Resep dan Cara Membuat Dorayaki Tanpa Cetakan yang Lezat dan Tetap Nikmat

Hidangan dorayaki adalah salah sajian khas berasal dari Jepang. Hidangan ini umumnya dibuat dengan memanfaatkan pan khusus sehingga membentuk kue bulat berukuran cukup sedang. Akan tetapi, untuk anda yang ingin membuat sajian ini namun tidak memiliki cetakan dorayaki maka tak perlu khawatir. Berikut ini kami berikan resep mudah membuat sajian kue dorayaki tanpa menggunakan cetakan. Ingin tahu seperti apa? Yuk, simak langsung resep mudahnya dibawah ini.

dorayaki-tanpa-cetakan.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Dorayaki Tanpa Cetakan yang Lezat dan Tetap Nikmat

4.8 654

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

8 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Dorayaki Tanpa Cetakan yang Lezat dan Tetap Nikmat

Bahan Kulit:

  • 250 gram tepung  terigu
  • 1 sdm ragi instan
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm mentega cair
  • Garam secukupnya
  • 1 butir telur
  • 1 gelas susu

Bahan Isian:

  • Meises secukupnya
  • Kacang sangrai secukupnya
  • Susu kental manis secukupnya

Cara Membuat Dorayaki Tanpa Cetakan yang Lezat dan Tetap Nikmat

Cara Membuat Kulit Dorayaki:

  1. Hal pertama dapat kita lakukan dengan membuat adonan kulitnya terlebih dahulu. Akan tetapi sebelumnya pastikan bila anda sudah mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk membuat adonan ini. Adapun beberapa peralatan yang dimaksud diantaranya adalah mixer, sebuah baskom, pan anti lengket untuk memanggang dorayaki dan sebuah sendok sayur atau kocokan. Dengan mempersiapkan semua peralatan ini maka anda akan dapat dengan mudah membuat sajian kali ini. Untuk itu, pastikan bila semua peralatan tersebut sudah disiapkan merata.
  2. Setelah selesai dengan peralatan, lanjutkan dengan menyiapkan sebuah wadah dan masukkan telur bersama dengan garam. Lalu dengan menggunakan mixer silahkan kocok semua bahan ini secara merata sampai mengembang dan mengental sekitar 5 menit-an.
  3. Lalu tuangkan tepung terigu bersama dengan susu cair dengan perlahan dan lakukan dengan perlahan. Ayak tepung terigu sewaktu anda memasukkannya. Lalu aduk-aduk semuanya sampai merata dan tercampur.
  4. Masukkan pula margarin yang sudah dicairkan. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mencairkan mentega adalah dengan memasukkannya dalam wajan yang telah dipanaskan dan diamkan sampai semua bahan ini menjadi lebih mencair secara merata. Aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini tercampur secara merata.
  5. Larutkan ragi instan dengan menggunakan air hangat sedikit saja. Lalu aduk-aduk semua bahan ini secara merata sampai larut dan tercampur. Lalu tuangkan kedalam adonan dan aduk-aduk kembali sampai merata dan tercampur. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 15 menit sampai adonan menjadi lebih mengembang.
  6. Siapkan pan anti lengket dan olesi dengan menggunakan margarin secara merata. Lalu panaskan diatas api yang kecil dan tuangkan adonan kedalamnya. Untuk kemudian tunggu dan diamkan sampai semua bahan ini menjadi lebih matang dan kecoklatan.
  7. Jangan lupa balikkan adonan agar bagian lainnya menjadi lebih matang merata. Lalu lakukan hal yang sama pada adonan yang masih tersisa.
  8. Ambil satu bagian dorayaki yang sudah matang, lalu olesi dengan menggunakan susu kental manis dan taburi dengan menggunakan meises dan taburi bagian atasnya dengan menggunakan kacang sangrai yang telah dihaluskan. Tutup dan rapatkan merata.

Setelah matang sajikan dalam piring saji dan anda akan siap menikmati sajian ini dengan yang lain.

Jangan lupa share resep spesial ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons