Resep dan Cara Membuat Ikan Lele Bakar Kecap Manis Spesial yang Enak, Lezat dan Gurih

Hidangan ikan lele bakar kecap manis umumnya mungkin sudah sering anda jumpai dirumah makan.

Bahkan mungkin hidangan ini adalah salah satu sajian favorit yang sering anda pesan. Akan tetapi, daripada terus-terusan membeli di restoran setiap kali anda ingin menyantap sajian ini, maka tidak ada salahnya jika anda menghidangkan dan membuat sendiri hidangan ikan lele bakar dirumah.

Tak perlu khawatir, urusan resep kali ini kami akan bagikan resep membuat ikan lele bakar kecap menis special untuk anda. Yuk, kita simak berikut ini.

likan lele bakar kecap manis

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Lele Bakar Kecap Manis Spesial yang Enak, Lezat dan Gurih

4.7 143

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Lele Bakar Kecap Manis Spesial yang Enak, Lezat dan Gurih

Bahan Utama Ikan Lele:

  • 5 ekor ikan lele
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 2 sdt air jeruk nipis
  • Minyak untuk menggoreng

Bumbu Olesan Ikan:

  • 3 sdm saus sambal
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 sdm saus tiram
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdmminyak goreng
  • 4 siung bawang putih, haluskan

Bahan Pelengkap Ikan Bakar:

  • Nasi hangat
  • Sambal terasi
  • Lalapan

Cara Membuat Ikan Lele Bakar Kecap Manis Spesial yang Enak, Lezat dan Gurih

Tips Mencuci Bersih Ikan Lele:

  1. Untuk yang pertama kali bisa dilakukan adalah dengan membersihkan ikan lele yang sudah anda siapkan. Pada tubuh ikan lele, ada beberapa bagian yang harus dibuang dan dibersihkan, yakni bagian insang ikan, lendir ikan dan juga bagian jeroan ikan. Nah, kali ini yang pertama akan kita bersihkan terlebih dahulu adalah bagian lendir yang ada pada tubuh ikan. Untuk membersihkan bagian ini, silahkan taburkan abu gosok pada bagian tubuh ikan dan gosokkan hingga kesat. Setelah ikan kesat dna lendir sudah dibersihkan, silahkan bilas kembali ikan dengan menggunakan air bersih untuk menghilangkan kotoran yang disisakan oleh abu gosok.
  2. Selesai membersihkan bagian lendir ikan, lanjutkan dengan membersihkan bagian insang yang ada dikepala ikan. Untuk membersihkan bagian ini, silahkan buka bagian kepala ikan dan potong insang ikan hingga bersih secara merata.
  3. Kemudian bersihkan pula bagian jeroan yang ada dibagian perut ikan. Bagian jeroan ini tidak akan kita konsumsi, untuk itulah penting sekali membersihkan bagian ini secara merata. Untuk membersihkan bagian jeroan ikan caranya bisa dilakukan dengan membelah bagian perut ikan dan bersihkan jeroan ikan secara merata.
  4. Setelah itu, kerat-kerat bagian perut ikan dengan menggunakan pisau agar bumbu bisa meresap kedalamnya secara merata.
  5. Terakhir, sialhkan lumuri ikan dengan air jeruk nipis, merica bubuk dan juga garam agar bau amis yang menempel pada ikan bisa dihilangkan.

Cara Membuat Ikan Lele Bakar Kecap Manis:

  1. Setelah ikan dilumuri dengan bumbu perendam, silahkan panaskan minyak dalam wjaan dan tunggu hingga minyak benar-benar panas secara merata.
  2. Setelah itu, goreng ikan setengah matang dan angkat ikan yang sudah matang untuk kemudian sisihkan sementara.
  3. Selanjutnya, siapkan pembakaran dan tunggu hingga panas. Lalu bakar ikan diatasnya hingga ikan matang secara merata. Jangan lupa olesi ikan dengan bumbu olesan secara merata, bakar ikan matang.

Setelah ikan matang, angkat ikan dan sajikan kedalam piring saji untuk kemudian hidangan ini untuk disantap dan disajikan.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

One Response

  1. Anwar 17 Februari 2020

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons