Resep dan Cara Membuat Donat Pisang Isi Coklat yang Enak, Nikmat dan Sedap

 

Hidangan donat pisang isi coklat akan disukai si buah hati dan kaluarga.

Betapa tidak, hidangan lucu nan lezat yang dipadu bersama dengan coklat yang lembut dan tekstur adonan yang lembut akan menjadi kombinasi yang tepat untuk dijadikan menu sajian istimewa. Simak resep membuat donat pisang isi coklat dibawah ini.

donat coklat kukus

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Donat Pisang Isi Coklat yang Enak, Nikmat dan Sedap
4.9 876

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

35 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Donat Pisang Isi Coklat yang Enak, Nikmat dan Sedap

Bahan-Bahan Donat:

  • 500 gram tepung terigu
  • 50 gram gula pasir halus
  • 1 sendok teh garam
  • 1 butir telur
  • 2 sendok teh ragi instan
  • 100 ml air
  • 100 gram margarin
  • 150 gram pisang ambon
  • minyak untuk menggoreng

Bahan Isian:

  • 75 gram kacang tanah
  • 200 gram cokelat masak pekat

Bahan Isian:

  • 100 gram cokelat masak pekat

Cara Membuat Donat Pisang Isi Coklat yang Enak, Nikmat dan Sedap

Cara Membuat Adonan:

  1. Hal pertama lakukan dengan mempersiapkan peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat adonan donat. Beberapa peralatan ini adalah hal penting yang harus senantiasa anda persiapkan. Hal ini dikarenakan beberapa peralatan ini akan membantu anda untuk dapat membuat adonan donat dengan lebih mudah. Adapun beberapa peralatan yang dibutuhkan diantaranya adalah baskom, kocokan, beberapa wadah, loyang dan sebuah piring saji. Mengingat cukup pentingnya beberapa peralatan ini, maka sebaiknya silahkan persiapkan peralatan ini dengan merata.
  2. Bila sudah selesai dengan peralatan, silahkan taburi loyang dengan menggunakan tepung terigu secara merata. Hal ini dimaksudkan agar nantinya adonan yang dimasukkan dalam loyang tidak lengket atau membaut adonan menempel didalamnya. Setelah itu sisihkan sementara.
  3. Selanjutnya adalah dengan menghaluskan pisang ambon. Kupas terlebih dahulu kulit pisang dengan menggunakan tangan secara merata. Potong-potong pisang dalam wadah dan hancurkan dengan menggunakan sendok atau garpu sampai halus secara merata.
  4. Siapkan baskom dekat dengan jangkauan anda dan masukkan kedalamnya beberapa bahan kering seperti tepung terigu, gula pasir dan juga ragi instan. Ayak terlebih dahulu dan masukkan dalam wadah tersebut. Aduk-aduk bahan ini sampai merata dengan sempurna.
  5. Kemudian masukkan kedalamnya pisang ambon yang sudah dihaluskan bersama dengan telur, emulsifier dan juga air es sedikit demi sedikit dan masukkan dengan perlahan. Aduk-aduk dan uleni bahan ini secara merata sampai kalis atau tidak lengket ditangan.
  6. Masukkan margarin bersama dengan garam kedalam adonan dan uleni kembali sampai tekstur dari adonan berubah menjadi lebih elastis secara merata. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 30 menit sampai bahan tersebut mengembang secara merata.
  7. Kempiskan adonan dengan menggunakan tangan, lalu timbang adonan masing-masing sebanyak 15 gram. Lalu bulatkan dengan menggunakan tangan. Masukkan dalam loyang yang telah ditaburi dengan tepung terigu dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.
  8. Ambil adonan dan pipihkan dengan menggunakan tangan dengan perlahan.

Cara Membuat Isian:

  1. Untuk membuat isian bisa dilakukan dengan memasak susu dalam panci sampai bahan tersebut mendidih secara merata. Tuangkan susu kedalam coklat dan aduk-aduk secara merata sampai bahan coklat menjadi lebih larut dalam susu.
  2. Masukkan dengan kacang tanah dan aduk-aduk merata. Angkat dan dinginkan sementara. Kemudian bentuk dengan bola-bola kecil secara merata.
  3. Masukkan isian ini kedalam adonan yang telah dipipihkan dan tutupi kembali secara merata. Letakan dalam loyang dan diamkan kembali selama kurang lebih 20 menit.
  4. Goreng donat dalam wajan yang telah dipanaskan sampai matang secara merata. Angkat dan dinginkan.

Celupkan setengah bagian donat dalam coklat masak pekat. Lalu tusuk beberapa donat dengan tusukan sate dan hidangkan.

Jangan lupa share dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons