Resep dan Cara Membuat Ikan Bandeng Goreng Tepung Renyah, yang Crispy dan Kering Juga Enak

Sajian ikan bandeng goreng tepung renyah akan cocok bila disajikan untuk si kecil.

Rasa gurih dari daging yang berpadu dengan tepung bumbu yang renyah akan membuat rasanya semakin istimewa. Nah, bagi anda yang penasaran ingin mencicipi sajian ikan bandeng goreng tepung renyah, maka kali ini anda akan bisa membuatnya sendiri dirumah dengan mudah. Untuk itu, mari kita simak resep berikut ini untuk mengetahui resep ikan bandeng goreng tepung renyah.

Resep ikan bandeng goreng tepung

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Bandeng Goreng Tepung Renyah, yang Crispy dan Kering Juga Enak

4.8 154

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Bandeng Goreng Tepung Renyah, yang Crispy dan Kering Juga Enak

Bahan dan Bumbu Ikan Bandeng:

  • 1 ekor ikan bandeng
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • Secukupnya taburan garam dapur
  • Secukupnya merica bubuk
  • Secukupnya bawang putih bubuk

Bahan Pencelup:

  • 1 butir telur
  • 3 sdm air es
  • Secukupnya merica bubuk

Bahan Pelapis Ikan:

  • Tepung bumbu instant

Cara Membuat Ikan Bandeng Goreng Tepung Renyah, yang Crispy dan Kering Juga Enak

Cara Membersihkan Ikan Bandeng:

  1. Pertama disini kita akan membutuhkan fillet ikan bandeng, untuk itu ikan bandeng harus kita pisahkan antara tulang dengan dagingnya. Hanya saja, sebelum memfillet ikan, terlebih dahulu penting sekali untuk kita membersihkan ikan bandeng segar yang sudah dibeli terlebih dahulu sebelum kita masak dan kita bumbui. Nah, cara pertama untuk membersihkan ikan bandeng, kita lakukan dengan membersihkan bagian sisik ikan dengan menggunakan pisau untuk mengeriknya. Setelah itu, cuci ikan hingga bersih secara merata.
  2. Selesai membersihkan bagian sisik ikan, silahkan lanjutkan dengan membersihkan bagian jeroan ikan. Caranya, belah perut ikan dengan menggunakan pisau dan keluarkan jeroan ikan dengan menggunakan tangan. Setelah itu, pastikan jika kotoran yang ada pada perut ikan bisa dibersihkan secara merata.
  3. Kemudian, kita keluarkan bagian lapisan insang ikan. Caranya, buka bagian kepala ikan dan jangkau lapisan insang dengan menggunakan tangan hingga lapisan insang ini bisa dibersihkan secara merata.
  4. Selanjutnya, kita akan fillet ikan. Caranya, silahkan potong bagian kepala ikan, sebab bagian ini tidak akan kita gunakan. Lalu, sayat bagian satu sisi tubuh ikan dan usahakan tidak mengenai bagian tulangnya. Begitupun disisi yang lainnya ambil bagian daging ikan saja.
  5. Setelah ikan difillet, silahkan potong daging ikan menjadi beberapa bagian sesuai dengan selera.
  6. Lalu lumuri ikan dengan air jeruk nipis garam, merica bubuk dan bawang putih bubuk secara merata. Agar bumbu meresap pada ikan, silahkan diamkan sementara selama kurang lebih 10 menit.

Cara Membuat Ikan Bandeng Goreng Tepung:

  1. Pertama, kita akan melakukannya dengan mengambil ikan bandeng yang telah difillet, lalu kita panaskan minyak diatas kompor.
  2. Selagi menunggu minyak panas, siapakan bahan pencelup dan abahan pelapis berdekatan.
  3. Untuk menggorengnya, anda bisa mencelupkan ikan fillet ke bahan pencelup dan menggulingkannya pada bahan pelapis secara merata.
  4. Baru setelah itu, goreng ikan dala wajan hingga ikan kuning keemasan dan matang secara merata.

Setelah ikan matang, silahkan angkat dengan mengguanakan serokan dan tiriskan minyaknya terlebih dahulu sebelum kita sajikan. Setelah itu, hidangkan ikan fillet diatas piring saji dan nikmati selagi masi hangat. Demikian resep membuat ikan bandeng goreng tepung yang enak dan lezat.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons