Resep dan Cara Membuat Dosirak Khas Korea yang Lezat dan Praktis

Dosirak merupakan makanan khas Korea. Dimana dosirak merupakan makanan bekal yang dikemas dalam wadah tertentu.

Bagi masyarakat Korea, dosirak atau makanan bekal ini memiliki kenang-kenangan tersendiri. Sekitar 20 tahun yang lalu siswa Korea biasanya membawa makanan bekal ketika pergi ke sekolah sebagai makan siang. Dimana dalam setiap paginya ibu-ibu para siswa selalu membuat makanan yang satu ini untuk anak-anaknya. Namun, hal yang paling unik yaitu bekal yang mereka bawa selalu sama. Tempat bekalan yang biasanya digunakan yaitu terbuat dari alumunium dan berbentuk kotak, memiliki tutup dan berbentuk kuning. Dimana dalam satu tempat biasanya berisi satu atau dua jenis lauk pauk.

Dosirak atau bekal makanan ini selalu disimpan di dalam tas para sisawa sekolah, karena dosirak ini selalu bergotang-goyang di dalam tas maka isinya pun menjadi tercampur aduk. Namun yang lebih uniknya yaitu nasi dan lauk justru terasa lebih nikmat. Bahkan anak-anak sengaja selalu mengkocoknya sebelum mereka mengkonsumsinya agar semua lauk pauk dan nasi tercampur menjadi satu. Sementara ketika musim dingin, dosirak ini selalu disimpan di atas alat pemanggangan dalam kelas agar keadaannya tetap hangat. Dimana rasa dosirak yang masih dalam keadaan hangat ini dipercaya sangat enak, bahkan karena saking enaknya tidak bisa diungkapkan oleh kata-kata.

Sedangkan sekarang, menu bekalan ini muncul kembali sebagai salah satu menu makan di rumah makan dengan nama Chueukeu Dosirak atau bekal kenang-kenangan. Dimana rasanya lebih enak dibandingkan dengan rasa dosirak sebelumnya.

Nah, anda bisa membuat makanan yang satu ini sebagai bekal si kecil ke sekolah atau pun dijadikan bekal ketika anda piknik bersama dengan keluarga anda. Cara membuatnya sangat mudah, bahannya juga cukup praktis.  Jika ingin membuat dosirak ini, anda bisa simak resep dan cara membuatnya di bawah ini.

Dosirak1

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Dosirak Khas Korea yang Lezat dan Praktis

Review

4.7 review 135

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

1 Orang

Bahan dan Bumbu Untuk Membuat Dosirak Khas Korea yang Lezat dan Praktis

Bahan Utama Dosirak Khas Korea

  • 1 mangkuk nasi putih
  • 2 butir telur
  • Biji wijen secukupnya
  • 20 gram kimchi 
  • 20 gram sosis

Bahan Lainnya

1 buah lunch box

Cara Membuat Dosirak Khas Korea yang Lezat dan Praktis

  1. Pertama-tama, panaskan minyak goreng secukupnya pada teplon atau alat yang akan anda gunakan untuk memasak. Panaskan minyak goreng tersebut.
  2. Jika minyak goreng sudah panas goreng telur yang sudah disiapkan. Goreng telur sampai benar-benar matang. Jika sudah matang, angkat telur dan sisihkan terlebih dahulu.
  3. Setelah itu, goreng sosis sampai matang. Apabila sudah matang, angkat dan sisihkan.
  4. Potong-potong sosis yang sudah digoreng tadi. Kemudian, masukan ke dalam telur yang sudah dikocok. Goreng kembali sampai telur matang.
  5. Goreng kimchi dengan menggunakan sedikit minyak goreng. Jika sudah, masukan biji wijen.
  6. Isi lunch box denngan nasi putih hangat yang sudah anda siapkan.
  7. Simpan kimchi dan sosis yang sudah digoreng di lunch box yang masih kosong. Simpan dengan rapi agar terlihat indah.
  8. Simpan telur yang sudah digoreng di atas nasi.
  9. Terakhir, tutup lunch box lalu sajikan.

Sebenarnya lauk pauk yang bisa digunakan untuk dosirak ini sangat bermacam-macam. Namun, telur goreng, kimchi dan sosis merupakan lauk yang paling dominan. Bagikan resep ini kepada teman-teman anda, tambahkan juga komentar pada kolom di bawah ini.

Loading...