Resep dan Cara Membuat Ikan Lele Goreng Sambal Cabai Hijau yang Pedas, Enak dan Nikmat

Sajian ikan lele goreng sambal hijau adalah hidangan yang enak.

Betapa tidak, kandungan bumbu dan rempah yang pas yang berpadu dengan daging ikan lele yang lembut, membuat rasanya semakin lezat. Sehingga tidak heran jika sajian ini menghasilkan hidangan yang istimewa.

Nah, bagi anda yang juga ingin menyajikan hidangan ini dirumah, tak perlu khawatir kali ini kami akan bagikan resep mudah dan spesialnya. Inilah dia resep ikan lele goreng sambal cabai hijau pedas.

ikan lele goreng sambal cabae hijau

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Lele Goreng Sambal Cabai Hijau yang Pedas, Enak dan Nikmat

4.8 96

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

7 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Lele Goreng Sambal Cabai Hijau yang Pedas, Enak dan Nikmat

Bahan Utama Ikan Lele:

  • 1 kg lele
  • 3 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • Secukupnya garam

Bahan dan Bumbu Sambal Hijau:

  • 8 siung bawang merah
  • 5 batang cabe hijau
  • 1 ruas lengkuas, cuci, kupas
  • 6 batang cabe rawit
  • 4 suing bawang putih
  • 1 sdt gula pasir
  • garam secukupnya
  • minyak goreng
  • air secukupnya

Cara Membuat Ikan Lele Goreng Sambal Cabai Hijau yang Pedas, Enak da Nikmat

Cara Membersihkan Ikan Lele Sebelum Diolah:

  1. Untuk hal yang pertama yang akan kita lakukan adalah dengan membersihkan ikan lele terlebih dahulu. Nah, bagian pertama pada ikan lele yang akan dibersihkan adalah bagian insang yang ada dikepala ikan. Untuk membersihkan bagian ini, anda bisa membuka bagian kepala ikan dan jangkau bagian lapisan insang dengan menggunakan tangan dan bersihkan secara merata.
  2. Selanjutnya, bagian ikan yang aka dibersihkan adalah bagian lendir yang ada dipermukaan tubuh ikan. Caranya, anda bisa menaburkan garam atau perasan air jeruk nipis pada tubuh ikan dan gosok-gosokkan pada ikan hingga menjadi kesat. Sementara itu, untuk membersihkan noda atau bekas gosokkan, anda bisa membilas kembali ikan dengan menggunakan air bersih.
  3. Kemudian, bersihkan pula bagian jeroan yang ada diperut ikan. Caranya, belah bagian perut ikan dengan mengguankan pisau dapur. Nah, apabila bagian perut sudah terbuka, silahkan keluarkan jeroan ikan dengan menggunakan tangan hingga bersih secara merata. Namun, pastikan pula jika anda melakukan langkah ini dengan perlahan agar empedu yang ada pada ikan tidak pecah yang akan membuat daging ikan menjadi pahit.
  4. Jika semua bagian ikan sudah dibersihkan, silahkan kerat-kerat bagian tubuh ikan dengan pisau, agar bumbu yang dilumurkan pada tubuh ikan bisa meresap kedalamnya dengan sempurna.
  5. Terakhir, silahkan lumuri ikan dengan bahan utama ika secara merata. Diamkan selama kurang lebi 10 menit setelah dilumuri. Hal ini difungsikan untuk membuat ikan lebih berbumbu dan lebih lezat.

Cara Membuat Ikan Lele Goreng Sambal Cabai Hijau:

  1. Pertama, kita haluskan terlebih dahulu bawang putih bersama dengan lengkuas dan cabe rawit bersama dengan cabai hijau hingga halus. Lalu sisihkan sementara.
  2. Siapkan wajan dan berikan minyak goreng kedalamnya, lalu tunggu hingga minyak panas secara merata.
  3. Setelah panas, goreng ikan hingga matang dan kering. Angkat ikan dan sisihkan sementara.
  4. Panaskan kembali wajan bersama dengan sedikit minyak goreng. Lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum dan lezat.
  5. Setelah bumbu harum, masukkan sedikit air kedalamya dan aduk-aduk merata. Tambahkan gula dan garam secukupnya sesuai dengan selera anda. Masak bumbu hingga mengental.

Setelah itu, angkat sambal dan sajikan bumbu sambal cabai hijau ini diatas ikan lele goreng yang sudah disiapkan.

Jangan lupa share dan berikan koemntar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons