Resep dan Cara Membuat Ikan Kembung Bakar Istimewa Bumbu Spesial yang Gurih dan Sedap

Hidangan ikan kembung bakar istimewa bumbu special adalah hidangan yang enak.

Sajian ini selain memiliki citarasa yang sedap dari racikan bumbu yang special, ternyata juga cukup mudah dibuat sendiri dirumah. Nah, bagi ibu yang penasaran ingin mengetahui resep ikan kembung bakar istimewa bumbu special, kita simak resepnya berikut ini.

ikan kembung bakar bumbu spesial

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Kembung Bakar Istimewa Bumbu Spesial yang Gurih dan Sedap

4.9 97

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

1 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Kembung Bakar Istimewa Bumbu Spesial yang Gurih dan Sedap

Bahan Utama Ikan Kembung:

  • 500 gram ikan kembung
  • 1 sdm air jeruk lemon
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya merica

Bahan dan Bumbu Ikan Kembung Bakar:

  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh air asam
  • 1 sendok teh garam
  • 250 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Bumbu Ikan Kembung Bakar yang Dihaluskan:

  • 5 butir bawang merah
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 3 cm kunyit, dibakar
  • 2 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 1/2 sendok teh terasi

Cara Membuat Ikan Kembung Bakar Istimewa Bumbu Spesial yang Gurih dan Sedap

Cara Membersihkan Ikan Kembung Sebelum Diolah:

  1. Cara pertama yang bisa dilakukan kali ini adalah dengan membersihkan ikan kembung yang sudah anda beli. Hal ini penting sekali, selain membersihkan kotoran pada ikan, adapula beberapa bagian pada ikan yang harus dibuang dan dibersihkan. Nah, kali ini bagian pertama pada ikan yang akan kita buang dan bersihkan adalah bagian insang ikan. Untuk membersihkan insang ikan anda bisa melakukannya dengan membuka sedikit bagian kepala ikan dan keluarkan insang ikan dengan menggunakan tangan dan pastikan jika tidak ada bagain insang yang masih tersisa dikepala ikan.
  2. Setelah insang dibersihkan, selanjutnya bersihkan isi perut ikan dengan menggunakan tangan. Caranya, gunakan pisau untuk membelah perut ikan dan keluarkan isi perut ikan dengan tangan. Pastikan jika tidak ada bagian perut ikan yang masih tersisa dibagian dalam perut ikan. Jika memungkinkan, lakukan hal ini dibawah air yang mengalir dari keran agar kotoran bisa dibersihkan secara merata.
  3. Setelah semua bagian ikan dibersihkan, selanjutnya silahkan kerat bagian tubuh ikan dengan menggunakan pisau agar bumbu meresap pada ikan secara merata.
  4. Lalu lumuri ikan dengan air perasan jeruk nipis, merica dan garam dan pastikan jika bagian ikan terlumuri dengan bumbu ini secara merata. Setelah itu sisihkan sementara selama kurang lebih 15 menit.

Cara Membuat Ikan Kembung Bakar:

  1. Hal pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu dikesempatan kali ini adalah dengan siapakan wajan dan masukkan santan kedalamnya bersama dengan bumbu halus dan air asam.
  2. Setelah dimasukkan kesemua bumbu, silahkan rebus bumbu ini hingga mendidih secara merata sambil terus diaduk-aduk.
  3. Jika santan sudah mendidih, silahkan masukkan ikan kembung yang sudah dibersihkan kedalamnya dan masak hingga santan mengental.
  4. Sebelum dibakar, silahkan diamkan terlebih dahulu ikan yang dimasak bersama dengan santan selama kurang lebih 20 menit agar ikan dingin.
  5. Setelah dua puluh menit silahkan bakar ikan diatas bara api sambil diberikan bumbu olesan dan jangan lupa dibulak-balik sesekali agar ikan tidak gosong.

Setelah ikan matang, silahkan angkat ikan dan tata diatas piring saji. Lalu santap ikan selagi masih panas bersama dengan nasi hangat yang lezat. Demikian resep dan cara membuat ikan kembung bakar yang enak dan sedap. Semoga resep ini bermanfaat untuk ibu dan semua wanita dirumah yang ingin menyajikan hidangan ini.

Jangan lupa klik tombol share berikut agar anda bisa berbagi resep spesial ini dirumah dan jangan lupa berikan pula komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons