Resep dan Cara Membuat Ikan Nila Bakar Bumbu Kuning Rumahan yang Enak, Sederhana dan Praktis

Hidangan ikan nila bakar bumbu kuning merupakan hidangan olahan ikan dengan citarasa yang enak.

Hidangan ini juga cukup udah dibuat dirumah. Yuk, kita simak resep berikut ini agar anda bisa menyajikan sendiri hidangan ikan nila bakar bumbu kuning dirumah.

resep  nila bakar bumbu kuning

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Nila Bakar Bumbu Kuning Rumahan yang Enak, Sederhana dan Praktis

 

4.6 87

 

Waktu Memasak

Persiapan: 25 menit

Memasak: 45 menit

Total: 70 menit

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Nila Bakar Bumbu Kuning Rumahan yang Enak, Sederhana dan Praktis

Bahan Utama Ikan Nila Bakar:

  • 3 ekor ikan nila
  • 1 batang serai, dimemarkan
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 200 ml santan
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • 3/4 sendok teh garam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sendok teh air asam
  • sambal bajak siap pakai untuk pelengkap

Bumbu Ikan Nila Sebelum Dibakar:

  • 1/2 ruas jahe, dihaluskan
  • 2 sendok teh air jeruk nipis
  • 1 sendok teh garam

Bumbu Ikan Nila Bakar Kuning:

  • 3 butir kemiri, disangrai
  • 10 butir bawang merah
  • 4 cm kunyit, dibakar
  • 2 cm jahe
  • 3 siung bawang putih

Cara Membuat Ikan Nila Bakar Bumbu Kuning Rumahan yang Enak, Sederhana dan Praktis

Cara Mengolah Ikan Nila Sebelum Dimasak:

  1. Cara yang pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu pada kesempatan kali ini adalah dengan terlebih dahulu membersihkan ikan nila yang sudah dipersiapkan. Ada beberapa bagian pada ikan nila yang harus dibuang dan dibersihkan, untuk lebih jelasnya lagi, kita simak cara membersihkan ikan nila dilangkah berikutnya.
  2. Membersihkan ikan nila yang pertama, kita akan lakukan dengan membersihkan sisik ikan dibagian tubuh ikan secara merata. Caranya, ambil pisau dan bersihkan sisik ikan dengan arah berlawanan yakni dari bagian ekor kearah kepala secara merata, lakukan hingga sisik ikan dibersihkan secara sempurna.
  3. Setelah selesai membersihkan sisik ikan, kita lanjutkan dengan membersihkan insang ikan. Caranya, buka sedikit bagian kepala ikan dan bersihkan insang dengan menggunakan tangan.
  4. Nah, jika sisik dan insang ikan sudah dibersihkan. Kali ini kita bersihkan jeroan yang ada diperut ikan. Jeroan ini sebenarnya bisa anda manfaatkan untuk dikonsumsi. Hanya saja, bagi anda yang tidak terlalu senang dengan jeroan ikan, maka anda bisa membuangnya. Untuk membersihkan jeroan ikan anda bisa melakukannya dengan cara, sayat perut ikan dan keluarkan isi perutnya secara merata. Lalu bersihkan pula bagian dalam perut ikan sebab dibagian tersbeut biasanya banyak kotoran yang masih tersisa.
  5. Jika kesemua bagian sudah dibersihkan secara merata, sekarang berikan keratan dibagian perut ikan secara merata dan belah ikan menjadi melebar.
  6. Setelah dibelah, silahkan lumuri ikan dengan bumbu ikan secara merata dan sisihkan sementara sampai bumbu tersebut meresap.

Cara Membuat Ikan Nila Bakar Bumbu Kuning:

  1. Pertama, kita panaskan miyak dalam wajan dan tumis bumbu yang telah dihaluskan bersama dengan daun jeruk, serai dan tumis hingga bumbu ini menjadi layu dan tercium aroma harum yang sedap.
  2. Setelah bumbu tumisam mengeluarkan aroma yang sedap, masukkan santan kedalamnya dan aduk-aduk hingga merata secara sempurna.
  3. Tambahkan garam dan gula kedalamnya, lalu aduk-aduk merata sampai masak dan mendidih. Angkat dan biarkan bumbu ini dingin.
  4. Setelah bumbu tumisan kuning dingin, lumurkan bumbu ini pada ikan dan berikan pula asam jawa. Lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit hingga bumbu kuning meresap pada ikan secara merata.
  5. Setelah 30 menit, angkat ikan dan bakar ikan diatas bara api sambil sesekali dibolak-balik secara merata. Jangan lupa memberikan bumbu olesan pada ikan sewaktu ikan dipanggang agar rasanya semakin nikmat dan sedap.

Jika ikan sudah matang, silahkan angkat ikan dari panggangan dan sajikan ikan kedalam piring saji. Untuk mempercantik pernampilannya sewaktu dihidangkan, anda bisa menambahkan garnis berupa sayuran seperti timun dan tomat. Demikian resep membuat ikan nila bakar bumbu kuning rumahan yang enak dan praktis.

Silahkan klik tombol share dibawah ini untuk berbagi resep bersama yang lain dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons