Resep dan Cara Membuat Ikan Nila Goreng Renyah Bumbu Saus Balado yang Enak dan Kering

Sajian ikan nila goreng renyah bumbu saus balado adalah hidangan yang lezat.

Hidangan ini juga ternyata cukup mudah dibuat dirumah. Nah, agar anda para ibu dirumah bisa membuat hidangan ini dengan mudah. Yuk, kita simak resepnya berikut ini.

resep ikan nila goreng bumb balado

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Nila Goreng Renyah Bumbu Saus Balado yang Enak dan Kering

4.8 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

1 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Nila Goreng Renyah Bumbu Saus Balado yang Enak dan Kering

Bahan Utama Ikan Nila Goreng:

  • 250 gr ikan nila
  • 1 sdm air jeruk lemon
  • 1/2 sdt garam
  • 1 siung bawang putih, haluskan

Bumbu Saus Balado:

  • 1 buah tomat iris halus
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm gula merah, iris halus
  • 500 ml minyak sayur
  • 1 sdt cuka
  • 1 sdt terasi
  • 50 cc air

Bumbu Balado Ikan yang Dihaluskan:

  • 10 bh cabe merah
  • 6 butir kemiri
  • 2 siung bawang putih
  • 10 buah bawang merah

Cara Membuat Ikan Nila Goreng Renyah Bumbu Saus Balado yang Enak dan Kering

Cara Mengolah Ikan Nila Sebelum Dimasak:

  1. Yang pertama, hal yang bisa anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan membersihkan ikan nila sebelum kita masak dan dibumbui menjadi hidangan yang enak dan lezat. Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membersihkan ikan nila yang pertama adalah dengan membersihkan isi perut ikan terlebih dahulu. Caranya, belah perut ikan sedikit saja dan keluarkan isi perutnya secara merata. Lalu bersihkan pula jika masih ada kotoran atau noda yang masih terdapat didalam perut ikan. Untuk itu, sebaiknya bersihkan ikan dibawah air yang mengalir agar kotoran bisa terbalut secara merata.
  2. Setelah selesai membersihkan isi prut ikan, selanjutnya kita bersihkan pula sisik ikan. Caranya, sisik ikan dengan menggunakan pisau atau sendok untuk memudahkan anda membersihkan sisik ikan dan sisik dari arah yang berlawanan sampai sisik ikan bersih secara merata.
  3. Apabila sudah selesai membersihkan sisik ikan, terkahir yang harus dibersihkan adalah bagain insang dikepala ikan. Mencuci insang saja tidak akan cukup menghilangkan kotoran pada insang. Untuk itu, sebaiknya bersihkan insang dengan cara membuangnya.
  4. Sekarang, berikan keratan pada perut ikan dikedua sisi agar bumbu yang diracik bisa meresap pada ikan secara merata hingga kebagian daging ikan.
  5. Setelah dikerat, berikan ikan dengan perasan air jeruk lemon bersama dengan bawang putih yang dihaluskan dan garam. Aduk-aduk merata dan diamkan sementara selama kurang lebih 5 menit.

Cara Membuat Ikan Nila Goreng Bumbu Balado:

  1. Setelah ikan diberikan bumbu lumuran dan didiamkan pada waktu yang ditentukan, sekarang ambil ikan dan siapkan penggorengan.
  2. Lalu goreng ikan hingga matang dan berwarna keemasan. Patikan pula anda mengangkat ikan setelah ikan kering dan krispi.
  3. Setelah ini, baru angkat ikan dan tiriskan minyaknya terlebih dahulu.
  4. Sementara itu, kita akan buat bumbu baladonya. Caranya, siapkan wajan dan tumis bumbu halus hingga tercium bau harum yang sedap.
  5. Masukkan tomat, garam, air cuka, gula merah, terasi dan gula pasir dan masak hingga bumbu menjadi lebih kental secara merata.
  6. Masukkan ikan nila yang telah digoreng, aduk-aduk sebentar sampai bumbu saus balado ini meresap kedalam ikan secara merata.

Setelah matang dan meresap kedalam ikan silahkan angkat ikan dari penggorengan dan sajikan kedalam piring saji. Demikian resep dan cara membuat ikan nila goreng bumbu balado yang enak dan sedap.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons