Resep dan Cara Membuat Dorayaki Kacang Merah Asli Jepang yang Lezat dan Mengembang

Kue dorayaki memang menggoda dan cukup terkenal di tanah air kita saat ini. Ya, adanya tayangan kartun melegenda seperti Doraemon semakin membuat ketenaran kue yang satu ini dikenal masyarakat di Indonesia. Tak heran bila banyak orang mendamba menyantap sajian yang satu ini. Nah, untuk anda yang penasaran ingin tahu seperti apa resep membuat hidangan kue dorayaki yang enak dengan paduan kacang merah asli Jepang. Maka mari kita simak resepnya dibawah ini.

dorayaki-kacang-merah.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Dorayaki Kacang Merah Asli Jepang yang Lezat dan Mengembang

4.8 654

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Dorayaki Kacang Merah Asli Jepang yang Lezat dan Mengembang

Bahan-Bahan Kulit:

  • 150 gram tepung terigu
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 2 butir telur
  • 150 ml susu cair
  • 1 sendok teh baking soda
  • 1 sendok makan madu
  • 1/2 sendok teh vanila ekstrak (optional)
  • pasta kacang merah (anko)

Bahan Isian:

  • 250 gram kacang merah
  • 1/2 sendok teh garam
  • 5 sendok makan gula pasir

Cara Membuat Dorayaki Kacang Merah Asli Jepang yang Lezat dan Mengembang

Cara Membuat Bahan Isian:

  1. Untuk yang pertama kita akan buat terlebih dahulu bahan isian anko atau isi kacang merahnya. Untuk itu, pastikan jika anda mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan, seperti wajan atau panci dan sebuah sendok kayu.
  2. Setelah selesai dipersiapkan, lanjutkan dengan menyiapkan kacang merah kering dan cuci bahan ini secara merata dengan menggunakan air bersih. Setelah itu, masukkan kedalam mangkuk besar dan tuangkan air kedalamnya sampai kacang terendam. Diamkan selama beberapa jam agar kacang mudah empuk saat direbus.
  3. Setelah itu, tiriskan kacang dan rebus bahan ini secara merata sampai empuk dan matang secara merata selama kurang lebih 20 menit.
  4. Angkat kacang yang sudah matang, lalu tiriskan airnya secara merata dalam wadah. Tambahkan gula pasir bersama dengan garam dan masukkan kacang kedalamnya. Aduk-aduk dan masak bahan ini sampai mengental dan tercampur secara merata.
  5. Pastikan pula sampai bahan ini menjadi lebih hancur pada saat anda memasaknya dalam wajan. Aduk-aduk sampai kalis dan angkat bila sudah matang.

Cara Membuat Adonan:

  1. Untuk membuat sajian kali ini dapat dilakukan dengan menyiapkan mangkuk dan masukkan kdalamnya telur bersama dengan gula, vanila ekstrak dan juga madu. Aduk-aduk dengan menggunakan mixer pada kecepatan yang tinggi sampai semua bahan ini tercampur secara merata.
  2. Masukkan susu cair kedalamnya dan aduk-aduk kembali sampai mengental dan tekstur adonan menjadi lebih mudah dan ringan.
  3. Bila sudah selesai, diamkan adonan ini selama kurang lebih 15 menit agar adonan menjadi lebih mengembang dan mengental secara merata.
  4. Siapkan wajan anti lengket dan lumuri dengan menggunakan margarin secara merata namun jangan terlalu banyak.
  5. Tuangkan adonan kedalamnya dan masak sampai berwarna kecoklatan secara merata. Jangan lupa balikkan bagian satunya agar sajian ini menjadi lebih matang secara merata.
  6. Lakukan hal yang sama pada adonan yang masi tersisa. Masak sampai habis secara merata. Setelah itu, ambil satu bagian dorayaki dan berikan bagian isiannya dibagian tengah, lalu ratakan dengan menggunakan sendok atau garpu. Lalu, tutupi kembali dengan kue dibagian atasnya.

Sajikan hidangan ini dalam wadah dan kini anda akan dapat menikmatinya bersama dengan keluarga tercinta.

Jangan lupa share resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons