Resep dan Cara Membuat Ikan Gabus Bumbu Asam Pedas yang Enak dan Lezat

Enak dan lezat, itulah dia beberapa ungkapan yang cocok menggambarkan betapa nikmat dan lezatnya sajian ini.

Ikan gabus asam pedas adalah sajian ikan gabus yang dipadu dengan bumbu dan rempah yang sederhana namun bisa menghasilkan rasa yang luar biasa. Yuk, kita simak resep ikan gabus bumbu asam pedas berikut ini.

ikan gabus asam pedas

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Gabus Bumbu Asam Pedas yang Enak dan Lezat

4.8 97

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Gabus Bumbu Asam Pedas yang Enak dan Lezat

Bahan Utama Ikan Gabus:

  • 2 ekor daging ikan gabus
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm air jeruk nipis

Bahan dan Bumbu Ikan Gabus:

  • 1 lbr daun kunyit
  • 4 lbr daun jeruk
  • 2 btg serai, memarkan
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 8 buah tomat sayur
  • 2 buah asam kandis
  • 2 sdm minyak goreng
  • 500 ml air

Bumbu Ikan yang Dihaluskan:

  • 12 siung bawang merah
  • 100 gr cabai merah giling
  • 5 siung bawang putih

Cara Membuat Ikan Gabus Bumbu Asam Pedas yang Enak dan Lezat

Cara Membersihkan Ikan Gabus Sebelum Dimasak:

  1. Pertama, bersihkan ikan gabus segar yang sudah anda beli dengan menggunakan air bersih yang mengalir agar anda bisa lebih mudah membersihkan ikan. Silahkan bersihkan terlebih dahulu bagian ikan hingga merata.
  2. Setelah itu, kita akan bersihkan bagian lendir yang menempel pada bagian permukaan tubuh ikan. Caranya, anda bisa menggunakan abu gosok atau dibersihkan dengan menggunakan sponge agar lendir ini bisa dibersihkan secara merata. Silahkan bersihkan hingga kesat.
  3. Selanjutnya, bersihkan juga bagian moncong ikan. Caranya, potong bagian moncong ikan dengan menggunakan pisau dapur yang tajam agar moncong ini lebih mudah dipotong secara merata.
  4. Kemudian bersihkan pula bagian dalam perut ikan. Caranya, gunakan pisau dapur untuk membelah bagian perut ikan gabus dibagian bawah, lalu jika perut ikan sudah berhasil terbelah, silahkan jangkan bagian perut ikan dan bersihka jeroan ikan secara merata hingga dipastikan tidak ada bagian jeroan ikan yang masih tersisa dibagian dalam. Setelah itu, bersihkan kembali bagian ini dengan air bersih secara merata.
  5. Lalu silahkan potong-potong ikan gabus sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Disini saya memotongnya sebanyak 2-3 potong dalam satu ekor ikan.
  6. Setelah selesai, silahkan lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada ikan secara merata. Silahkan diamkan ikan selama kurang lebih 10 menit.

Cara Membuat Ikan Gabus Asam Pedas:

  1. Panaskan minyak goreng dalam wajan dan tunggu hingga minyak panas secara merata.
  2. Setelah minyak panas, silahkan goreng ikan gabus yang sudah didiamkan dengan bumbu tadi. Goreng ikan hingga matang dan berwarna kecoklatan secara merata. Setelah ikan matang, angkat ikan dan sisihkan sementara.
  3. Selanjutnya, panaskan minyak dalam wajan baru sedikit bagian saja dan tumis bumbu halus hingga tercium bau harum yang sedap dan nimat.
  4. Masukkan daun kunyit bersama dengan lengkuas, jahe, daun jeruk, asam kandis dan air dan didihkan bumbu ini secara merata.
  5. Masukkan ikan gabus yang telah digoreng dan masak dengan bumbu hingga meresap dan kuah menjadi lebih mengental secara merata.
  6. Menjelang diangkat silahkan masukkan tomat sayur kedalamnya dan masak sebentar sampai tomat layu dan matang secara merata.

Setelah ikan matang, silahkan angkat ikan dari kompor dan sajikan ikan dalam piring saji. Hidangan ini akan siap untuk dihidangkan bersama dengan nasi hangat yang lezat dan nikmat.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.  

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons