Resep dan Cara Membuat Donat Kukus Coklat yang Enak, Nikmat dan Lembut

 

Hidangkan lezat dan nikmatnya sajian donat kukus coklat yang enak dirumah anda.

Selain nikmat dan sedap, sajian ini tentu akan senantiasa mudah dipraktikan dirumah, sebab bahan-bahan dan metode yang dijelaskan pada resep kali ini cenderung cukup mudah untuk diikuti. Nah, bagi anda yang ingin menyajikan hidangan kue donat kukus coklat yang enak dirumah, simak resepnya dibawah ini yuk!

donat coklat kukus

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Donat Kukus Coklat yang Enak, Nikmat dan Lembut
4.5 33

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

30 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Donat Kukus Coklat yang Enak, Nikmat dan Lembut

Bahan-Bahan Donat:

  • 300 gram tepung terigu
  • 60 gram maizena
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 2 sendok teh ragi instan
  • 25 gram susu bubuk
  • 75 gram gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 30 gram mentega putih
  • 175 ml air es
  • 1/4 sendok teh cokelat pasta

Bahan Toping Donat:

  • 25 gram cokelat masak pekat
  • 150 gram cokelat masak putih

Cara Membuat Donat Kukus Coklat yang Enak, Nikmat dan Lembut

Cara Mempersiapkan Bahan dan Peralatan:

  1. Untuk yang pertama bisa dilakukan dengan mempersiapkan bahan dan peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat adonan kali ini. Beberapa peralatan yang akan anda butuhkan kali ini diantaranya adalah sebuah baskom, panci untuk mengukus, beberapa wadah untuk menampung adonan dan sebuah piring saji. Dengan mempersiapkan peralatan ini maka nantinya anda akan dapat membuat adonan dengan lebih mudah dan lebih sederhana.
  2. Setelah selesai dengan peralatan, silahkan lanjtukan dengan menyiapkan kukusan panci diatas api kecil dan tunggu atau biarkan panci menjadi lebih panas sementara anda menunggu membuat adonan donat.
  3. Untuk membuat adonan donat bisa dilakukan dengan mempersiapkan baskom dekat dengan jangakauan anda dan masukkan beberapa bahan kedalamnya seperti tepung tergu, tepung mazeina, ragi instan, baking powder, susu bubuk dan juga gula pasir. Akan tetapi terlebih dahulu silahkan ayak bahan ini dengan menggunakan saringan secara merata.
  4. Bila sudah selesai lanjtukan dengan memasukkan air es kedalamnya sambil menguleni adonan sampai kalis atau tidak lengket ditangan.
  5. Masukkan mentega putih bersama dengan garam, lalu uleni kembali adonan degan menggunakan tangan sampai tekstur dari adonan menjadi lebih elastis secara merata. Bila sudah selesai silahkan tambahkan dengan pasta cokelta dan uleni kembali hingga semua bahan tercampur secara merata. Setelah itu, diamkan adonan dalam wadah selama kurang lebih 30 menit agar adonan menjadi lebih mengembang secara merata.
  6. Kempiskan adonan dengan mengguankan tangan, lalu timbang masing-masing adonan dengan menggunakan timbangan sebanyak masing-masing 40 gram. Bulatkan dan pipihkan dengan perlahan. Setelah itu, lubangi bagian tengahnya dengan menggunakan cetakan.
  7. Letakkan adonan yang sudah dicetak diatas loyang yang sudah diberikan dengan taburan tepung terigu. Hal ini dimaksudkan agar nantinya adonan tidak lengket pada saat akan dikukus atau saat hendak diangkat dari loyang.
  8. Bila sudah selesai, silahkan diamkan selama kurang lebih 45 menit dan alasi masing-masing adonan yang telah dicetak dengan menggunakan kertas roti.
  9. Masukkan adonan kedalam kukusan dan kukus selama kurang lebih 12 menit sampai mengembang dan matang secara merata.

Cara Membuat Bahan Topping:

  1. Untuk membuat toping lakukan dengan melelehkan coklat masak putih diatas panci sampai bahan ini meleleh secara merata.
  2. Selanjutnya, silahkan serut bahan coklat masak lainnya dengan menggunakan serutan dan sisihkan dalam wadah.

Angkat dari kukusan dan celupkan donat dalam coklat leleh lalu taburi dengan coklat parut yang sudah dibuat.

Jangan lupa bagikan resep ini dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons