Resep dan Cara Membuat Getuk Pisang yang Sedap, Istimewa dan Legit

Seperti yang kita ketahui, getuk adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang terbuat dari singkong.

Getuk itu sendiri begitu legit sehingga banyak disukai, baik itu oleh orang dewasa maupun anak-anak. Getuk memiliki jenis atau varian yang cukup banyak. Dimana semuanya itu disesuaikan dengan bahan-bahan yang digunakan. Jika biasanya getuk terbuat dari singkong, maka anda bisa membuat getuk dari bahan lainnya, seperti pisang. Getuk pisang ini tidak akan kalah nikmat dengan getuk singkong. Rasanya akan begitu sedap dan istimewa. Selain itu, aroma yang dihasilkan pun begitu harum dan menggoda.

Karena getuk pisang terbilang jarang di jual di pasaran, oleh sebab itu untuk mendapatkannya anda harus membuatnya sendiri di rumah. Proses membuat getuk pisang ini lebih sederhana dibandingkan dengan getuk lainnya. Bahan yang diperlukannya pun sangat praktis.

Anda bisa menjadikan getuk pisang ini untuk cemilan ketika kumpul keluarga ataupun acara lainnya. Getuk pisang juga cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga yang jauh disana.

Nah, ingin mencoba membuat getuk pisang ini di rumah? Anda bisa simak langsung resep dan cara membuat getuk pisang yang kami sajikan di bawah ini.

GETUK PISANG

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Getuk Pisang yang Sedap, Istimewa dan Legit

4.7 135

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

12 Potong

Bahan Bahan Untuk Membuat Getuk Pisang yang Sedap, Istimewa dan Legit

Bahan Utama Getuk Pisang

  • 5 buah pisang tanduk
  • 25 gram tepung sagu
  • 1/2 sendok teh garam
  • 50 gram tepung beras
  • 125 gram gula merah
  • 100 ml santan yang diambil dari 1/2 butir kelapa

Bahan Untuk Membungkus

  • Daun pisang secukupnya
  • Lidi secukupnya

Cara Membuat Getuk Pisang yang Sedap, Istimewa dan Legit

Cara Menyiapkan Bahan

  1. Pertama, kupas pisang yang sudah disiapkan.
  2. Jika sudah, siapkan alat-alat untuk mengukus. Lalu kukus pisang yang sudah anda kupas tadi sampai matang atau empuk.
  3. Setelah itu, haluskan sampai benar-benar halus.
  4. Sisir gula merah.

Cara Membuat Getuk Pisang

  1. Siapkan wadah, lalu masukan pisang yang sudah anda kukus tadi ke dalam wadah tersebut.
  2. Tambahkan bahan-bahan yang lainnya seperti garam, gula merah, tepung beras dan tepung sagu. Lalu tuangkan santan. Kemudian, aduk-aduk sampai merata.
  3. Siapkan daun pisang yang sebelumnya sudah anda bersihkan, lalu bungkus adonan dengan menggunakan daun pisang. Bentuk lonjong dengan diameter 4 cm. Sematkan lidi diujung-ujungnya agar tidak terlepas.
  4. Siapkan alat untuk mengukus. Jika sudah siap, kukus adonan yang sudah dibungkus tadi. Kukus selama kurang lebih 45 menit atau sampai benar-benar matang.
  5. Jika sudah matang, anda bisa langsung mengangkatnya dan mendinginkannya terlebih dahulu. Baru setelah itu potong-potong dan sajikan di atas piring.

Getuk pisang sudah selesai dibuat. Getuk pisang ini akan lebih enak dan nikmat jika disantap dengan ditemani teh hangat.

Jika ingin mendapatkan getuk pisang yang lebih spesial dan istimewa, anda bisa menambahkan bahan-bahan pelengkap lainnya sesuai dengan selera anda. Anda bisa menyajikan getuk pisang ini dengan dilengkapi taburan seperti getuk lainnya. Selain kelapa parut yang bisa dijadikan taburan, anda juga bisa membuat bahan taburan dari parutan keju atau cokelat.

Itulah resep dan cara membuat getuk pisang. Selamat mencoba.

Share atau bagikan resep ini kepada teman-teman anda. Jangan lupa untuk menyertakan komentar pada kolom komentar di bawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons