Resep dan Cara Membuat Dorayaki Isi Kacang Hijau yang Enak, Sedap dan Praktis

Sedapnya kue dorayaki isi kacang hijau memang nikmat untuk disantap. Selain itu, cara terbaik untuk menikmati sajian kue ini adalah dengan menyantapnya dengan segelas susu atau dengan secangkir teh hangat. Nah, agar anda dapat pula membuat sajian ini dirumah dengan mudah, mari kita simak langsung seperti apa resep membuat hidangan dorayaki isi kacang hijau yang enak dibawah ini.

dorayaki kacang hijau

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Dorayaki Isi Kacang Hijau yang Enak, Sedap dan Praktis
4.8 654

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

8 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Dorayaki Isi Kacang Hijau yang Enak, Sedap dan Praktis

Bahan Kulit Dorayaki:

  • 2 butir telur
  • 120 gram tepung terigu
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 2 sendok makan tepung sagu
  • 100 gram gula pasir
  • 50 gram margarin
  • 75 ml susu cair

Bahan Isian:

  • 50 gram kacang hijau
  • 1/8 sendok teh garam
  • 50 gram gula pasir
  • 1 lembar daun pandan
  • 100 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Cara Membuat Dorayaki Isi Kacang Hijau yang Enak, Sedap dan Praktis

Cara Membuat Bahan Isian:

  1. Untuk yang pertama kita akan bersihkan terlebih dahulu kacang hijaunya dengan mengupasnya secara merata. Caranya. rendam kacang hijau yang telah dibersihkan secara merata dalam air. Lalu diamkan sementara, setelah itu, kupas kulitnya secara merata.
  2. Bila sudah selesai, silahkan rendam kembali bahan ini dengan menggunakan air selama kurang lebih 1 jam agar nantinya kacang hijau dapat dengan mudah diolah dan mudah empuk secara merata.
  3. Lalu, siapkan sebuah panci dan tuangkan secukupnya air kedalamnya. Tunggu sampai air menjadi mendidih dan masak kacang hijau kedalamnya.
  4. Setelah itu, tambahkan gula pasir bersama dengan santan, daun pandan dan juga garam. Aduk-aduk secara merata semua bahan ini sampai tercampur dan teraduk merata. Aduk-aduk kembali semua bahan ini secara merata sampai kalis. Angkat lalu sisihkan sementara.

Cara Membuat Adonan Kulit:

  1. Untuk membuat adonan kulit, silahkan cairkan terlebih dahulu margarin didalam wajan sampai bahan ini meleleh secara merata. Caranya, masukkan margarin pada wajan yang telah dipanaskan dan diamkan semua bahan ini secara merata lalu tunggu sampai meleleh.
  2. Setelah itu, angkat margarin yang sudah mencair, lalu sisihkan dalam wajan dan anda akan siap mengolah bahan lainnya.
  3. Dalam wadah yang lain silahkan kocok telur bersama dengan gula sampai bahan ini menjadi lebih mengental dan gula larut secara merata.
  4. Kemudian, tambahkan dengan menggunakan bahan-bahan yang kering yakni tepung terigu bersama denagn tepung sagu, baking powder dan tuangkan secara merata sambil diayak perhalan. Lalu lanjutkan mengocok bahan ini sampai merata dengan menggunakan kecepatan rendah pada mixer.
  5. Lalu, tambahkan dengan menggunakan susu cair kedalamnya dan tuang pula margarin yang sudah dilelehkan. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata sampai tercampur.
  6. Panaskan cetakan dorayaki atau menggunakan teflon. Setelah itu, lumuri dengan mentega dan tuangkan adonan kedalanya. Biarkan dan masak sajian ini sampai setengah matang, lalu berikan isian dibagian tengahnya dan tutup kembali dengan menggunakan kulit dorayaki yang lain yang sudah anda masak.
  7. Jangan lupa untuk membalikan bagian lainnya agar tidak gosong setelah itu, masak kembali sampai semua bahan ini menjadi matang secara merata.

Resep lainnya : Bubur Kacang Hijau

Angkat setelah matang dan sajikan dalam piring saji untuk kemudian anda akan siap menikmati sajian ini bersama dengan keluarga.

Jangan lupa bagikan resep ini dan berikan pula komentar anda dikolom yang telah tersedia dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons