Resep dan Cara Membuat Ikan Kembung Kremes Goreng yang Renyah, Kering dan Gurih

Bosan menghidangkan sajian yang itu-itu saja dirumah?

Ingin menghidangkan sajian yang istimewa untuk keluarga? Nah, kali ini resep yang akan kami bagikan kali ini bisa ibu buat dirumah dengan mudah. Adalah sajian ikan kembung kremes goreng renyah yang akan kami bagikan kal ini. Selain nikmat, resep ini juga mudah sekali dibuat dirumah. Yuk, kita simak resep berikut ini agar ibu bisa menyajikan hidangan ini dirumah.

ikan kembung kremes

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Kembung Kremes Goreng yang Renyah, Kering dan Gurih

4.9 97

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

1 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Kembung Kremes Goreng yang Renyah, Kering dan Gurih

Bahan Utama Ikan Kembung:

  • 500 gram kembung
  • Minyak untuk menggoreng
  • 1 sendok teh air jeruk nipis
  • 1 sendok teh garam

Bahan Kremes Ikan:

  • 450 ml santan dari 1/2 butir
  • 25 gram tepung sagu
  • 120 gram tepung beras

Bumbu Ikan Goreng yang Dihaluskan:

  • 5 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok teh ketumbar
  • 3 butir kemiri, sangrai
  • 3 butir bawang merah
  • 1/2 sendok teh merica bubuk

Cara Membuat Ikan Kembung Kremes Goreng yang Renyah, Kering dan Gurih

Cara Membersihkan Ikan Kembung Sebelum Dimasak:

  1. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah membersihkan ikan kembung yang sudah anda beli dan anda persiapkan. Hal ini penting sekali, selain membersihkan kotoran pada ikan. Juga ada beberapa bagian pada ikan yang harus dibuang. Nah, bagian pertama pada ikan yang akan kita buang adalah bagian insang ikan kembung. Caranya, silahkan buka bagian kepala ikan dan keluarkan insang dengan menggunakan tangan. Setelah itu, bersihkan pula bagian kepala ikan hingga dipastikan tidak ada kotoran yang masih tersisa.
  2. Selanjutnya, kita bersihkan bagian isi perut ikan. Untuk membersihkannya anda bisa melakukannya dengan cara, belah atau sayat sedikit bagian pada perut ikan dan keluarkan bagain jeroan ikan dengan menggunakan tangan hingga bersih. Seperti saat membersihkan insang ikan, bersihkan pula bagian dalam perut ikan hingga merata.
  3. Setelah semua bagian ikan dibersihkan secara merata. Sekarang berikan keratan pada tubuh ikan agar bumbu bisa meresap pada bagian ikan terdalam.
  4. Lalu lumuri ikan dengan air jeruk nipis, garam dan sebagain dari bumbu halus serta air. Dan diamkan selama kurang lebih 20 menit dan simpan dalam lemari es.

Cara Membuat Ikan Kembung Goreng Kremes:

  1. Pertama, silahkan goreng ikan dalam minyak panas hingga berkulit dan kering serta matang secara merata.
  2. Jika ikan sudah matang dan kering, silahkan angkat ikan dari wajan dan tiriskan minyaknya terlebih dahulu sebelum kita siapkan bahan kremesannya.
  3. Untuk membuat bahan kremes, silahkan campur rata sisa bahan bumbu halus bersama dengan tepung beras dan tepung sagu. lalu aduk-aduk merata.
  4. Tuangkan santan kedalamnya sambil diaduk hingga licin dan rata
  5. Lalu goreng adonan dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api besar. Biarkan kremesan naik kepermukaan minyak dan buihnya menghilang. Setelah itu, kecilkan api.
  6. Kumpulkan kremesan dengan menggunakan spatula atau sendok kayu dan letakan bahan kremesan ini diatas tatakan dan masukkan ikan kedalamnya lalu gulung untuk menutupi ikan dan goreng kembali ikan hingga matang.

Setelah matang, silahkan angkat ikan dan sajikan dalam piring saji. Hidangan ini akan terasa lebih nikmat jika disantap saat panas karena kremesan masih renyah. Demikian resep membuat ikan kembung kremes goreng yang enak.

Jangan lupa share resep ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons