Resep dan Cara Membuat Ikan Kembung Bakar Bumbu Spesial Ala Happy Call yang Enak dan Praktis

Anda mungkin bertanya-tanya apa sih Happy call itu.

Nah, bagi anda yang masih asing dengan alat ini, Happy call adalah sebuah wajan yang didesain untuk memanggang dan memasak bahan makanan. Dengan menggunakan wajan ini memasak akan menjadi kegiatan yang lebih seru dan mudah. Selain itu dengan menggunakan alat ini anda akan bebas dari percikan minyak yang akan mengenai kulit anda.

Nah, kali ini kita akan buat masakan ikan kembung bakar bumbu special dengan dipanggang menggunakan wajan ini. Yuk, simak resepnya berikut ini.

resep ikan kembung bakar happy call

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Kembung Bakar Bumbu Spesial Ala Happy Call yang Enak dan Praktis

4.8 87

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

1 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Kembung Bakar Bumbu Spesial Ala Happy Call yang Enak dan Praktis

Bahan Utama Ikan Bakar:

  • 500 gr ikan kembung
  • 1 buah jeruk nipis
  • Secukupnya garam
  • 2 sdm mentega/margarin

Bumbu Oles Ikan Kembung Bakar:

  • 5 siung bawang merah
  • 1 buah tomat
  • minyak goreng
  • 7 buah cabe keriting
  • 3 siung bawang putih
  • 1 lembar daun salam
  • 1 buah serai
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm saos tomat botolan
  • garam dan gula secukupnya

Cara Membuat Ikan Kembung Bakar Bumbu Spesial Ala Happy Call yang Enak dan Praktis

Cara Membersihkan Ikan Kembung Sebelum Dimasak:

  1. Hal pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu dikesempatan kali ini adalah dengan membersihkan ikan kembung yang sudah anda beli, terutama jika ikan masih segar. Ada beberapa bagian pada ikan kembung yang harus kita buang dan bersihkan, bagian tersebut adalah bagian isi perut ikan dan insang dikepala ikan. Mengapa bagian ini harus dibuang dan dibersihkan? Sebab dibagian ini menyimpan banyak kotoran dan kuman yang tidak baik jika dikonsumsi. Nah sementara itu, untuk mengetahui bagaimana cara membersihkan bagian tersebut, mari kita awali dengan terlebih dahulu membersihkan bagian insang ikan. Caranya, kita buka bagian kepala ikan dengan menggunakan jari sedikit bagian saja dan kita keluarkan insang ikan dengan menggunakan jari tangan secara merata sampai dipastikan tidak ada bagian insang yang masih tersisa dibagia kepala ikan.
  2. Selesai membersihkan insang ikan, selanjutnya bersihkan pula bagian isi perut ikan, yakni membersihkan jeroan ikan. Caranya, silahkan belah bagian perut ikan dengan menggunakan pisau dan keluarkan isi jeroan perut ikan dengan menggunakan tangan hingga dipastikan semua bagian isi perut ikan dikeluarkan seluruhnya.
  3. Setelah berhasil mengeluarkan isi perut ikan, selanjutnya bersihkan pula bagian dalam perut ikan jika masih terdapat noda dan kotoran didalamnya.
  4. Nah, apabila semua bagian ikan sudah dibersihkan secara merata. Silahkan berikan keratan pada bagian perut ikan secara merata agar bumbu bisa meresap kebagian ikan terdalam.
  5. Lalu lumuri ikan dengan jeruk nipis dan garam. Hal ini difungsikan untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada ikan secara merata. Selesai dilumuri dengan bumbu, silahkan sisihkan ikan selama kurang lebih 10 menit agar bumbu meresap.

Cara Membuat Ikan Bakar Ala Happy Call:

  1. Setelah 15 menit, silahkan olesi doublepan happy call dengan margarin dan tunggu hingga margarin meleleh.
  2. Setelah itu, masukkan ikan dan tutup ikan jangan lupa gunakan api kecil sewaktu membakar ikan dengan menggunakan pan happy call ini.
  3. Sementara menunggu ikan setengan matang, silahkan haluskan bawang merah, bawang putih, tomat dan cabai keriting. Setelah itu, tumis bumbu yang telah dihaluskan ini bersama dengan daun salam, dan serai. Aduk-aduk dan tumis hingga mengeluarkan aroma harum.
  4. Setelah itu, masukkan saus tomat dan kecap mani kedalam tumisan. Aduk-aduk kembali agar bumbu tercampur merata. Tambahkan sedikit air dan masak hingga bumbu meletup-letup, lalu angkat.
  5. Jika ikan sudah setengah matang, buka pan dan olesi ikan dengan bumbu tumisan ini sambil dibulak-balik dan olesi ikan dengan bumbu ini secara merata.

Nah, setelah ika matang dari pan, silahkan angkat ikan dan siramkan sisa bumbu tumisan dibagian atas ikan bakar. Setelah itu sajikan ikan selagi ikan masih panas dan hangat. Demikian resep ikan bakar happy call

Jangan lupa bagikan resep spesial ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda ya!

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons