Resep dan Cara Membuat Ikan Ekor Kuning Goreng Sambal Kecap Jahe Yang Mudah dan Sederhana

Saatnya mencoba masakan yang sederhana, dengan membuat goreng ikan ekor kuning yang lezat dan enak.

Ikan laut ataupun ikan air tawar banyak yang bisa dikonsumsi, adapula yang tidak bisa. Contoh yang umum dikonsumsi dari ikan air laut adalah ikan tuna, ikan tongkol, ikan pari dll, untuk ikan air tawar seperti ikan mas, ikan lele, ikan mujair, ikan patin dll. Untuk ikan yang tidak bisa dikonsumsi merupakan ikan yang mungkin dalam kandungannya ada beberapa kandungan yang beracun, ataupun biasanya ikan yang sangat langka sehingga dilindungi dan tidak bisa ditangkap dengan sengaja seperti ikan lumba-lumba.

Untuk ikan laut banyak sekali jenis ikan yang bisa dikonsumsi seperti yang disebutkan tadi dan juga ikan ekor kuning. Ikan ekor kuning yang memiliki ciri khas dengan memiliki ekor yang warnanya garis kuning sehingga dinamakan ikan ekor kuning. Ikan ekor kuning sama halnya dengan ikan air laut lainnya, yaitu memiliki kandungan protein yang tinggi selain itu juga da kandungan lainnya berupa kandungan omega 3, vitamin dll.

Nah, kali ini kami akan mencoba membuat masakan yang sederhana dengan bahan dasar ikan ekor kuning yaitu ikan oker kuning goreng yang berbeda dengan memberuikan beberapa bumbu rempahan namun tetap memiliki rasa yang enak. Baklah, berikut ini Resep dan Cara Membuat Ikan Ekor Kuning Goreng Sambal Kecap Jahe Yang Mudah dan Sederhana, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

membuat ikan ekor kuning goreng

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Ekor Kuning Goreng Sambal Kecap Jahe Yang Mudah dan Sederhana

4.9 179

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Ekor Kuning Goreng Sambal Kecap Jahe Yang Mudah dan Sederhana

Bahan Utama

  • 1 ekor Ikan ekor kuning
  • 1 buah jeruk nipis (ambil airnya)
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Halus

  • ½ sendok teh ketumbar,
  • 2 siung bawang putih,
  • garam,
  • 1 cm jahe, dan
  • 1m kunyit

Bahan Sambal

  • 1 sendok makan Kecap manis
  • 1 siung bawang putih, diiris
  • 1 buah cabe merah, diiris
  • 5 buah cabe rawit, diiris
  • 1 cm jahe, di iris
  • ½ buah jeruk limo (ambil airnya)

Cara Membuat Ikan Ekor Kuning Goreng Sambal Kecap Jahe Yang Mudah dan Sederhana

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah membersihkan ikan, dengan membuang sisiknya serta buang juga bagian isi perutnya, kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu lumuri dengan jeruk nipis, diamkan sekitar 10 menit.
  2. Selanjutnya adalah campurkan semua bahan halus pada ikan yang sudah ada di wadah, aduk hingga merata, untuk lebih enak dan segar simpan pada kulkas, sekitar 15 menit
  3. Setelah itu panaskan minyak goreng, kemudian goreng ikan ekor kuning yang sudah dibumbui, masak hingga kering dan matang. Angkat dan sisihkan.
  4. Selanjutnya adalah membuat sambalnya, untuk semua bahan diiris, kemudian simpan dalam satu wadah, setelah itu beri perasan air jeruk limo.
  5. Ikan ekor kuning siap disajikan bersama sambal kecap jahe.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Ikan Ekor Kuning Goreng Sambal Kecap Jahe Yang Mudah dan Sederhana yang bisa anda coba dirumah. Bahan yang bisa anda temukan di pasar tradisional ataupun di supermarket sehingga memudahkan anda untuk membuat masakan ikan goreng ikan ekor kuning. Kelezatan dari ikan ekor kuning goreng ini akan terasa apabila dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat kemudian dengan sambal kecap jahe, membuat anda akan merasa ketagihan setelah menyantapnya. Dengan membuat ikan ekor kuning goreng yang sederhana ini tentunya bisa anda aplikasikan di dalam menu makan harian anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Ikan Ekor Kuning Goreng Sambal Kecap Jahe Yang Mudah dan Sederhana kepada semua teman serta kerabat tercinta anda, dan jangan lupa untuk memberikan kmentar pada kolom dibawah ini, terima kasih.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons