Resep dan Cara Membuat Dorayaki Kurma yang Enak, Sedap dan Lembut

Anda mungkin sudah tidak lagi asing dengan sajian dorayaki, bukan? Ya, salah satu sajian kue yang khas dari Jepang ini memang cukup terkenal di tanah air. Nah, kali ini kami hadirkan inovasi terbaru dari sajian dorayaki, yakni dorayaki kurma. Ingin tahu seperti apa resep membuat sajian ini? Yuk, simak resepnya dibawah ini.

dorayaki-kurma.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Dorayaki Kurma yang Enak, Sedap dan Lembut

4.7 654

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

8 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Dorayaki Kurma yang Enak, Sedap dan Lembut

Bahan-Bahan Kulit:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 1/2 sendok teh baking powder
  • 150 ml susu cair
  • 1/4 sendok teh garam
  • 4 butir telur
  • 60 gram gula pasir

Bahan Isian:

  • 100 gram kurma
  • 100 ml susu cair
  • 1/4 sendok teh garam
  • 20 gram gula pasir
  • 1 kuning telur
  • 10 gram maizena

Cara Membuat Dorayaki Kurma yang Enak, Sedap dan Lembut

Cara Membuat Bahan Isian:

  1. Untuk membuat bahan isian kali ini sebaiknya silahkan bersihkan terlebih dahulu peralatan yang akan anda gunakan untuk mengolah bahan-bahan ini. Selain itu, persiapkan beberapa peralatan penting seperti mesin blender dan juga sebuah mixer. Bila anda tidak menggunakan cetakan dorayaki atau tidak memiliki cetakan yang satu ini. Maka tak perlu khawatir silahkan gunakan pan anti lengket untuk memudahkan anda.
  2. Setelah selesai dengan peralatan, lanjutkan langkah kali ini dengan terlebih dahulu melarutkan tepung mazeina dengan sebnayak 2 sendok teh air. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata sampai tercampur dan larut merata.
  3. Kemudian setelah itu, silahkan rndam terlebih dahulu kurma dengan menggunakan air hangat sebanyak kira-kira 100 ml. Rendam sampai lembut dan tiriskan airnya secara merata.
  4. Kemudian siapkan mesin blender dan masukkan kurma kedalamnya untuk kemudian blender sampai halus selama kurang lebih 3 menit.
  5. Sembari menunggu silahkan siapkan panci dan rebus susu kedalamnya sampai mendidih. Setelah itu, tuangkan gula pasir, garam dan blenderan kurma. Aduk-aduk kembali sampai semuanya mengental secara merata.
  6. Setelah itu, kentalkan bahan ini dengan menggunakan larutan mazeina dan aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini tercampur secara merata. Setelah itu, matikkan api dan sisihkan sementara.
  7. Tambahkan kuning telur kedalamnya dan aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini menjadi lebih merata dan tercampur. Setelah itu, nyalakan kembali api dan aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini menjadi lebih matang meletup-letup. Lalu sisihkan sementara agar lebih dingin.

Cara Membuat Adonan:

  1. Untuk membuat adonans seperti biasa lakukan dengan menyiapkan baskom dan masukkan telur bersama dengan gula pasir. Aduk dengan menggunakan mixer sampai semua bahan ini tercampur secara merata. Tambahkan pula garam dan aduk kembali sampai bahan ini mengental.
  2. Masukkan tepung terigu kedalamnya bersama dengan baking powder secara merata sambil diayak dan diaduk secara merata dengan bergantian.
  3. Lalu tuangkan susu cair kedalamnya sedikit demi sedikit dengan perlahan sampai semua bahan ini tercampur secara merata.
  4. Panaskan cetakan atau pan anti lengket dan masukkan adonan kedalamnya dengan menggunakan sendok sayur. Masak sampai matang dan mengembang, lalu balikkan dengan menggunakan spatula. Lakukan hal yang sama pada adonan yang masih tersisa.
  5. Ambil satu bagian dorayaki dan olesi dengan menggunakan bahan isian secara merata. Setelah itu, tutup kembali dengan menggunakan dorayaki yang lainnya.

Sajikan hidangan ini bersama dengan keluarga dan sahabat dan hidangan ini akan dapat anda nikmati bersama dengan keluarga.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons