Resep dan Cara Membuat Ikan Gabus Bumbu Sambal Goreng Terasi yang Asli Enak dan Sederhana

Sajian ikan gabus bumbu sambal goreng terasi adalah salah satu menu hidangan yang special.

Sajian ini bisa anda buat dirumah dengan mudah dan sederhana. Sehingga demikian anda akan bisa menyajikan sajian ini untuk keluarga dirumah dengan mudah. Yuk, kita simak resepnya berikut ini.

ikan gabus sambal terasi

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Gabus Bumbu Sambal Goreng Terasi yang Asli Enak dan Sederhana

4.7 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Gabus Bumbu Sambal Goreng Terasi yang Asli Enak dan Sederhana

Bahan Utama Ikan:

  • 1 kg ikan gabus
  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula merah
  • 4 lbr daun jeruk
  • Secukupnya air

Bumbu Ikan yang Dihaluskan:

  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt terasi udang
  • 3 buah tomat matang, rebus
  • 5 buah cabai rawti
  • 2 buah cabai merah, rebus
  • 15 buah cabai merah keriting, rebus

Cara Membuat Ikan Gabus Bumbu Sambal Goreng Terasi yang Asli Enak dan Sederhana

Cara Mempersiapkan Ikan Gabus:

  1. Pertama, silahka bawa ikan gabus segar yang anda beli dari pasar ke tempat cucian. Sebaiknya gunakan air yang mengalir dari keran agar anda bisa lebih mudah membersihkan ikan dan kotoran dari ika tidak berlama-lama mengotori tangan anda.
  2. Untuk membersihkan ikan gabus, kita bersihkan bagian lendir yang ada dibagian permukaan tubuh ikan. Nah, untuk membersihkan bagian ini anda bisa melakukannya dengan cara gunakan abus gosok untuk dilumurkan pada tubuh ikan dan gosok-gosok secara merata sampai ikan kesat dan tidak berlendi lagi.
  3. Setelah berhasil membersihkan bagian lendir ikan, selanjutnya kita akan buang moncong yang ada pada mulut ikan, sebab bagian ini tidak akan kita gunakan. Untuk memotong bagian moncong ini anda bisa melakukannya dengan cara, gunakan pisau untuk memotong moncong ikan dan cuci kembali bagian moncong ini dengan air bersih.
  4. Lalu bersihkan pula bagian perut ikan dengan mengeluarkan bagian jeroan ikan. Caranya, gunakan pisau untuk membelah perut ikan dan keluarkan jeroannya dengan menggunakan tangan hingga bersih secara merata.
  5. Lalu lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan juga garam agar bau amis pada ikan bisa dihilangkan dan daging ikan memiliki rasa sewaktu dimasak agar tidak hambar. Setelah dilumuri dengan bumbu, sebaiknya diamkan terlebih dahulu sebelum kita masak bumbunya.

Cara Membuat Ikan Gabus Sambal Terasi:

  1. Setelah ikan dilumuri dengan bumbu, silahkan siapkan wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya. Lalu tunggu hingga minyak panas secara merata.
  2. Jika minyak sudah panas, silahkan goreng ikan kedalamnya hingga ikan matang dan berwarna kekuningan secara merata. Angkat ikan jika sudah matang dan sisihkan ikan sementara.
  3. Sementara itu, tumis bumbu yang telah dihaluskan dalam wajan yang telah diberikan sedikit minyak dan tumis hingga tercium bau harum yang sedap dan nikmat.
  4. Tambahkan air kedalamnya bersama dengan garam, gula merah dan daun jeruk kedalam rumisan. Lalu aduk-aduk secara merata sampai bumbu ini tercampur.
  5. Setelah bumbu tercampur, masukkan ikan gabus kedalamnya dan aduk-aduk hingga merata. Masak ikan hingga bumbunya meresap dan lebih mengental.

Setelah itu, angkat ikan dan masukkan ikan kedalam wadah atau mangkuk saji. Hidangan ini akan terasa lebih nikmat dan lezat jika disantap dengan nasi hangat yang pulen dan bertemankan dengan lauk pauk lainnya. Demikian resep membuat ikan gabus sambal terasi yang enak dan nikmat.

Jangan lupa share resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula opini anda dikolom komentar dibawah ini!

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons