Resep dan Cara Membuat Ikan Jambal Sayur Kangkung Pedas yang Enak, Lezat dan Mudah

Ingin menyajikan sajian lezat untuk keluarga, namun dengan cara yang mudah dan praktis?

Inilah dia resep membuat ikan jambal sayur kangkung pedas. Rasanya yang lezat serta pembuatannya yang cepat akan bisa ibu sajikan untuk keluarga dirumah. Simak resep berikut ini untuk mengetahui bagaimana membuat ikan jambal sayur kangkung pedas.

ikan jambal roti sayur kangkung

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Jambal Sayur Kangkung Pedas yang Enak, Lezat dan Mudah

4.6 197

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Jambal Sayur Kangkung yang Enak, Lezat dan Mudah

Bahan dan Bumbu Ikan:

  • 100 gram ikan asin jambal roti
  • 10 buah petai, masing-masing dibelah 2 bagian
  • 2 ikat kangkung, disiangi
  • 1.000 ml air
  • 25 gram kelapa parut kasar
  • 2 lembar daun salam
  • 1/2 sendok teh kaldu ebi bubuk
  • 3 buah cabai merah besar, diiris serong, dibuang bijinya
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan

Bumbu Sayur yang Dihaluskan:

  • 5 butir bawang merah
  • 1/2 sendok makan garam
  • 1 cm kunyit, dibakar
  • 1/2 cm kencur
  • 1/2 sendok teh terasi
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sendok teh gula merah

Cara Membuat Ikan Jambal Sayur Kangkung Pedas yang Enak, Lezat dan Mudah

Tips Bagaimana Memilih Ikan Jambal dengan Kualitas Baik:

  1. Pertama-tama, kita akan berikan tips bagaimana memilih ikan jambal dengan kualitas baik terlebih dahulu. Hal ini pentng sekali, selain akan mempengaruhi rasa dan kelezatan dari masakan yang akan kita buat. Kejelian dalam memilih ikan asin yang akan digunakan adalah kunci utama agar kita tidak tertipu atau terkecoh dengan ikan asin berbahaya yang mengandung pengawet buatan. Nah, kali ini yang pertama kali bisa dilakukan adalah memilih daging ikan asin jambal dengan kondisi yang baik, maksudnya daging ikan yang terlihat masih segar, tidak berbau menyengat, atau daging ikan yang berwarna kehijauan. Yang mana jika anda mendapati ikan asin yang seperti ini, ikan mungkin udah terlalu lama dan tidak layak untuk dikonsumsi.
  2. Selanjutnya, pilihlah ikan jambal dengan kualitas super dengan daging yang tebal. Hal ini tentu saja akan membuat sajian masakan yang kita buat kali ini memiliki rasa lebih lezat dibandingkan menggunakan ikan dengan kualitas yang biasa saja.
  3. Selain itu tentunya, hindari memilih ikan jambal yang mengandung pengawet buatan yang berbahaya, seperti misalkan yang saat ini ramai dibicarakan adalah ikan asin dengan kandungan formalin. Sebab hal ini tentunya akan membahayakan kesehatan anda, efek yang dirasakan mungkin tidak akan dialami seketika, namun akan bereaksi pada tubuh dalam jangka panjang yang berakumulasi menjadi penyakit.
  4. Nah, setelah anda mendapatkan ikan asin yang anda inginkan. Sekarang, silahkan cuci bersih ikan jambal dengan menggunakan air bersih untuk menghilangkan kotoran pada ikan.
  5. Kemudian, potong-potong ikan asin jambal dengan bentuk kotak kecil-kecil atau sesuai dengan ukuran yang anda inginkan.
  6. Lalu, sebelum dimasak, rendm terlebih dahulu ikan pada air hangat dalam wadah dan diamkan sementara selama kurang lebih 10 menit.

Cara Membuat Ikan Jambal Sayur Kangkung:

  1. Goreng terlebih dahulu pada wajan yang telah diberikan minyak goreng dan dipanaskan. Goreng ikan hingga kering dan matang, angkat ikan dan sisihkan sementara
  2. Rebus air dalam panci dan masukkan bumbu halus kedalamnya bersama dengan daun salam, lengkuas dan aduk-aduk hingga harum, lalu masak hingga mendidih.
  3. Masukkan kangkung yang sudha disiangi kedalam rebusan bersama dengan cabai merah, kelapa parut, petai dan kaldu ebi yang telah dibubukan.
  4. Masak hingga matang, sampai kangkung menjadi agak layu dan bumbu pas merata.
  5. Menjelang diangkat, masukkan potongan ikan asin yang telah digoreng.

Angkat dan sajikan ikan jambal sayur kangkung dalam mangkuk untuk kemudian sajian ini siap anda santap.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini dengan teman dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons