Resep dan Cara Membuat Ikan Haruan Masak Habang Khas Banjarmasin

 

Anda ingin tahu salah satu masakan khas dari Banjarmasin yaitu ikan haruan masak habang enak dan lezat membuat anda akan merasa ketagihan.

Indonesia kaya akan aneka masakan, hamper masing-masing diwilayah nusantara ini memiliki masakan khas salah satunya adalah Banjarmasin yang menampilkan ikan haruan masak habang. Ikan haruan ini juga salah satu ikan yang sangat favorit di wilayah Banjarmasin sehingga tidak heran banyak yang selalu memasak ikan haruan ini. Ikan haruan atau yang biasa disebut ikan gabus ini salah satu ikan yang hidup di air tawar. Ikan yang memiliki ukura tbuhnya sedang ini sangat gurih dan enak kala dimasak. Adapaun kandungan pada ikan haruan atau ikan gabus ini terdapat protein yang tinggi yang sangat baik untuk pertumbuhan serta perkembangan sang anak selain itu juga baik untuk otak sang anak. Kandungan lainya tentunya seperti omega 3, vitamin, klium dll. Menarik bukan, bagaiman jika anda mencoba membuat sendiri dirumah, tanap harus pergi ke Banjarmasin, karena itu kami akan coba hadirkan resep sert cara membuatnya, yuk kta simak dibawah ini  Resep dan Cara Membuat Ikan Haruan Masak Habang Khas Banjarmasin

resep ikan haruan masak habang

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Haruan Masak Habang Khas Banjarmasin

Review

4.8 review 250

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Haruan Masak Habang Khas Banjarmasin

Bahan dan Bumbu

  • 1 ekor ikan haruan/ikan gabus
  • 1 potong ayam (sesuai selera0
  • 5 butir telur ayam rebus
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok teh gula
  • 10 buah cabai merah keriting kering
  • 1 sendok makan air asam jawa
  • 1 Liter air putih

Bahan bumbu Halus

  • 3 siung bawang putih
  • 8 buah bawang merah
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kencur

Cara Membuat Ikan Haruan Masak Habang Khas Banjarmasin

Cara Memasak

  1. Pertama-tama adalah membersihkan ikan haruan dengan cara membuang bagian dalam isi perutnya, lalu potong sesuai selera,kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu lumuri dengan air asam jawa dan juga garam, diamkan sekitar 10 menit.
  2. Selanjutnya panaskan minyak goreng, lalu goreng ikan hingga matang, angkat dan tiriskan.
  3. Selanjutnya adalah merebus cabai merah rawit hingga lembek setelah itu haluskan menggunakan blender.
  4. Kemudian siapkan wajan lalu isi minyak goreng sekitar 3 sendok makan kemudian panaskan, lalu tumis bahan bumbu halus sampai harum, lalu masukan cabai merah yang dihaluskan.
  5. Setelah itu masukan daging ayam, kemudian telur disusul dengan ikan, aduk merata, masak hingga mengental bumbunya, setelah itu masukan air dan juga sisa bumbu. Masak hinggga kuahnya menyusut. Matang
  6. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Ikan Haruan Masak Habang Khas Banjarmasin yang bisa anda buat sendiri dirumah. Ikan haruan masak habang khas Banjarmasin ini sangat udah dan sederhana dalam pembuatannya,sehingga bisa anda hidangkan ditengah-tengah keluarga tercinta anda. Ikan haruan masak habang ini sanagat cocok apabila disantap bersama dengan nasi putih hangat. Dengan mengetahui resep dan cara membuat ikan haruan masak habang khas Banjarmasin ini tetunya membuat koleksi menu makan harian anda akan bertambah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa untuk share ya Resep dan Cara Membuat Ikan Haruan Masak Habang Khas Banjarmasinkepada semua keluarga dan juga kerabat tercinta anda, dan jangan lupa juga untuk memberikan komentar pada kolom dibawah ini, terima kasih.

Loading...

 

Resep Ikan Bakar Resep Ikan Kakap pantangan bagi ibu hamil Resep Ikan tuna
Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Enak

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Selera Anda

Resep Ikan Bakar

Resep Ikan Bakar Khas Sunda, Enak & Lezat

Resep Ikan Kakap

Resep Ikan Kakap Beragam Pilihan, Mudah & Praktis

Resep Gulai Ikan

Resep Gulai Ikan Sederhana Namun Tetap Lezat

Resep Ikan Tuna

Resep Ikan Tuna Berbagai Pilihan Cocok Selera Anda