Resep dan Cara Membuat Ikan Gabus Bakar Bumbu Sambal Kecap Manis yang Enak dan Gurih

Hidangan ikan gabus bakar bumbu sambal kecap adalah menu ikan gabus yang lezat.

Meskipun hidangan ini dibuat dengan bumbu yang sederhana, namun urusan rasa jangan lagi diragukan. Rasa lezat dari daging ikan dan aroma menggoda dari sensasi ikan bakar akan membuat rasa lapar semakin tergugah. Ingin tahu seperti apa resep membuat ikan gabus bakar bumbu sambal kecap? Yuk, kita simak resep berikut ini.

ikan gabus bakar kecap

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Gabus Bakar Bumbu Sambal Kecap Manis yang Enak dan Gurih

4.6 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Gabus Bakar Bumbu Sambal Kecap Manis yang Enak dan Gurih

Bahan Utama Ikan:

  • 2 ekor ikan gabus segar
  • 2 sdm air jeruk napas
  • 1/2 sdt garam

Bahan dan Bumbu Halus Ikan:

  • 2 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 cm jahe
  • 5 butir cabai rawit
  • 5 sdm kecap manis

Bahan Sambal Kecap:

  • 6 sdm kecap manis
  • 1 ruas jahe
  • 1 siung bawang putih
  • 10 buir cabai rawit

Bahan Pelengkap Ikan:

  • Lalapan
  • Sambal Kecap
  • Kerupuk
  • Nasi hangat

Cara Membuat Ikan Gabus Bakar Bumbu Sambal Kecap Manis yang Enak dan Gurih

Cara Membersihkan Ikan Gabus Sebelum Diolah dan Dimasak:

  1. Hal pertama akan kita lakukan dengan terlebih dahulu membersihkan ikan gabus yang sudah dibeli dari pasar ke tempat cucian untuk kemudian akan kita bersihkan dan cuci. Ditempat cucian, ikan gabus akan kita bersihkan dan buang bagian yang tidak akan kita gunakannya, yang terlebih dahulu akan kita bersihkan adalah bagian lendir pada tubuh ikan. Caranya, silahkan gunakan abu gosok untuk membersihkan bagian lendir dan gosok-gosokkan hingga badan ikan menjadi lebih bersih dan kesat secara merata. Setelah itu, untuk membersihkan kotoran dari abu gosok ini, maka anda bisa membersihkannya dengan dibilas air bersih.
  2. Setelah itu, bersihkan pula bagian sisik pada tubuh ikan. Caranya, kerik sisik ikan dengan menggunakan pisau dan bersihkan dengan air bersih.
  3. Kemudian bersihkan pula bagian moncong ikan, dengan cara buang moncong ikan dengan dipotong menggunakan pisau karena bagian ini tidak akan kita gunakan.
  4. Selanjutnya, belah bagian perut ikan dengan menggunakan pisau dan gunakan tangan untuk mengeluarkan bagian dalam perut ikan. Pastikan jika anda membersihkannya secara merata dan bagian dalam perut ikan dibersihkan keselurhan. Untuk itu, setelah bagian dalam perut ikan dibersihkan, silahkan bilas kembali dengan menggunakan air bersih agar bersih merata.
  5. Terakhir kerat bagian tubuh ikan agar bumbu bisa meresap pada daging ikan secara merata. Lalu lumuri ikan dengan air jeruk dan sedikit taburan garam untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada ikan. Setelah itu, diamkan sementara selama kurang lebih 10 menit.

Cara Membuat Ikan Gabus Bakar:

  1. Pertama, kita akan melakukannya dengan membasuh ikan gabus yang sudah direndam dengan bumbu jeruk nipis dan garam. Hal ini difungsikan untuk menghilangkan kelebihan garam yang dikhawatirkan akan mempengaruhi rasa asi pada masakan. Untuk itu, bilas ikan dengan air terlebih dahulu.
  2. Selesa dibasuh, silahkan haluskan bumbu yang harus dihaluskan dengan menggunakan ulekan. Terkecuali margarin, jangan terlebih dahulu mencampur margarin dengan bumbu halus. Setelah bumbu halus selesai dibuat, silahkan balurkan bumbu ini pada bagian tubuh ikan secara merata secara keseluruhan. Lalu campurkan margarin pada sebagian sisa bumbu halus. Letakkan bumbu ini pada wadah kecil dan campurkan merata. Siapkan panggangan dan panggang ikan hingga matang secara merata dan matang. Jangan lupa untuk membulak-balik ikan dan mengolesinya dengan sisa bumbu ini. Setelah ikan matang, angkat ikan dan sisihkan dalam wadah sementara sebelum kita akan buat bumbu sambal kecapnya. Untuk membuat bumbu sambal kecap, silahkn campur semua bumbu sambal dan ulek hingga halus, lalu sajikan dengan ikan.

Hidangkan sajian ini dengan ikan bakar yang sudah kita buat sebelumnya. Anda bisa menyirami bumbu ini dibagian atasnya atau disajikan secara terpisah.

Jangan lupa share resep ini dan berikan kometar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons