Resep dan Cara Membuat Ikan Jambal Roti Masak Santan yang Gurih, Sedap, Enak dan Spesial

Hidangan ikan jambal roti masak santan adalah sajian yang enak.

Kuah santan yang gurih dan berpadu bersama dengan lezat dan mantanya racikan rempah nusantara semakin membuat rasa masakan ini benar-benar istimewa. Belum lagi, paduan daging ikan asin jambal roti membuatnya begitu istimewa dan membuat lidah seolah tak cukup mencicipi seporsi hidangan ini.

Nah, agar anda juga bisa menghidangkan sajian ini dirumah, maka kita simak langsung resep ikan jambal roti masak santan berikut ini.

ikan jambal roti santan

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Jambal Roti Masak Santan yang Gurih, Sedap, Enak dan Spesial

4.8 108

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Jambal Roti Masak Santan yang Gurih, Sedap, Enak dan Spesial

Bahan dan Bumbu Ikan Jambal Roti:

  • 300 gram jambal
  • 3 buah cabai hijau, iris serong
  • 2 lembar daun salam
  • 2 buah cabai merah, iris serong
  • 250 ml santan sedang
  • 8 buah cabai rawit utuh
  • garam secukupnya
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • 5 buah belimbing sayur, belah empat

Bumbu Ikan yang Dihaluskan:

  • 3 butir kemiri
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh terasi
  • 1/2 sendok teh ketumbar

Cara Membuat Ikan Jambal Roti Masak Santan yang Gurih, Sedap, Enak dan Spesial

Tips Memilih Ikan Jambal Roti dan Bagaimana Membersihkannya:

  1. Cara yang pertama bisa dilakukan dengan terlebih dahulu pilih ikan jambal roti dengan kualitas yang baik. Adapun hal ini penting sekali, karena kualitas ikan akan mempengaruhi kelezatan dari sajian yang kita buat kali ini. Nah, untuk itu, pastikan jika anda mendapatkan ikan jambal roti dengan kualitas tinggi yakni berdaging tebal, warna daging ikan yang terlihat segar, dan yang paling penting adalah tidak adanya kandungan pengawet buatan yang berbahaya yang akan membuat sajian kali ini membahayakan kesehatan.
  2. Sementara itu, untuk membersihkan ikan jambal roti bisa diawali dengan terlebih dahulu memotong-motong ikan jambal dengan ukruan yang anda inginkan. Gunakan pisau dan tatakan untuk memotong ikan jambal roti agar anda bisa melakukan langkah ini dengan lebih mudah.
  3. Setelah itu, cuci bersih ikan jambal roti dibawah air yang mengalir dan bersihkan kotoran yang menempel pada tubuh ikan secara merata.
  4. Membersihkan dengan kucuran air saja tidak cukup membuat ikan asin menjadi netral kandungan garamnya. Untuk itulah, kita akan lakukan hal ini dengan merendam ikan asin jambal roti pada wadah yang diberikan air panas. Setelah itu, diamkan sementara sampai 10 menit.

Cara Membuat Ikan Jambal Masak Santan:

  1. Pertama, tumis terlebih dahulu bumbu halus dalam wajna yang diberikan minyak goreng dan sudah dipanaska. Setelah itu, aduk-aduk hingga bumbu menjadi lebih harum secara merata.
  2. Jika bumbu sudah mengeluarkan aroma yang menggoda, silahkan masukkan cabai merah kedalamnya bersama dengan cabai hijau dan juga cabai rawit. Aduk-aduk dan tumis bahan ini hingga layu.
  3. Tambahkan santan kedalamnya bersama dengan garam dan belimbing sayur. Aduk-aduk santan hingga mendidih untuk memastikan agar santantidak pecah sewaktu dimasak.
  4. Setelah mendidih, baru masukkan ikan jambal yang sudah dibersihkan dan masak hingga bumbu meresap kedalam ikan. Masukkan pula garam dan gula dan aduk-aduk secara merata.

Setelah matang, angkat ikan dan sajikan ikan dalam piring saji untuk kemudian kita siap menghidangkan sajian ini untuk keluarga. Demikian resep dan cara membuat sajian ikan jambal roti masak santan yang enak dan sedap.

Jangan lupa klik tombol share berikut ini dan berikan pula komentar anda dikolom yang telah kami sediakan dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons