Resep dan Cara Membuat Ikan Haruan Panggang Saus Pedas

 

Masakan ikan panggang salah satu masakan yang banyak sekali peminatnya terlebih bagi anda penikmat kuliner, seperti membuat ikan haruan panggang saus pedas.

Aneka masakan ikan menjadi sangat popular karena selalu menampilkan masakan yang sangat beraneka ragam, baik dari cara pengolahan hingga rasa dan juga bahan dasar yang digunakan serta bumbu rempah yang mampu menunjang sebuah masakan menjadi sangat istimewa. Karena itu tidak heran jika masakan ikan panggang menjadi sangat popular karena biasanya masakan ikan panggang dibuat secara bersama-sama baik bersama dengan keluarga ataupun dengan kerabat dekat anda seperti tetangga ataupun teman main anda. Karena itu tidak heran juga membuatmasakan ikan panggang hamper semuanya terlibat dalam pembuatanya, dan salah satu masakan yang menciptakan keharmonisan baik bersama dengan keluarga ataupun kerabat.

Namun pernahkan anda mencoba membuat masakan ikan panggang sengan bahan dasar ikan haruan atau biasa disebut dengan ikan gabus. Ikan yang tebal dagingnya serta sangat enak dan lezat dan juga gurih kala dimasak. Baiklah kami akan coba membuat ikan haruan panggang saus pedas. Berikut ini langkah-langkahnya dibawah ini

resep ikan haruan panggang

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Haruan Panggang Saus Pedas

4.9 254

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Haruan Panggang Saus Pedas

Bahan Utama

  • 4 ekor ikan haruan/ikan gabus
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  • 8 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit bakar

Bahan Untuk Saus

  • 6 buah cabai merah
  • 10 buah bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt terasi, goreng
  • 2 buah tomat merah
  • 1 1/2 sdt gula pasir
  • 1 1/4 sdt garam

Cara Membuat Ikan Haruan Panggang Saus Pedas

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah ikan dibersihkan, kemudian belah bagian perutnya lalu buang bagian isi perutnya, untuk kepalanya buang saja. Cuci hingga bersih.
  2. Selanjutnya siapkan wajan kemudian isi minyak sekitar 1 sendok makan lalu panaskan setelah itu tmis bahan bumbu halus hingga harum, matang angkat.
  3. Tumisan tersebut sirambkan pada ikan haruan /ikan gabus, aduk merata.
  4. Selanjutnya siapkan bara api dan juga alat pemnggang, kemudian panggang ikan sesekali dibolak balikan, dan sekali-kali olesi dengan sisa bumbu tumisan. Bakar hingga matang.
  5. Membuat Saus, yang pertama adalah menghaluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, terasi dan juga tomat.
  6. Selanjutnya panaskan kembali minyak goreng, lalu bahan saus tersebut ditumis hingga harum, beri garam dan juga gula pasir, masak hingga kental.
  7. Sajikan ikan harian panggang bersama dengan sausnya. Siap disantap.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Ikan Haruan Panggang Saus Pedas yang bisa anda coba buat sendiri ataupun bersama dengan keluarga ataupun kerab anda. Untuk ikan haruan ini banyak sekali anda temukan dan biasanya banyak tersedia dipasar tradisional dan juga supermarket. Makan bersama-sama tentunya mejalin keluarga yang harmonis dengan membuat ikan haruan panggang ditambah dengan sausnya yang pedas membuat lidah anda akan dimanjakan dengan citara yang enak dan lezat. Dengan mengetahui resep ikan harian panggang saus pedas ini tentunya bertambah koleksi menu makan harian keluarga anda, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Ikan Haruan Panggang Saus Pedas kepada semua keluarga tercinta anda ataupun kerabat anda dimanapun berada, dan jangan lupa untuk memberikan komentar pada kolom dibawah ini, terima kasih.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons