Resep dan Cara Membuat Getuk Ubi Ungu yang Empuk, Manis dan Enak

Ubi ungu merupakan salah satu ubi-ubian yang bisa diolah menjadi berbagai macam olahan makanan.

Banyak sekali olahan makanan berbahan dasar ubi ungu, mulai dari keripik, kolak, getuk dan makanan yang lainnya. Nah, berbicara tentang getuk tentunya sudah tidak asing lagi untuk kita semua. Getuk itu sendiri merupakan jajanan atau sajian tradisional yang terbuat dari bahan dasar singkong yang diolah dengan cara dikukus, dan dimakan dengan taburan kelapa parut di atasnya. Jika dulu getuk hanya terbuat dari singkong, namun lainnya halnya dengan saat ini. Saat ini banyak sekali variasi getuk yang bisa kita temukan, sesuai dengan bahan dasar atau bahan pelengkap yang digunakan.

Selain singkong, getuk juga bisa memanfaatkan ubi ungu sebagai bahan dasarnya. Getuk ubi ungu sama dengan getuk pada umumnya, namun yang membedakan yaitu hanya bahan dasarnya saja. Sedangkan untuk taburan masih tetap sama yaitu dengan menggunakan kelapa parut.

Getuk ubi ungu tentunya memiliki penampilan yang lebih menarik dan cantik. Cita rasanya begitu enak dan manis. Teksturnya yang empuk akan sangat memanjakan lidah. Anda akan merasa ketagihan pada saat menyantapnya.

Getuk ubi ungu bisa dijadikan sebagai kudapan di tengah keluarga, maupun sebagai sajian untuk menjamu tamu. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah untuk mendapatkannya. Cara atau proses membuatnya sederhana dan mudah.

Berikut ini resep dan cara membuat getuk ubi ungu yang empuk, manis dan enak yang bisa anda simak.

GETUK UBI UNGU

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Getuk Ubi Ungu yang Empuk, Manis dan Enak

Review

4.7 135

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

15 Potong

Bahan Bahan Untuk Membuat Getuk Ubi Ungu yang Empuk, Manis dan Enak

Bahan Utama Getuk Ubi Ungu

  • 500 gram ubi ungu
  • 3 sendok makan susu bubuk
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • Gula pasir halus secukupnya

Bahan Taburan

  • Garam secukupnya
  • Kelapa muda parut secukupnya

Cara Membuat Getuk Ubi Ungu yang Empuk, Manis dan Enak

Cara Membuat Getuk Ubi Ungu

  1. Langkah pertama yaitu, bersihkan ubi ungu yang sudah anda siapkan.
  2. Jika sudah, siapkan alat untuk mengukus. Jika sudah siap, anda bisa langsung mengukus ubi ungu yang sudah anda siapkan. Kukus ubi ungu sampai empuk atau matang.
  3. Jika sudah matang, angkat ubi ungu dari alat kukusan. Lalu kupas kulitnya. Setelah itu, haluskan dengan cara ditumbuk. Ketika menghaluskannya akan lebih baik ketika masih dalam keadaan hangat agar lebih mudah.
  4. Campurkan ubi ungu bersama dengan bahan-bahan yang lainnya seperti, gula pasir halus, vanili, dan susu bubuk. Aduk sampai merata.
  5. Siapkan loyang, lalu simpan adonan di atas loyang. Kemudian pipihkan. Jika sudah, anda bisa langsung memotong-motongnya sesuai dengan selera anda.

Cara Membuat Taburan

  1. Siapkan kembali alat untuk mengukus.
  2. Lalu kukus kelapa parut dan garam. Kukus selama kurang lebih 10 menit.
  3. Jika sudah, anda bisa langsung mengangkatnya.

Sajikan getuk ubi ungu ini di atas piring saji. Lalu taburi dengan kelapa parut yang sudah dikukus. Anda bisa menyantap getuk ubi ungu dengan ditemani secangkir minuman hangat, baik teh atau minuman yang lainnya.

Itulah resep dan cara membuat getuk ubi ungu. Sederhana bukan? Selamat mencoba.

Share atau bagikan resep ini kepada teman-teman anda yang ada di twitter atau di facebook. Berikan juga komentar atau saran anda pada kolom komentar yang sudah kami sediakan di bawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons