mudah dijumpai.

Nah, hal ini tentunya menjadi kabar gembira untuk ibu. Dengan demikian ibu akan dapat menghidangkan sajian ini dirumah dengan mudah. Penasaran seperti apa cara membuat ikan tongkol bumbu asam segar? Kita simak resep berikut ini.

ikan tongkol asam segar

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Tongkol Bumbu Asam Segar yang Mudah dan Praktis

4.8 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Tongkol Bumbu Asam Segar yang Mudah dan Praktis

Bahan Utama Ikan Tongkol:

  • 1/4 kg ikan tongkol iris
  • Secukupnya garam
  • 1 sdm air jeruk nipis

Bahan dan Bumbu Ikan:

  • 5 buah cabe kecil potong jadi dua
  • 3 siung bawang merah, iris tipis
  • 1 ruas lengkuas di geprak
  • 3 buah belimbing wuluh, iris serong
  • 3 sdm Kecap Manis
  • 1 cabe merah potong serong
  • 2 siung bawang putih, geprak iris tipis
  • 2 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 lembar daun salam
  • 2 gelas air putih

Cara Membuat Ikan Tongkol Bumbu Asam Segar yang Mudah dan Praktis

Cara Mempersiapkan Ikan Tongkol Iris Sebelum Dimasak:

  1. Awali langkah pertama dengan membersihkan dan mencuci ikan tongkol iris yang sudah anda beli. Untuk membersihkan bagian ikan tongkol ini anda bisa menggunakan air bersih  yang mengalir dan pastikan jika kotoran atau bagian pada daging ikan tongkol yang bernoda bisa dibersihkan secara merata.
  2. Nah, jika sudah selesai membersihkan ikan tongkol. Selanjutnya masukkan ikan dalam wadah kecil dan lumuri ikan dengan perasan air jeruk nipis dan taburan garam untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada ikan.
  3. Setelah diberikan bumbu lumuran, sebaiknya diamkan terlebih dahulu ikan selama kurang lebih 10-15 menit agar bumbu ini meresap kedalam ikan dan bekerja dengan leih baik dalam membersihkan dan menghilangkan bau amis didalam ikan
  4. Jika ikan sudah diberikan bumbu lumuran dan didiamkan. Sebaiknya, ambil ikan ke tempat cucian dan bilas sedikit dengan air bersih untuk menghilangkan kelebihan garam pada ikan secara merata.

Cara Membuat Ikan Tongkol Bumbu Asam Segar:

  1. Panaskan minyak dalam wajan dan goreng ikan tongkol iris yang sudah dibilas dengan air hingga ikan setengah matang atau asal berkulit saja. Lalu angkat ikan jika sudah matang dan sisihkan sementara.
  2. Panaskan kembali minyak dalam wajan sedikit saja dan tumis bawang merah, bawang putih, lengkuas dan cabai hingga harum.
  3. Setelah tumisan dalam wajan harum, silahkan masukkan kurang lebih air sebanyak 2 gelas dan masukkan ikan tongkol kedalamya sambil diaduk-aduk. Hanya saja, jagan mengaduknya terlalu kuat agar iakn tidak hancur sewaktu dimasak.
  4. Tuangkan belimbing wuluh kedalamnya bersama dengan duan salam, gula pasir, kecap manis dan garam. Lalu aduk-aduk hingga mendidih dan matang sampai bumbu meresao pada ikan secara merata.

Setelah ikan matang, silahkan angkat ikan dari masakan dan sajikan ikan kedalam piring saji dengan disantap bersama dengan nasi hangat. Demikian resep membuat hidangan lezat ikan tongkol asam segar, semoga resep kali ini bisa anda buat untuk keluarga tercinta dirumah.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons