Resep dan Cara Membuat Ikan Ekor Kuning Bakar Bumbu Daun Mangkok

Salah satu hidangan masakan yang paling banyak digemarai oleh para penikmat kuliner adalah ikan bakar?

Bangga akan bangsa sendiri adalah sesuatu yang sangat berharga, bagaimana tidak? Indonesia dengan berbagai macam suku bangsa yang disertai memiliki beberapa pulau sehingga mampu menghasilkan sesuatu yang sangat dikagumi. Indonesia memiliki hasil laut yang luar biasa dan sangat beragam. Seperti kita ketahui Laut di Nusantara ini banyak menghasilkan ikan-ikan yang sangat unik dan lucu, dan juga banyak ikan yang mampu dikonsumsi, seperti ikan, kerang, lalu udang dan masih banyak lagi jenis ikan laut yang sangat berguna.

Berbicara tentang ikan, salah satu sajian masakan yang banyak diminati oleh para penggemar kuliner, salah satunya ikan ekor kuning. Ikan ekor kuning ini memiliki tekstur dagingnya yang lembut sehingga sangat cocok dimasak dengan cara dibakar. Namun kami akan memberikan tips bagaimana cara memilih ikan ekor kuning segar yaitu dengan dagingnya yang lembek apabila ditekan, kemudian insangnya merah. Baiklah penasaran bagaimana Resep dan Cara Membuat Ikan Ekor Kuning Bakar Bumbu Daun Mangkok, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

resep ikan ekor kuing bumbu mangkokan

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Ekor Kuning Bakar Bumbu Daun Mangkok

4.9 213

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Ekor Kuning Bakar Bumbu Daun Mangkok

Bahan dan Bumbu

  • 4 ikan ekor kuning segar
  • 2 sdt jeruk nipis
  • 1 batang serai, dimemarkan
  • 2 lembar daun mangkokan, diiris tipis dan halus
  • 1 1/2 sdt gula merah, disisir
  • 250 santan
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  • 10 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 4 cm kunyit, bakar
  • 3 butir kemiri, sangrai

Cara Membuat Ikan Ekor Kuning Bakar Bumbu Daun Mangkok

Cara Memasak

  1. Sebelum memulai masakan tentunya, ikan ekor kuning dibersihkan terlebih dahulu, buang bagian isi perutnya, lalu cuci hingga bersih, setelah itu lumuri dengan perasan daun jeruk dan juga garam scukupnya. diamkan sekitar 10 menit, sisihkan.
  2. Selanjutnya panaskan minyak goreng, kemudian tumis bahan bumbu halus, lalu tambahkan serai serta daun jeruk, masak hingga harum.
  3. Setelah itu masukan garam secukupnya serta gula pasir, aduk hingga merata.
  4. Selanjutnya tuang santan, masak hingga mendidih dan mengental, angkat.
  5. Setelah itu lumuri ikan ekor kuning dengan bahan tumisan tersebut, lalu diamkan sekitar 30 menit agar bumbu meresap.
  6. Selanjutnya siapkan panggangan, lalu bakar ikan ekor kuning, bolak balik sambil di olesi dengan bumbu tersebut. Matang.
  7. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Ikan Ekor Kuning Bakar Bumbu Daun Mangkok. Bahan yang mudah ditemukan serta cara pengolahan yang sederhana. Untuk anda yang ingin memasak ikan ekor kuning, tidak perlu takut, ikan ekor kuning banyak tersedia di pasar tradisional serta di supermarket, untuk harga memang ikan ekor kuning ini cukup lumayan. Namun yang terpenting adalah kandungan pada ikan ekor kuning adalah baik bagi kesehatan tubuh. Bagi anda ynag ingin makan ekor kuning bakar bumbu daun mangkok ada baiknya disajikan bersama dengan nasi putih hangat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Ikan Ekor Kuning Bakar Bumbu Daun Mangkok kepada semua para pecinta kuliner selerasa.com dimanapun berada, dan jangan lupa juga untuk memberikan komentar pada kolom yang sudah kami sediakan dibawah ini, terima kasih

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons