Resep dan Cara Membuat Ikan Lele Goreng Lengkuas yang Enak, Lezat, Mudah dan Gurih

Hidangan ikan lele goreng lengkuas adalah hidangan yang enak dan lezat.

Selain itu, sajian ini juga cukup mudah dibuat dirumah dengan sederhana. Kandungan rempah bumbu dengan komposisi yang pas adalah salah satu kunci kelezatan sajian yang satu ini. Namun, bagi anda yang masih belajar memasak, maka tak perlu khawatir. Sajian kali ini akan dapat anda buat dirumah dengan racikan bumbu yang pas. Karena kali ini kami akan bagikan resep mudah dan spesialnya. Seperti apa sih resep membuat ikan lele goreng lengkuas? Simak resepnya berikut ini.

ikan lele goreng lengkuas

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Lele Goreng Lengkuas yang Enak, Lezat, Mudah dan Gurih

4.7 197

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Lele GOreng Lengkuas yang Enak, Lezat, Mudah dan Gurih

Bahan dan Bumbu Ikan Lele:

  • 5 ekor ikan lele ukuran sedang
  • 1 sendok teh asam jawa
  • 300 ml air
  • 70 gram lengkuas, diparut
  • minyak untuk menggoreng
  • 1 batang serai, diambil bagian putihnya, dimemarkan

Bumbu Ikan yang Dihaluskan:

  • 2 sendok teh garam
  • 8 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri, sangrai
  • 2 cm kunyit

Cara Membuat Ikan Lele GOreng Lengkuas yang Enak, Lezat, Mudah dan Gurih

Tips Membersihkan Ikan Lele yang Baik dan Benar:

  1. Kita akan awali langkah pertama dengan terlebih dahulu membersihkan ikan lele sebelum dimasak dan diolah. Nah, bagian pertama pada ikan lele yang harus dibersihkan adalah bagian insang yang ada dikepala ikan. Agar anda bisa lebih mudah membersihkan bagian ini, silahkan gunakan pisau utnuk membuka bagian kepala ikan dan bersihkan insang ikan dengan dipotong menggunakan pisau. Setelah itu, bilas kembali ikan dengan air bersih.
  2. Selesai membersihkan bagian kepala ikan, selanjutnya kita akan buang terlebih dahulu bagian lendir yang ada permukaan tubuh ikan. Untuk membersihkan bagian lendir ini, bisa dilakukan dengan menaburkan abu gosok pada tubuh ikan dan gosok-gosokkan secara merata hingga ikan menjadi kesat secara merata.
  3. Kemudian bagian terakhir pada ikan yang harus dibersihkan adalah bagian jeroan ikan. Bagian jeroan ini letaknya ada dibagian perut ikan. Dengan demikian, untuk membersihkan bagian ini, silahkan belah bagian perut ikan dengan pisau yang tajam. Setelah bagian perut terbuka, gunakan tangan untuk membersihkan jeroan ikan. Lakukan langkah ini dengan hati-hati agar empedu ikan tidak pecah dibagian dalam.
  4. Selanjutnya, kerat-kerat tubuh ikan lele dengan pisau yang tajam agar bumbu ikan bisa meresap kedalamnya secara merata.
  5. Terakhir, campurkan bahan-bahan seperti bumbuhalus bersama dengan asam jawa, juga lengkuas, air dan serai. Aduk-aduk merata dan gunakan campuran ini untuk merendam ikan lele yang sudah dibersihkan. Diamkan sementara selama kurang lebih 1 jam.

Cara Membuat Ikan Lele Goreng Lengkuas:

  1. Setelah satu jam berlalu, sekarang silahkan siapkan wajan diatas kompor dan tuangkan minyak goreng kedalamnya, lalu tunggu hingga minyak panas.
  2. Setelah panas, goreng ikan lele yang sudah dibumbui hingga ikan kering dan matang.
  3. Setelah itu, angkat ikan dengan menggunakan serokan dan tunggu hingga minyaknya meniris terlebih dahulu. Setelah itu, baru sajkan dalam piring saji dengan ditata dengan cantik.

Hidangan ini bisa anda sajikan dengan sambal terasi atau sambal kecap sesuai dengan keinginan anda. Jangan lupa sajikan sajian ini selagi masih hangat agar rasanya lebih lezat.

Share resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan jangan lupa berikan komentar anda dikolom dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons