Resep dan Cara Membuat Ikan Lele Goreng Kremes Gurih, Garing, Enak dan Lengkap

Hidangan ikan lele goreng kremes adalah sajian yang gurih dan garing.

Rasa lezat dari daging ikan lele dan kriuk garing dari bahan kremesan, membuatnya semakin sempurna. Nah, agar anda bisa menghidangkan sajian ini dirumah dengan mudah dan sederhana, maka mari kita simak resep membuat ikan lele goreng kremes gurih berikut ini.

ikan lele goreng kremes

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Lele Goreng Kremes Gurih, Garing, Enak dan Lengkap

4.8 143

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Lele Goreng Kremes Gurih, Garing, Enak dan Lengkap

Bahan Utama Ikan Lele:

  • 4 ekor ikan lele
  • 1/2 sendok teh air jeruk nipis
  • Secukupnya garam

Bahan Bumbu Perendam Ikan:

  • 1 sendok teh garam
  • 250 ml air
  • 1/2 sendok teh merica bubuk

Bumbu Ikan yang Dihaluskan:

  • 4 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri sangrai
  • 2 cm kunyit bakar
  • 1 sendok teh ketumbar

Bahan Kremesan Untuk Ikan:

  • 250 ml air rendaman
  • 15 gram tepung sagu
  • 50 gram tepung beras
  • 1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk

Cara Membuat Ikan Lele Goreng Kremes Gurih, Garing, Enak dan Lengkap

Cara Membersihkan Ikan Lele:

  1. Hal yang pertama kita akan terlebih dahulu membersihkan ikan lele segar. Selain dibersihkan dengan menggunakan air saja, ada beberapa bagian pada ikan lele yang harus kita buang sebab bagian tersebut tidak akan kita gunakan. Nah, bagian pertama pada ikan lele yang akan kita bersihkan paling utama adalah dengan membersihkan bagian lendir pada tubuh ikan. Caranya, gunakan abu gosok untuk ditaburkan pada bagian tubuh ikan dan gosok-gosokkan bumbu tersebut pada ikan secara merata hingga kesat. Setelah itu, bilas kembali ikan dengan menggunakan air bersih.
  2. Selanjutnya, bersihkan bagian insang yang ada dikepala ikan. Caranya, buka bagian kepala ikan dan jangkau bagian lapisan insang dengan menggunakan tangan hingga lapisan insang bersih merata.
  3. Kemudian, bersihkan pula bagian jeroan yang ada diperut ikan. Caranya, ambil pisau dapur dan gunakan untuk membelah bagian perut ikan. Setelah bagian perut ikan terbuka, silahkan ambil bagian jeroan ikan dengan menggunakan tangan dan bersihkan bagian ini secara merata.
  4. Apabila semua bagian ikan sudah dibersihkan secara merata. Silahkan kerat-kerat bagian perut ikan agar bumbu bisa meresap kedalam ikan secara merata.
  5. Setelah itu, lumuri ikan dengan menggunakna taburan sedikit garam dna air jeruk nipis sementara. Setelah itu, cuci kembali ikan dengan air bersih.
  6. Terakhir, aduk merata bumbu perendam dengan bumbu halus ikan. Dan gunakan bumbu ini untuk merendami ikan lele dan diamkan selama kurang lebih 30 menit agar bumbu meresap kedalamnya dengan merata.

Cara Membuat Ikan Lele Goreng Kremes:

  1. Setelah ikan direndam dengan bumbu perendam sebelumya. Sekarang, silahkan siapkan wajan dan tuangkan minyak goreng kedalamnya. Gunakan api sedang dan tunggu hingga minyak menjadi lebih panas.
  2. Selagi menunggu ikan menjadi lebih panas, sekarang silahkan aduk merata semua bahan kremesan.
  3. Sebelum ikan dimasukkan dan digoreng kedalam minyak panas. Silahkan celupkan ikan terlebih dahulu pada bahan kremesan dan goreng dengan minyak panas hingga ikan kering dan matang secara merata.
  4. Setelah itu, goreng sisa kremesan ikan dalam minyak goreng panas hinga kering dan matang.

Setelah matang, angkat ikan dan sajikan kremesan dibagian atas ikan agar penampilannya terlihat lebih cantik dan menggoda. Kini ikan lele goreng kremes siap untuk disantap.

Jangan lupa bagikan resep ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons