Resep dan Cara Membuat Ikan Bandeng Goreng Bumbu Kuning yang Gurih, Enak dan Kering

Hidangan ikan bandeng goreng bumbu kuning yang gurih adalah menu sajian yang lezat.

Hidangan ini akan pas menjadi menu hidangan untuk makan siang, apalagi jika disantap dengan bahan pokok yakni sepiring nasi hangat yang pulen. Yuk, kita simak resep ikan bandeng goreng bumbu kuning berikut ini agar anda bisa menyajikan hidangan ini dirumah dengan mudah dan sederhana.

ikan bandeng goreng kuning

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Bandeng Goreng Bumbu Kuning yang Gurih, Enak dan Kering

4.7 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Bandeng Goreng Bumbu Kuning yang Gurih, Enak dan Kering

Bahan Utama Ikan Bandeng:

  • 2 ekor ikan bandeng
  • 1 sdm air jeruk lemon
  • 1/2 sdt garam halus
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Ikan yang Dihaluskan:

  • 2 buah bawang merah
  • 5 siung bawang puith
  • 1/2 ruas jari kunyit
  • 1/2 sdt kerumbar bubuk
  • 1/2 sdt garam

Bahan Sambal Ikan Bandeng:

  • 11 butir cabai rawit
  • 1/2 sdt terasi
  • 3 butir bawang merah
  • 1/2 bagian bawang putih
  • 1 buah tomat

Cara Membuat Ikan Bandeng Goreng Bumbu Kuning yang Gurih, Enak dan Kering

Cara Membersihkan Ikan Bandeng:

  1. Cara pertama yang bisa dilakukan kali ini adalah dengan membersihkan ikan bandeng segar yang sudah dibeli dari pasar. Hal ini penting sekali untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada ikan. Cara pertama untuk membersihkan bagian ikan bandeng adalah dengan membersihkan bagian insang ikan. Untuk melakukan ini, silahkan buka bagian kepala ikan dan lepaskan insang ikan dengan menggunakan tangan hingga bersih secara merata.
  2. Selesai membersihkan bagian insang ikan, selanjutnya silahkan bersihkan sisik pada tubuh ikan. Lakukan dengan menggunakan pisau dan kerik pada tubuh ikan hingga insang ikan dibersihkan secara merata.
  3. Kemudian bersihkan pula bagian jeroan ikan. Caranya, belah bagian perut ikan dengan menggunakan pisau dan keluarkan jeroan ikan dengan menggunakan tangan. Setelah itu, bersihkan kembali bagian perut ikan dengan dibilas menggunakan air agar kotoran pada perut ikan bisa dibersihkan secara merata.
  4. Lalu kerat-kerat bagian tubuh ikan dengan menggunakan pisau. Hal ini dimaksudkan agar bumbu yang diracik pada ikan bisa meresap kedalam daging ikan hingga kebagian terdalam secara merata.
  5. Kemudian, hilangkan bau amis yang menempel pada tubuh ikan dengan melumurkan air jeruk nipis dan taburan garam pada tubuh ikan secara merata hingga ke bagian keratan ikan. Setelah itu, diamkan sementara sebelum kita masak bumbunya.

Cara Membuat Ikan Bandeng Goreng Bumbu Kuning:

  1. Setelah ikan direndam dengan bumbu sebelumnya, silahkan bilas ikan dengan air bersih untuk menghilangkan kelebihan garam pada ikan.
  2. Setelah itu, haluskan bumbu yang harus dihaluskan dengan menggunakan ulekan hingga halus.
  3. Lalu lumurkan bumbu halus ini pada bagian ikan secara merata dan diamkan kembali ikan selama kurang lebih 30 menit agar bumbu meresap kedalamnya dengan merata.
  4. Setelah 30 menit berlalu, siapkan wajan diatas kompor menyala dan tuangkan minyak goreng kedalamnya, lalu tunggu hingga minyak panas.
  5. Jika minyak sudah panas, silahkan goreng ikan dan pastikan jika ikan bandeng terendam dengan minyak goreng agar ikan bisa kering dan krispi.
  6. Setelah ikan kering dan matang, silahkan angkat ikan dan tiriskan minyak yang masih menetes dan bergenang pada badan ikan.
  7. Silahkan buat sambalnya dengan menghaluskan semua bahan dan tumis hingga bahan ini harum secara merata.

Setelah sambal harum, angkat sambal dan sajikan bersama dengan ikan bandeng goreng bumbu kuning yang sudah anda buat. Kini sajian ini bisa anda sajikan dan santap bersama dengan keluarga tercinta.

Jangan lupa share resep spesial ini dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons