Resep dan Cara Membuat Ikan Haruan Goreng Sambal Pencit Pedas

 

Ikan haruan pencit atau biasa yang disebut dengan pencok ini salah satu menu andalan kami, yuk simak resep dan cara membuat ikan haruan goreng sambal pencit pedas.

Membuat masakan ikan salah satu hal yang paling penting dalam keluarga, karena dengan memasak ikan tentunya membuat kebutuhan gizi serta nutrisi keluarga anda terpenuhi. Ikan ini juga sangat baik dikonsumsi bagi anak-anak karena banyakkandungan proteinnya yang manfaatnya bisa untuk pertumbuhan serta perkembangan dan juga untuk mencerdaskan otak. Banyak sekali aneka masakan ikan yang tersaji seperti ikan air laut ataupun ikan air tawar. Untuk kali ini kami akan coba hadirkan masakan ikan air tawar yaitu ikan haruan atau biasa disebut dengan ikan gabus. Ikan haruan ikan yang memiliki dagingnya yang tebal dan sangat empuk dam lezat kala dimasak.

Nah, kali ini kami akan mencoba membuat masakan ikan haruan dengan citarasa yang pedas, hmmm tentunya sangat cocok bagi anda yang gemar dengan masakan pedas. Ikan aruan goreng sambal pencit pedas ini apabila anda mencobanya sekali saja membuat anda akan merasa ketagihan. Baiklah tanpa berlama-lama lagi berikut ini kami hadirkan resep dan cara membuat ikan haruan goreng sambal pencit pedas, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini

ikan haruan pecit pedas

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Haruan Goreng Sambal Pencit Pedas

4.8 232

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Haruan Goreng Sambal Pencit Pedas

Bahan dan Bumbu

  • 500 gram ikan haruan
  • 3 siung bawang putih
  • 2 ruas jari kunyit
  • 2 sendok teh ketumbar
  • garam secukupnya
  • 1 sendok makan air jeruk nipis

Bahan Sambal Pencit

  • 1 buah mangga muda
  • 20 buah cabai rawit merah
  • 1 buah tomat merah
  • 1 siung bawang putih
  • gula secukupnya
  • garam secukupnya

Cara Membuat Ikan Haruan Goreng Sambal Pencit Pedas

Cara memasak

  1. Yang pertama dilakukan adalah membersihkan ikan terlebih dahulu seperti buang bagian dalam isi perutnya, buang bagian insang serta kepalanya, cuci hingga bersih. Lalu lumuri dengan perasan air jeruk nipis, diamkan sekitar 10 menit.
  2. Selanjutnya siapkan bahan berupa bawang putih, ketumbar, kunyit serta garam haluskan menggunakan ulekan, kemudian masukan pada ikan, aduk merata.
  3. Setelah itu siapkan wajan lalu beri minyak goreng banyak, setelah panas goreng ikan sampai kering dan matang.
  4. Setelah itu buat sambal, siapkan ulekan kemudian haluskan cabai rawit, bawang putih, gula dan juga tomat.
  5. Kemudian untuk mangga mudanya dicacah saja kecil kecil lalu campurkan dalam ulekan, aduk rata.
  6. Siap disajikan bersama sambal Pencit.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Ikan Haruan Goreng Sambal Pencit Pedas yang bisa anda coba buat dirumah. Untuk bahan dalam pembuatannya tentunya banyak tersedia disekeliling anda, terlebih untuk ikan haruan ini banyak ditemukan di pasartradisional ataupun di supermarket. Ikan haruan goreng sambal pencit pedas ini sangat cocok dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat dan juga lalapan. Dengan mengetahui masakan ikan haruan goreng sambal pencit pedas ini tentunya akan menamba koleksi didalam menu makan harian anda, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Ikan Haruan Goreng Sambal Pencit Pedas pada semua teman serta keluarga tercinta anda dimanapun berada, dan jangan lupa juga untuk memberikan komentar apada kolom dibawah ini, terima kasih.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons