Resep dan Cara Membuat Ikan Lele Bumbu Cabai Rawit Pedas yang Enak, Gurih dan Lezat

Hidangkan lezat dan gurihnya sajian olahan ikan lele.

Daging ikan yang lembut, dipadu bersama dengan bumbu sambal cabai rawit yang pedas dan segar akan membuat santapan makan kali ini begitu stimewa. Sajian ini pun akan dapat anda buat dirumah dengan mudah dan sederhana. Seperti apa sih resep membuat ikan lele bumbu cabai rawit pedas yang enak dan gurih? Yuk, kita simak resep berikut ini.

ikan lele sambal cabai rawit

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Lele Bumbu Cabai Rawit Pedas yang Enak, Gurih dan Lezat

4.8 154

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Lele Bumbu Cabai Rawit Pedas yang Enak, Gurih dan Lezat

Bahan Utama Ikan Lele:

  • 5 ekor ikan lele hidup
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • 4 sdm minyak sayur
  • 1 sdt garam
  • 1 siung bawang putih, parut
  • 2 buah belimbing sayur, iris tipis
  • 3 buah cabai merah, iris serong halus

Bumbu Ikan Lele yang Dihaluskan:

  • 5 butir bawang merah
  • 1 sdr garam
  • 1 sdt terasi goreng
  • 4 siung bawang putih
  • 10 buah cabai rawit merah

Cara Membuat Ikan Lele Bumbu Cabai Rawit Pedas yang Enak, Gurih dan Lezat

Tips Membersihkan Ikan Lele Sebelum Diolah:

  1. Untuk cara yang pertama bisa kita lakukan adalah dengan membersihkan ikan lele segar yang sudah ada. Cara membersihkan ikan lele yang pertama, bisa dilakukan dengan menghilangkan bagian lendir pada tubuh ikan, yang mana lendir inilah yang membuat si ikan menjadi licin dan sulit untuk dibersihkan. Sementara itu, untuk membersihkan bagian lendir ini bisa dilakukan dengan menaburkan abu gosok pada ikan dan gosoka pada badan ikan hingga kesat. Setelah itu, bilas kembali ikan dengan menggunakan air bersih untuk menghilangkan kotoran yang disisakan oleh abu gosok.
  2. Kemudian, kita bersihkan pula bagian insang yang ada dikepala ikan. Caranya, gunakan bagian runcing pada pisau untuk membuka kepala ikan. Setelah bagian ini terbuka, maka gunakan tangan untuk membersihkan lapisan insang hingga bersih secara merata.
  3. Selanjutnya, bersihkan pula bagian jeroan yang ada diperut ikan. Caranya, belah bagian perut ikan dan keluarkan jeroan ikan dengan menggunakan tangan. Setelah itu, bersihkan kembali ikan dengan menggunakan air bersih untuk menghilangkan kotoran pada ikan secara merata.
  4. Kerat-kerat tubuh ikan dengan bentuk diagonal dan buat keratan ini sama dikedua bagian sisi ikan. Hal ini difungsikan agar bumbu meresap kebagian terdalam ikan secara merata.
  5. Terakhir, lumuri ikan dengan air jeruk, bawang putih dan garam secara merata. Lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit.

Cara Membuat Ikan Lele Bumbu Cabai Rawit:

  1. Siapkan wajan diatas kompor dan tuangkan minyak goreng kedalamnya. Setelah itu, tunggu hingga minyak panas secara merata.
  2. Jika minyak sudah matang dan panas, goreng ikan kedalamnya hingga ikan kering. Angkat ikan dan tiriskan minyaknya terlebih dahulu sebelum kita buat bumbunya.
  3. Sementara itu, untuk membuat bumbu cabai rawit bisa dilakukan dengan menumis bumbu halus dalam wajan yang diberikan sedikit minyak dan sudha dipanaskan. Tumis bumbu halus tersebut hingga wangi secara merata.
  4. Masukkan cabai rawit kedalamnya bersama dengan belimbing sayur atau belimbing wuluh dan masak hingga bahan ini layu. Masukkan pula gula dan garam serta cicipi bumbunya hingga pas.

Setelah bumbu pas, angkat sambal dan sajikan dibagian atas ikan lele yang sudah digoreng, lalu nikmati selagi masih hangat.

Jangan lupa share dan berikan komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons