Resep dan Cara Membuat Ikan Jambal Masak Bumbu Sambal Asam yang Enak, Sedap dan Nikmat

Sajian ikan jambal masak bumbu sambal asam adalah sajian yang enak dan segar.

Betapa tidak, rasa gurih dari daging ikan jambal yang berpadu dengan aksen asam dan sedap bumbu rempah membuat hidangan ini benar-benar istimewa. Yuk, simak resep membuat ikan jambal masak bumbu sambal asam berikut ini.

ikan jambal roti sambal asam

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Jambal Masak Bumbu Sambal Asam yang Enak, Sedap dan Nikmat

4.8 187

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Jambal Masak Bumbu Sambal Asam yang Enak, Sedap dan Nikmat

Bahan dan Bumbu Ikan:

  • 100 gram ikan jambal asin
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 lembar daun salam
  • 4 sendok makan minyak goreng
  • 3 buah belimbing sayur, potong-potong

Bumbu Ikan yang Dihaluskan:

  • 8 buah cabai merah besar
  • 1 siung bawang putih
  • 5 buah cabai rawit
  • 6 butir bawang merah
  • 1 sendok teh terasi
  • 4 buah cabai merah keriting

Cara Membuat Ikan Jambal Masak Bumbu Sambal Asam yang Enak, Sedap dan Nikmat

Tips Bagaimana Memilih Ikan Jambal yang Berkualitas:

  1. Untuk yang pertama kita akan berikan terlebih dahulu tips bagaimana memilih ikan jambal dengan kualitas yang baik. Ikan jambal yang kualitasnya bagus akan membuat rasa masakan kali ini semakin sedap. Untuk itulah pilihlah ikan jambal yang dagingnya tebal dan terlihat masih segar.
  2. Selain itu, hindari ikan jambal yang mengandung pengawet berbahaya seperti formalin. Hal ini perlu sekali anda perhatikan, sebab saat ini tidak sedikit pedagang yang melakukan kecurangan dengan memberikan bahan kimia berbahaya pada produk dagangannya agar terlihat lebih menarik dengan menghalalkan segala cara. Untuk itu, pilihlah ikan asin yang berkualitas baik. Selain itu, untuk mengetahui apakah ikan asin yang anda beli mengandung formalin atau tidak, anda bisa melihat kondisi ikan asin apakah ikan dikerubuti dengan lalat atau tidak. Biasanya ikan yang dihinggapi atau dikerubuti oleh lalat adalah ikan asin yang tidak mengandung pengawet karena lalat suka bau amis dari ikan.
  3. Pilih juga ikan asin yang dagingnya masih terlihat segar, warnanya tidak pucat atau bahkan kehijauan. Ikan asin dengan kondisi ini bisa jadi mengindikasikan ikan sudah tak lagi layak untuk dikonsumsi.
  4. Nah, sekarang kita akan berlanjut pada bagaimana membersihkan ikan jambal. Untuk membersihkan ikan asin jambal, silahkan bersihkan ikan dengan air bersih dan basuh juga kotoran ikan secara merata.
  5. Setelah itu, potong-potong ikan dengan bentuk dan ukuran yang diinginkan sesuai dengan selera anda.
  6. Terakhir, untuk menghilangkan rasa asin yang begitu kuat pada daging ikan, maka silahkan rendam daging ikan yang telah dipotonng-potong dengan air hangat dan diamkan sementara.

Cara Membuat Ikan Jambal Bumbu Sambal Asam:

  1. Pertama, goreng terlebih dahulu ikan asin dengan minyak panas pada wajan. Silahkan goreng ikan hingga matang secara merata. Angkat ikan yang sudah matang dan sisihkan sementara.
  2. Setelah itu, panaskan kembali minyak dalam wajan dan tumis bumbu yang telah dihaluskan bersama dengan daun salam dan serai hingga tercium bau harum yang sedap.
  3. Kemudian masukkan belimbing sayur bersama dengan garam dan juga gula pasir. Aduk-aduk secara merata hingga bumbu ini menjadi lebih layu.
  4. Tambahkan sedikit air kedalamnya, masak hingga mendidih dan masukkan ikan jambal yang sudah digoreng. Aduk-aduk merata dan masak hingga bumbu meresap pada ikan secara merata.

Sajikan ikan jambal bumbu masak sambal asam ini untuk keluarga dirumah dan nikmati bersama dengan nasi hangat.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons