Resep dan Cara Membuat Ikan Lele Goreng Bumbu Kecap Manis yang Renyah, Enak, Gurih dan Spesial

Hidangan ikan lele goreng bumbu kecap manis adalah sajian yang lezat.

Hidangan ini akan cocok bila dihidangkan menjadi menu untuk makan siang. Selain lezat, rasa gurih dari daging ikan lele dan tekstur lembutnya, membuat sajian ini begitu istimewa.

Nah, bagi anda yang ingin menyajikan sajian ini dirumah dengan mudah. Kali ini kami akan berbagi resep spesialnya. Inilah dia resep cara membuat ikan lele goreng bumbu kecap manis yang renyah dan enak.

resep ikan lele goreng kecap

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Lele Goreng Bumbu Kecap Manis yang Renyah, Enak, Gurih dan Spesial

4.8 153

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Lele Goreng Bumbu Kecap Manis yang Renyah, Enah, Gurih dan Spesial

Bahan Utama Ikan Lele:

  • 4 ekor ikan lele segar
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Perendam Ikan Lele:

  • 10 butir ketumbar, haluskan
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • Secukupnya garam
  • 3 sdm air jeruk nipis
  • 4 sdm air untuk campuran

Bahan Bumbu Sambal Kecap (Campur Satu):

  • 5 sdm kecap manis
  • 1/2 ruas jahe
  • 7 butir cabair rawit merah
  • 2 butir cabai merah
  • 2 siung bawnag merah
  • 1 siung bawang putih

Cara Membuat Ikan Lele Goreng Bumbu Kecap Manis yang Renyah, Enah, Gurih dan Spesial

Cara Mempersiapkan Ikan Lele Sebelum Diolah:

  1. Untuk cara yang pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuang dan membersihkan beberapa bagian pada tubuh ikan lele segar yang sudah dipersiapkan. Bagian pertama yang akan dibersihkan adalah bagian lendir yang ada ditubuh ikan lele. Nah, untuk membersihkan bagian ini anda bisa melakukannya dengan menaburkan garam atau abus gosok pada bagian permukaan tubuh ikan, lalu gosok-gosokkan pada ikan hingga permukaan ikan menjadi kesat. Setelah itu, agar ikan bisa bersih kembali, silahkan bilas ikan dengan air bersih.
  2. Kemudian, kita akan bersihkan bagian jeroan yang ada diperut ikan. Untuk membersihkan bagian ini anda bisa melakukannya dengan menggunakan pisau dapur untuk membelah perut ikan. Setelah bagian perut ikan terbuka, selanjutnya silahkan jangkau bagian perut ikan dengan menggunakan tangan. Pastikan jika anda mmebersihkan bagian perut ikan hingga bersih merata.
  3. Selanjutnya, keluarkan lapisan insang dari kepala ikan. Caranya, buka bagian kepala ikan dengan menggunakan tangan dan keluarkan lapisan insang hingga bersih secara merata.
  4. Lalu, kerat-kerat bagian tubuh ikan lele yang sudah dibersihkan. Hal ini dimaksudkan agar bumbu bisa meresap kedalam ikan secara merata.
  5. Terakhir, kita akan lumuri ikan lele dengan bumbu rendaman dengan dibalurkan secara merata pada tubuh ikan lele dan diamkan secara merata hingga bumbu meresap kedalam ikan selama kurang lebih 15 menit.

Cara Membuat Ikan Lele Goreng Bumbu Kecap:

  1. Hal pertama yang bisa dilakukan setelah ikan direndam dengan bumbu rendaman. Sekarang, siapkan wajan diatas kompor dan gunakan api yang sedang. Lalu tuangkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu hingga minyak panas.
  2. Setelah panas, goreng ikan lele hingga matang dan berwarna keemasan. Jika ikan sudah matang, angkat ikan dan sambil ditiriskan minyaknya.
  3. Selanjutnya, kita akan buat bumbu sambal kecapnya. Caranya, haluskan semua bahan diatas cobek dan tuangkan kecap manis sambil diaduk-aduk.

Setelah ikan lele goreng matang dan sambal kecap sudah siap. Sekarang sajikan ikan dalam piring saji dan hidangkan untuk keluarga.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons