Resep dan Cara Membuat Ikan Belanak Masak Balado Yang Pedas

Masakan balado identik dengan rasa yang pedas, nah bagaimana jika membuat balado dengan bahan dasar ikan belanak?

Masakan ikan memang banyak sekali jenis serta cara penyajiannya, salahsatunya dimasak dengan cara digoreng dimana masakan ini sangat sederhana dari segi bumbu dan cara pengolahannya, adapula ikan dimasak dengan cara di pepes, kemudian dibuat bumbu balado. Dengan banyaknya aneka masakan membuat para pecinta kuliner sangat dimanjakan dengan beberapa cita rasa dari olahan ikan ini. Namun bukan sekedar rasa saja yang terkandung pada ikan, ada banyak manfaat serta kandungan gizi dan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan. Salah satu kandungan yang terdapat pada ikan yang benar-benar baik dan tinggi yaitu protein, kemudian ada beberapa kandungan lainnya seperti kandungan omega 3, kalsium dll. Perlu kita ketahui ikan belanak ini banyak ditemukan di daerah tropis dan sub tropis dan ikan belanak hampir menyerupai bentuknya dengan ikan bandeng.

Namun pernahkah anda mendengar masakan ikan belanak masak balado! Bercitarasa lezat dan pedas tentunya ada pada masakan ikan belanak masak balado. Masakan balado ini juga tentunya sangat cocok bagi anda yang penggemar masakan pedas. Baiklah berikut ini resep serta cara membuat ikan belanak masak balado yang pedas, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

resep ikan belanak balado masak pedas

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan belanak Masak Balado Yang Pedas

4.9 326

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

10 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan belanak Masak Balado Yang Pedas

Bahan Utama

  • 10 ekor ikan belanak segar
  • 2 buah jeruk nipis (ambil airnya)
  • garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  • 10 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 2 buah bawang merah
  • 1 buah tomat merah
  • garam secukupnya

Cara Membuat Ikan belanak Masak Balado Yang Pedas

Cara memasak

  1. Ikan belanak terlebih dahulu dibersihkan, buang bagian isi dalam perutnya serta buang pula sisiknya dan insangnya, kemudian cuci hingga bersih. Kemudian lumuri dengan perasan air jeruk nipis dan juga garam ,aduk merata dan diamkan sekitar 20 menit.
  2. Kemudian siapkan wajan lalu beri minyak goreng yang banyak, panaskan menggunakan api sedang, setelah panas baru ikan belanak goreng hingga kering dan matang. Angkat dan tiriskan.
  3. Setelah itu iapkan kembali wajan beri minyak goreng sekitar 5 sendok makan, panaskan kemudian tumis bahan bumbu halus, lalu beri garam secukupnya, masak hingga harum.
  4. Siramkan pada ikan belanak yang sudah digoreng dan disimpan pada piring saji.
  5. Balado ikan belanak siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Ikan belanak Masak Balado Yang Pedas yang bisa anda coba buat sendiri dirumah. Untuk bahan ikan belanak ini anda bisa jumpai di pasar tradisional ataupun di supermarket. Ikan belanak masak balado yang pedas ini sangat cocok disantap selagi hangat, dengan ditambah nasi putih hangat pula membuat makan anda akan sangat berselera. Dengan mengetahui resep serta cara membuat ikan belanak masak balado yang pedas ini tentunya membuat koleksi masakan anda bertambah yang bisa anda aplikasikan sendiri dirumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa untuk membagikan Resep dan Cara Membuat Ikan belanak Masak Balado Yang Pedas kepada semua teman, kerabat serta saudara tercinta dimanapun berada, dan jangan lupa juga untuk memberikan komentar pada kolom yang sudah kami sediakan dibawah ini, terima kasih.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons