Resep dan Cara Membuat Ikan Bandeng Kuah Sederhana Bumbu Enak yang Mudah dan Praktis

Sajian ikan bandeng kuah sederhana adalah sajian yang enak.

Hidangan ini bisa dibuat dirumah dengan sederhana. Nah, agar tak lagi penasaran seperti apa resep ikan bandeng kuah sederhana yang enak, mari kita simak resepnya berikut ini.

ikan bandeng kuah

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Bandeng Kuah Sederhana Bumbu Enak yang Mudah dan Praktis

4.7 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Bandeng Kuah Sederhana Bumbu Enak yang Mudah dan Praktis

Bahan Utama Ikan Bandeng:

  • 750 gram ikan bandeng
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sdm air asam jawa
  • 1 sendok teh air jeruk nipis

Bahan dan Bumbu Ikan:

  • 1 liter air
  • 3 cm jahe, dimemarkan
  • 2 3/4 sendok teh garam
  • 2 sendok teh asam jawa
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 4 sendok makan kecap manis
  • 4 siung bawang putih, diiris tipis

Cara Membuat Ikan Bandeng Kuah Sederhana Bumbu Enak yang Mudah dan Praktis

Cara Membersihkan Ikan Bandeng Sebelum Diolah:

  1. Untuk yang pertama, kita akan melakukannya dengan membersihkan ikan bandeng segar yang sudah anda. Bagian ikan bandeng yang pertama yang akan dibersihkan adalah bagian sisik ikan. Untuk membersihkan bagian ini anda bisa melakukannya dengan cara, gunakan pisau untuk mengerik bagian permukaan sisik ikan dan bersihkan secara merata hingga bersih. Lalu bilas sisik ikan yang sudah dikerik agar sisik berjatuhan dan bagian permukaan ikan kini menjadi bersih.
  2. Selesai membersihkan bagian sisik ikan, anda bisa melanjutkannya dengan membersihkan bagian kepala ikan, yakni membersihkan insang. Caranya, buka bagian kepala ikan dan bersihkan lapisan insang hingga bersih merata.
  3. Bagian terakhir pada tubuh ika yang akan dibersihkan adalah bagian jeroan ikan. Untuk dapat menjangkau dan mengeluarkan jeroan ikan dari perutnya anda bisa melakukannya dengan terlebih dahulu membelah atau menyayat bagian perut ikan dan keluarkan jeroan ikan dengan menggunakan tangan. Selain itu, untuk memastikan jika bagian perut ikan bersih secara merata, maka silahkan bilas kembali ikan dengan air bersih.
  4. Lalu potong-potong ikan bandeng segar yang sudah dibersihkan dan potong sesuai dengan selera anda.
  5. Kemudian yang terakhir adalah melumuri potongan ikan dengan air jeruk, air asam dan sedikit taburan garam guna menghilangkan bau amis yang menempel pada ikan. Dan diamkan ikan selama kurang lebih 10 menit.

Cara Membuat Ikan Bandeng Kuah:

  1. Pertama, siapkan panci diatas kompor menyala dan masukkan air kedalamnya bersama dengan bumbu halus, bawang putih dan juga jahe. Lalu masak air rebusan ini hingga mendidih.
  2. Setelah mendidih, masukkan ikan bandeng yang sudha dipotong-potong dan aduk-aduk merata sampai daging ikan dan bumbu tercampur.
  3. Masukkan kecap manis kedalamnya bersama dengan air asam jawa sambil diaduk-aduk merata.
  4. Tambahkan gula dan garam untuk menambah rasa. Cicipi juga rasanya hingga pas. Jika anda merasa bumbu kurang pas, maka jangan ragu untuk menambahkan lebih banyak bumbu kedalamnya agar rasanya pas sesuai dengan selera yang anda inginkan.
  5. Setelah itu, rebus dan masak ikan hingga bumbu meresap kedalam ikan dan matang secara merata.

Setelah ikan matang, angkat ikan dan sajikan ikan dalam piring saji untuk kemudian anda akan siap untuk menyajikan sajian ini di meja makan dan menyantapnya bersama dengan si kecil da keluarga tercinta dirumah.

Demikian resep membuat ikan bandeng kuah yang enak dan lezat, semoga resep ini bermanfaat dan bisa ibu buat dirumah dengan mudah.

Silahkan klik tombol share berikut ini agar anda bisa berbagi resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons