Resep dan Cara Membuat Ikan Sebelah Bakar Sambal Kemiri

Masakan ikan sebelah dengan perpaduan dengan sambal kemiri membuat anda kan merasa ketagihan setelah mencobanya!

Aneka masakan memang banyak sekali jenis dan ragamnya, mulai dari olah masakan daging, masakan ikan, masakan sayuran, masakan mie dan masih banyak lagi. Semua masakan dengan berbagai olahan ini tentunya pernah anda coba rasakan. Seperti halnya masakan dari daging seperti opor daging, sop daging, daging bakar dll. Kemudian dari sayuran seperti sayur lodeh, sayur asem dll, lalu masakan ikan seperti ikan bakar, sop ikan, pepes ikan dll. Nah, kali ini kami akan mencoba memberikan resep serta cara membuat masakan dari bahan dasar ikan, yaitu ikan sebelah. Ikan sebelah dengan bentuk pipih ini memiliki rasa yang gurih dan juga lezat kala dimasak. Selain rasanya ikan sebelah juga banyak memiliki kandungan seperti kandungan protein yang tinggi, omega 3, vitamin dll.

Nah, mungkin anda pernah mencoba masakan ikan bakar. Ikan bakar kali ini adalah ikan sebelah bakar bumbu kemiri, dimana rasa yang khas dari kemiri ini akan mewarnai ikan bakar ikan sebelah. Baiklah penasaran seperti apa resep serta cara membuat ikan sebelah bakar bumbu kemiri, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

resep ikan sebelah bumbu kemiri

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Sebelah Bakar Sambal Kemiri

4.8 239

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Sebelah Bakar Sambal Kemiri

Bahan Utama

  • 750 gram ikan sebelah segar
  • 1 buah jeruk nipis (ambil airnya)
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  • 5 siung bawang putih
  • 2 ruas jari kunyit
  • 1 sendok teh ketumbar

Bahan Sambal Kemiri

  • 8 buah cabai merah besar
  • 8 buah cabai rawit merah
  • 3 butir kemiri
  • 1 sendok teh terasi
  • 2 sendok teh gula merah
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat Ikan Sebelah Bakar Sambal Kemiri

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah membersihkan ikan sebelah, buang bagian isi perutnya, cuci hingga bersih.
  2. Setelah itu lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan juga garam, aduk rata. Setelah itu lumuri juga dengan bahan bumbu halus, diamkan sekitar 30 menit.
  3. Selanjutnya adalah menyiapkan bara api beserta panggangan, lalu ikan sebelah dibakar, selalu untuk membolak balikan agar matangnya merata. Angkat dan simpan di piring saji.
  4. Kemudian membuat sambal kemiri, dengan cara pertama memanaskan minyak goreng sekitar 2 sendok makan, kemudian goreng bahan cabai sampai matang, setelah itu haluskan menggunakan ulekan, kemudian tambahkan gula dan juga garam.
  5. Sajikan ikan bakar dengan sambal kemiri.
  6. Itulah dia Resep dan Cara Membuat Ikan Sebelah Bakar Sambal Kemiri yang bisa anda coba buat sendiri dirumah. Ikan sebelah banyak anda temukan di pasar tradisional dan juga di supermarket. Ikan sebelah bakar bumbu kemiri ini sangat cocok dihidangkan selagi hangat dengan ditambah nasi putih hangat kemudian lalapan, membuat makan keluarga anda akan istimeea dan special dan setelah mencoba ikan bakar sebelah bumbu kemiri ini dijamain anda akan nambah. Bertambah lagi koleksi menu makan harian anda setelah mengetahui resep serta cara membuat ikan sebelah bakar bumbu kemiri. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Ikan Sebelah Bakar Sambal Kemiri kepada semua keluarga tercinta anda dan teman dimanapun berada, dan jangan lupa untuk memberikan komentar pada kolom dibawah ini, terima kasih.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons