Resep dan Cara Membuat Ikan Bandeng Bumbu Pesmol Khas Betawi yang Lezat dan Spesial

Hidangan ikan bandeng bumbu pesmol khas Betawi adalah sajian yang lezat dan nikmat.

Hidangan ini bisa ibu buat dirumah tanpa harus jauh-jauh pergi ke Jakarta dan mengunjungi tanah Betawi. Selain itu, bumbu dan bahan yang diperlukan pun tidak susah dijumpai. Nah, bagi anda yang ingin membuat sajian ini dirumah, maka kita langsung simak resep membuat ikan bandeng bumbu pesmol khas Betawi berikut ini.

ikan bandeng pesmol

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Ikan Bandeng Bumbu Pesmol Khas Betawi yang Lezat dan Spesial

4.6 154

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Ikan Bandeng Bumbu Pesmol Khas Betawi Lezat dan Spesial

Bahan dan Bumbu Ikan Bandeng:

  • 1 kg bandeng
  • 1 butir tomat, potong
  • 2 cabe merah besar, iris /kasar
  • 1 batang daun bawang, iris memanjang

Bumbu Ikan Bandeng:

  • 2 cm kunyit
  • 8 siung bawang putih
  • 100 g kemiri
  • 8 siung bawang merah
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 cm jahe
  • 1 cm kelingking kencur

Cara Membuat Ikan Bandeng Bumbu Pesmol Khas Betawi yang Lezat dan Spesial

Cara Mempersiapkan Ikan Bandeng Sebelum Diolah:

  1. Hal pertama untuk membuat ikan bandeng bumbu pesmol adalah dengan membersihkan sisik pada tubuh ikan. Nah, untuk membersihkan bagian ini anda bisa melakukannya dengan menggunakan pisau atau sendok dan bersihkan sisik ikan secara merata hingga bersih.
  2. Selesai membersihkan bagian sisik ikan, selanjutnya bersihkan jeroan pada perut ikan. Caranya, belah terlebih dahulu bagian perut ikan dengan menggunakan tangan dan jangkau bagian jeroan ikan dengan menggunakan tangan jika bagian tersebut sudah terbuka. Lalu bersihkan secara merata hingga semua kotoran dan bagian jeroan ikan dalam perut ikan bisa dibersihkan secara merata.
  3. Setelah selesai membersihkan kedua bagian diatas, sekarang bersihkan bagian insang yang ada dikepala ikan. Caranya, buka bagian kepala ikan dan bersihkan lapisan insang ikan dengan tangan hingga bersih merata.
  4. Kemudian kerat-kerat bagian tubuh ikan dengan menggunakan pisau agar bumbu yang diracik bersama dengan ikan bisa meresap kedalam daging ikan secara merata.
  5. Setelah itu, lumuri ikan terlebih dahulu dengan garam dan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada tubuh ikan. Lalu diamkan sementara.

Cara Membuat Ikan Bandeng Bumbu Pesmol:

  1. Pertama, haluskan smeua bumbu yang harus dihaluskan. Anda bisa menghaluskan bumbu ini dengan menggunakan mesin penghalus seperti blender atau mengaluskannya dengan menggunakan ulekan.
  2. Setelah bumbu halus secara merata, panaskan wajan dan berikan sedikit minyak lalu tumis bumbu yang telah dihaluksan hingga tercium bau harum yang lezat.
  3. Tambahkan air kedalam bumbu tumisan dan lanjutkan mengaduk-aduk hingge bumbu ini mengental.
  4. Selanjutnya, matikan kompor dan angkat terlebih dahulu bumbu yang baru saja anda tumis tadi.
  5. Sementara itu, ambil wajan baru dan tuangkan minyak goreng kedalamnya. Tunggu terlebih dahulu sampai minyak goreng panas. Setelah itu, goreng ikan bandeng hingga kuning dan kering. Angkat ikan dan sisihkan.
  6. Panaskan kembali bumbu tumisan dan masukkan ikan bandeng goreng kedalamnya. Aduk-aduk merata dan masukkan irisan cabai bersama dengan tomat dan daun bawang. Aduk-aduk hingga bumbu meresap kedalamnya dengan sempurna.

Setelah tumisan bumbu matang dan meresap kedalam ikan, kini tiba saatnya anda mengangkat sajian ini kedalam piring saji. Hidangkan sajian ini untuk keluarga anda dan kini sajian ini siap disantap bersama dengan keluarga tercinta dirumah.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons