Resep dan Cara Membuat Masakan Tumis Ikan Bilis yang Sederhana dan Lezat

Pernahkah anda memnncoba masakan tumis ikan bilis? Lezat dan enak akan mewarnai masakan ini.

Aneka varian masakan ikan memang banyak sekali jenis dan ragammnya, baik masakan dari bahan dasar ikan laut ataupun ikan air tawar. Ikan memang salah satu sajian juga yang mnenjadi favorit karena dengan mengkonsumsi ikan ini sangat baik bagi kesehatan. Terlebih bagi sang anak kandungan pada ikan beruypa protein yang fungsinya baik bagi pertumbuhan serta perkembangan serta kecerdasan sang anak. Adapun kandungan lainnya yaitu kalsium, kalium, vitamin dll. Ikan yang akan kami coba hadirkan adalah ikan bilis. Ikan bilis salah satu ikan dengan jenis kategoti ikan yang kecil dengan memiliki warnanya yang putih, dan banyak ditemukan di sungai-sungai, dirawa dan juga di danau.

Namun untuk anda yang ingin membuat masakan dari bahan dasar kan bilis, tidak perlu khawatir karena ikan bilis ini banyak ditemuykan di pasar tradisional. Namun dalam pengolahan ikan tentunya sangat perlu dipoerhatikan kesegarannya Karen dapat berpengaruh rterhadap kelezatan masakan itu sendiri. Baiklah, berikut ini resep dan cara membuat masakan tumis ikan bilis yang sederhana dan lezat, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

resep tumis ikan bilis

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Tumis Ikan Bilis yang Sederhana dan Lezat

4.8 243

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Tumis Ikan Bilis yang Sederhana dan Lezat

Bahan dan Bumbu

  • 130 gram ikan bilis segar
  • 8 siaung bawang merah, diiris-iris
  • 1 sendok makan bawang putih halus
  • 3 buah cabai hijau, diiris serong
  • 5 buah cabai merah, diiris serong
  • 1 cm lengkuas, diiris-iris
  • 1 lembar daun salam
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sdt gula pasir
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Masakan Tumis Ikan Bilis yang Sederhana dan Lezat

Cara memasak

  1. Ikan bilis terlebih dahulu siangi, kemudian cuci hingga bersih, (kalau saya buang bagian isi perutnya).
  2. Setelah itu siapkan wajan kemudian isi minyak goreng, pnaskan dengan menggunakan api sedang, lalu goreng hingga kering dan matang. Angkat dan sisihkan.
  3. Setelah itu siapkan kembali wajan lalu isi minyak goreng sekitar 2 sendok makan, lalu panaskan dengan menggunakan api kecil, kemudian tumis lengkuas, bawang merah serta bawang putih yang sudah dihaluskan, tumis hingga harum.
  4. Setelah itu masukan cabai merah serta cabai hijau yang sudah diiris-iris. Aduk-aduk, masak hingga matang.
  5. Setelah itu masukan ikan bilis yang sudah digoreng sebelumnya, kemudian aduk-aduk. Setelah itu tambahkan bumbu berupa gula pasir dan juga garam, aduk merata. Matang
  6. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Masakan Tumis Ikan Bilis yang Sederhana dan Lezat yang bisa anda coba buat sendiri dirumah. Bahan yang mudah ditemukan serta cara pengolahan yang sederhana ini sangat cocok bagi anda sebagai pemula. Tumis ikan bilis ini sangat lezat ka dikonsumsi bersama dengan nasi putih hangat ditabah dengan sambal terasi membuat makan anda akan berselara. Dengan mengetahui resep serta cara membuat tumis ikan bilis ini tentunya bertambah kembali koleksi didalam menu makan harian anda, semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Masakan Tumis Ikan Bilis yang Sederhana dan Lezat pada semua kerabat serta keluarga tercinta anda dimanapun berada, dan jangan lupa juga untuk memberikan komentar pada kolom yang sudah kami sediakan dibawah ini, terima kasih.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons