Resep dan Cara Membuat Ikan Belanak Kerutup Yang Enak

Pernahkah anda mencoba masakan ikan belanak kerutup, rasa yang enak dan lezat akan senantiasa menghiasi meja makan keluarga tercinta keluarga anda.

Mencoba varian masakan ikan memang akan selalu menampilkan yang berbeda mulai dari rasa serta tampilan dari menu masakan ikan tersebut. Pernahkah anda mendengar masakan ikan belanak kerutup? Ikan belanak kerutup adalah salah satu sajian hidangan yang memiliki aneka rasa yang lezat untuk anda sajikan di keluarga tercinta. Kenapa harus ikan belanak? Ikan belak salah satu ikan yang memiliki rasa yang enak lezat serta gurih kala dimasak. Selain bercitarasa yang sangat special ikan belanak juga kaya akan kandungan gizi serta nutris yang mampu memenuhi kebutuhan gizi keluarga anda. Kandungan pada ikan belanak berupa protein yang tinggi, kandungan omega 3, magnesium, kalsium dll.

Untuk itu ada baiknya anda sekarang mencoba resep yang akan akan kami coba berikan, sederhana dalam pengolahannya membuat anda akan merasakan sensasi dari ikan belanak kerutup ini. Inilah dia resep dan cara membuat ikan belanak kerutup yang enak, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

resep ikan belanak kerutup

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Belanak Kerutup Yang Enak

4.9 173

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Belanak Kerutup Yang Enak

Bahan dan Bumbu

  • 400 gram ikan belanak segar
  • 1 buah jeruk nipis (ambil airnya)
  • 2 buah tomat merah ukuran sedang
  • 1 batang daun bawang
  • 10 batang daun kemangi
  • 5 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • garam secukupnya
  • 1 sdm kecap ikan
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 buah cabai merah besar
  • Minyak goreng secukupnya
  • Daun pisang secukupnya

Cara Membuat Ikan Belanak Kerutup Yang Enak

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah ikan belanak dibersihkan, buang bagian isi perutnya, cuci hingga bersih, setelah itu lumuri dengan perasan air jeruk nipis, aduk merata dan diamkan sekitar 10 menit.
  2. Setelah itu siapkan ulekan untuk membuat bahan halus, berupa bawang merah, bawang putih, jahe serta garam.
  3. Kemudian untuk tomat merah dicincang kasar dan kemudian daun kemangi diiris tipis atau halus saja.
  4. Setelah itu semua bahan bumbu yang dihaluskan tadi dicampur dengan ikan belanak, aduk merata ditambah dengan lada bubuk dan juga kecap ikan kemudian beri pula tomat serta daun bawang dan daun kemangi, diamkan sekitar 30 menit.
  5. Setelah itu siapkan daun pisang, kemudian bungkus masing-masing ikan sematkan menggunakan tusukan gigi.
  6. Selanjutnya siapkan wajan kemudian beri minyak yang cukup, untuk menggoreng tiap bungkusan ikan belanak. Setelah panas masukan gulungan ikan tersebut, masak hingga kering. Matang
  7. Angkat dan siap disajikan.

Demikianlah Resep dan Cara Membuat Ikan Belanak Kerutup Yang Enak yang bisa anda coba buat sendiri dirumah. Bungkusan dari daun pisang ini membuat sensasi kelazatan yang membuat anda akan tergugah selera makan anda. Unik dengan ikan belanak terbungkus daun pisang kemudian langsung digoreng inilah yang menjadi cirri khas dari masakan ikan belanak kerutup. Ikan belanak kerutup akan sangat lezat disantap selagi hangat ditambah dengan nasi putih hangat membuat makan keluarga anda akan sangat istimewa. Dengan mengetahui resep serta cara membuat bikan belanak kerutup ini membuat koleksi makan keluarga anda bertambah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa untuk membagikan Resep dan Cara Membuat Ikan Belanak Kerutup Yang Enak kepada teman dan juga keluarga tercinta anda, dan jangan lupa untuk memberikan komentar dibawah ini, terima kasih.

Loading...

Ilham

Ilham

Author at Selerasa
Lulusan terbaik Sekolah Tinggi Bahasa Asing ini memiliki segudang pengalaman dalam dunia tulis menulis. Selain itu, pengalaman job training di bidang Food and Beverage Service semakin menambah keahlian penulis dalam bidang kuliner. Pengalaman di dunia sastra dan tata boga menjadikannya salah satu kontributor terbaik di selerasa.com.
Ilham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *